Kandungan Skincare

Skincare Routine untuk Remaja Pagi dan Malam Hari

Eva Mulia Clinic – Skincare Routine untuk Remaja – Ada banyak produk perawatan kulit yang khusus ditujukan untuk remaja di pasaran, ini semua tentang menjaga kesehatan kulit sejak dini. Menjaga kesehatan kulit sebaiknya dilakukan sejak dini agar terhindar dari masalah kulit saat pubertas.

Nah, jika kamu baru ingin mulai menggunakan skincare, wajar saja jika kamu masih bingung langkah dan produk apa yang harus digunakan.

Jangan khawatir, masih banyak orang dewasa di luar sana yang belum memahami dasar dan pentingnya perawatan kulit. Jangan ragu lagi, perawatannya mudah! Anda bisa mencoba langkah-langkah rutin perawatan kulit remaja berikut ini sebagai panduan. Berikut adalah urutan perawatan remaja yang dapat Anda terapkan:

Perawatan Kulit Remaja Paling Penting: Bersihkan Wajah Anda Pagi dan Malam Secara Menyeluruh

Hal terpenting dalam perawatan kulit adalah membersihkan kulit dengan baik, jadi sebaiknya cuci muka dua kali sehari, pagi dan sore.

Apapun jenis kulit Anda, pilihlah pembersih wajah yang mengandung bahan lembut dan mampu menghilangkan kotoran dan minyak di wajah, seperti Beauty Bar Cleanser, karena produk ini aman untuk usia 15 tahun ke atas.

Di malam hari, kamu bisa melakukan double cleansing untuk menghilangkan kotoran atau sisa makeup secara menyeluruh saat beraktivitas di siang hari. Nah, salah satu tahapan perawatan ini harus dipraktikkan sejak usia dini.

Langkah pertama dalam double cleansing adalah membersihkan kulit dengan first cleanser seperti micellar water atau cleansing oil. Micellar water lebih cocok untuk kulit Anda yang lebih sensitif terhadap gesekan, sedangkan cleansing oil cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering.

Untuk remaja Eksfoliasi dianjurkan untuk mengangkat sel kulit mati di malam hari

Kemudian Anda bisa menggunakan toner pelembab yang membantu mengecilkan pori-pori besar pada kulit. Toner juga berguna untuk membersihkan sisa sisa makanan, menutup pori-pori dan membuat langkah skincare selanjutnya lebih mudah meresap ke dalam kulit.

Kami merekomendasikan untuk memilih pelembab dengan kandungan yang ringan dan aman untuk kulit, seperti astringent, karena produk ini aman digunakan untuk usia 15 tahun ke atas.

Produk pelembab ini dapat digunakan pagi dan sore hari. Tentunya hal ini akan menghindari produksi minyak berlebih di pori-pori untuk mencegah terbentuknya jerawat dan komedo baru. Menggunakan produk pelembab seperti hydrating toner ini akan membantu menghidrasi dan menyegarkan kulit setelah mencuci muka. Jangan pakai kalau kena air saat cuci muka, kulit basah, itu tandanya hidrasi! Karena kulit kering dan kering setelah mencuci muka akan membuat kulit dehidrasi.

Gunakan masker wajah di malam hari jika diperlukan

Meski lagi-lagi, Anda juga bisa menggunakan masker wajah remaja satu atau dua kali seminggu. Namun, sebaiknya Anda hanya menggunakan masker pada malam hari untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih serta melembabkan lapisan kulit.

Gunakan moisturizer atau pelembab untuk menutrisi kulit di pagi dan sore hari

Perawatan tahap terakhir adalah hal wajib yang tidak boleh dilewatkan di pagi hari. Anda harus mulai memakai tabir surya sebelum memulai.

melindungi kulit dari teriknya sinar UV matahari adalah langkah awal terbaik untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini. Saat cuaca bagus, tabir surya adalah wajib.

Anda bisa menggunakan Advance Sun Protector yang aman digunakan mulai usia 15 tahun. Dengan SPF 50, produk ini akan melindungi kulit Anda dengan sempurna, terutama jika Anda sering berada di luar ruangan.

Rutinitas perawatan kulit untuk remaja bervariasi dari remaja ke remaja. Memang, itu tergantung pada faktor-faktor seperti kondisi cuaca, usia dan gaya hidup. Namun, rutinitas perawatan kulit di atas dapat menginspirasi Anda untuk merawat kulit Anda saat ini juga.

Kunci urutan perawatan kulit remaja yang baik: Kenali jenis kulit Anda sejak remaja

Sebagai remaja yang baru mengenal perawatan kulit, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali jenis kulit Anda. Berbagai rekomendasi langkah perawatan kulit remaja tidak akan membuahkan hasil yang optimal jika Anda tidak tepat dalam mengenali jenis kulit Anda. Jenis kulit berikut ada:

1. Kulit kering pada remaja

Kulit kering biasanya terlihat kusam dan teksturnya bisa kasar atau bahkan bersisik. Terkadang terasa kencang atau memiliki sensasi menarik (kurang melar) dan cenderung menunjukkan lebih banyak garis. Selain itu, dapat menyebabkan gatal dan iritasi. Saat sangat kering, kulit Anda mungkin menjadi kasar dan bersisik, terutama di punggung tangan, lengan, dan kaki Kamu.

Kulit kering dapat disebabkan atau diperparah oleh:

• Faktor keturunan/genetik

• Penuaan atau perubahan hormonal

• Cuaca dan kelembaban

• Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari

• Mandi air panas

• Bahan-bahan tertentu dalam sabun, kosmetik atau deterjen

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, tidak disarankan untuk sering-sering mencuci muka dengan pembersih wajah, cukup 2 kali saja. Selain itu, hindari melakukan eksfoliasi terlalu sering. Pada dasarnya rekomendasi pengelupasan kulit untuk remaja yang memiliki kulit penyayang. Anda selalu bisa melakukan eksfoliasi karena masih membutuhkannya, seminggu sekali sudah cukup.

2. Kulit remaja campuran

Jenis kulit ini memiliki campuran bercak kering dan jarang. Di T-zone umumnya, dan pipi kering atau normal.

Kulit kombinasi mungkin memiliki pori-pori yang tampak lebih besar dari biasanya karena cenderung terkonsentrasi hanya di zona-T.

Untuk jenis kulit ini, eksfoliasi hanya pada T-zone dan gunakan cleanser atau pembersih wajah yang lebih menyasar pada area tersebut.

3. Kulit Remaja Berminyak/Berminyak

Remaja yang banyak beraktivitas dan memiliki kulit tipis akan sangat rentan terhadap beberapa masalah kulit seperti jerawat dan pori-pori yang membesar. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Lebih sering disarankan untuk melakukan eksfoliasi sekitar 2 hingga 3 kali dalam 1 minggu. Juga, gunakan pembersih wajah yang dibuat khusus untuk kulit Anda. Oh ya, memilih skincare yang memiliki klaim non-comedogenic sangat disarankan ya, untuk mengurangi kemungkinan penumpukan kotoran di pori-pori wajah kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.