Setelah Suntik Vitamin C, Benarkah Harus Banyak Meminum Air Putih

Setelah Suntik Vitamin C, Benarkah Harus Banyak Meminum Air Putih?

Eva Mulia – Perawatan Wajah  Setelah Suntik Vitamin C Vitamin C atau askorbat merupakan salah satu jenis vitamin yang paling penting bagi tubuh. Vitamin C sendiri dapat diperoleh melalui makanan yang kaya akan kandungan Vitamin C, suplemen, ataupun suntik. Pada prosedur suntik, cairan vitamin C yang berwarna jernih kekuningan akan disuntikan kedalam tubuh melalui otot, bawah kulit atau pembuluh darah.

Setelah Suntik Vitamin C

Asupan Dosis Tinggi

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian vitamin C untuk orang dewasa sebanyak 60-90 miligram, sedangkan bagi orang yang sedang mengalami kekurangan vitamin C, dosis harian dapat ditingkatkan menjadi 300 miligram hingga 1 gram. Meski demikian, sangat penting untuk memastikan dosis melalui pertimbangan dokter dan pemeriksaan terlebih dahulu.

Biasanya, setelah kamu mendapatkan suntik vitamin C, dokter akan menyarankan untuk memperbanyak minum air putih. Pasalnya, asupan vitamin C dalam dosis tertentu dapat memberatkan kerja ginjal, sehingga untuk mengimbangi kinerja ginjal tersebut, maka diperlukan banyak minum air putih serta menerapkan pola makan sehat.

Selain itu, apabila suntik vitamin C dalam dosis yang terlalu tinggi, sangat tidak disarankan untuk dilakukan sembarangan. Pasalnya, hal tersebut dapat meningkatkan risiko gangguan fungsi ginjal dan atu ginjal, inilah sebabnya mengapa suntik Vitamin C sangat tidak dianjurkan bagi pengidap gagal ginjal.

Dosis vitamin C terlalu tinggi dapat membawa risiko bagi tubuh antara lain:

  • Diare
  • Zat besi berlebih
  • Berkurangnya penyerapan vitamin B12
  • Penurunan kemampuan tubuh dalam menyerap tembaga
  • Insomnia
  • Sakit kepala
  • Peningkatan risiko batu ginjal

Apabila kamu berniat hendak melakukan suntik vitamin C, maka pastikan untuk mendapatkannya di rumah sakit atau klinik terpercaya. Setelah melalui pemeriksaan untuk memastikan apakah suntik Vitamin C tersebut dibutuhkan ataukah tidak. Nah, agar manfaat suntik vitamin C semakin optimal dan terhindar dari risiko fatal, maka pastikan suntik tersebut dilakukan oleh tenaga medis profesional dan dalam pengawasan dokter.

Manfaat dari Suntik Vitamin C

Sebenarnya, manfaat suntik vitamin C masih belum terbukti sepenuhnya. Karena masih memerluka banyak penelitian dan menyeluruh terkait hal ini. Tetapi secara umum, terdapat beberapa efek baik yang dapat didatangkan dari prosedur ini. Beberapa diantarnaya adalah

Mengatasi Defisiensi Vitamin C

Dilihat dari segi kesehatan, suntik vitamin C biasanya hanya diperukan oleh beberapa orang mengalami kekurangan atau defisiensi vitamin C. Terutama pada beberapa kasus yang tidak memungkinkan seseorang mampu menyerap vitamin C yang telah diberikan dalam bentuk suplemen atau oral.

Meningkatkan Pembentukan Kolagen

Vitamin C termasuk kedalam salah satu nutrisi yang diperlukan dalam pembentukan kolagen serta perbaikan jaringan tubuh. Perlu diketahui bahwa, kolagen merupakan protein dalam tubuh yang fungsinya memberikan kekuatan dan struktur tubuh. protein ini terdapat pada kulit, darah, otot, tulang, dan tendon. Kekurangan vitamin C dapat mempengaruhi struktur kolagen, sehingga dapat memicu terbentuknya lesi atau kelainan pada tulang dan pembuluh darah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *