image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Manfaat Es Batu untuk Wajah

Selain Dapat Mengecilkan Pori-pori, Berikut Manfaat Es Batu untuk Wajah

Eva Mulia – Perawatan Wajah  Manfaat Es Batu untuk Wajah – Tampilan pori-pori yang membesar pada wajah tentunya dapat menganggu penampilan, sehingga sudah bukan hal yang lazim jika banyak orang yang mencoba berbagai produk serta metode skincare demi menyamarkan pori-pori yang membesar tersebut.

Pada dasarnya, pori-pori tidak memiliki otot yang dapat membuatnya menjadi membesar ataupun mengecil. Tetapi, lubang-lubangnya tersebut akan terlihat besar jika kotor atau tersumbat. Maka dari itu, kamu perlu memastikan agar pori-pori pada wajahmu tetap bersih dan terbebas dari bahan-bahan yang bisa menyumbatnya seperti sebum yang berlebih, kotoran sel kulit mati dan lainnya. Untuk menyamarkan tampilan pori-pori yang membesar tersebut kamu bisa memanfaatkan es batu.

Selain biasa dijadikan sebagai pelengkap minuman yang menyegarkan, ternyata es batu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Tak hanya terjangkau dan mudah dibuat, es batu juga dapat kamu gunakan untuk mendapatkan beberapa manfaat tertentu. Selain dapat mengecilkan pori-pori, berikut manfaat es batu untuk kulit wajah.

Selain Dapat Mengecilkan Pori-pori, Berikut Manfaat Es Batu untuk Wajah

Manfaat Es Batu untuk Wajah

Membantu Mengecilkan Pori-pori pada kulit

Pori-pori yang terlihat membesar in dapat disebabkan oleh jaringan kulit pori-pori yang terbuka. Nah, salah atu cara untuk mengatasinya adalah dengan menempelkan es batu pada bagian pori-pori yang terbuka tersebut.

Es batu dipercaya dapat menutup dan mengecilkan tampilan pori-pori karena sensasi dingin yang dikeluarkan. Sehingga, es batu dipercaya mampu menutup dan mengecilkan tampilan pori-pori dan membuat wajah menjadi terlihat halus serta memiliki tekstur yang merata.

Buat kamu pemilik kulit sensitif, sebaiknya gunakan handuk atau kain untuk melapis es batu yang hendak kamu aplikasikan pada kulit. Setealh itu, kamu dapat menyempurnakan tampilan poreless ini dengan cara mengaplikasikan primer atau pelembab.

Mengatasi Mata Sembab

Berikut Beberapa Manfaat dari Es Batu untuk Wajah

Pernahkah kamu harus begadang karena deadline dan setelahnya meninggalkan mata sembab serta lingkar mata kehitaman keesokan harinya? Nah, kamu dapat mengatasinya dengan mengaplikasikan kantung teh yang sudah dibekukan.

Cara mengatasi mata sembab dengan kantung teh adalah, bekukan satu kantung teh yang sudah dicelupkan ke air hangat, lalu kompres mata dengan kantong teh beku tersebut selama beberapa menit. Setelahnya, mata akan terasa segar dan sembab berkurang.

Menenangkan Jenis Kulit Berjerawat

Beberapa kondisi kulit yang kerap kali datang ketika timbulnya jerawat adalah peradangan dan kemerahan. Tak perlu khawatir akan hal tersebut, pasalnya keduanya dapat diatasi dengan cara menempelkan es batu pada bagian yang meradan dan kemerahan tersebut. Selain itu, suhu dingin yang dihasilkan oleh es batu juga dapat menghambat tumbuhnya bakteri akibat jerawat.

Cara menggunakannya adalah dengan melapisi es batu terlebih dahulu dengan kain bersih, lalu tempelkan pada bagian yang berjerawat selama kurang lebih 10-15 menit dan jangan lupa hidrasi kulit dengan maksimal ketika berjerawat dan kurangi penggunaan makeup untuk sementara waktu.

Meredakan Kulit yang Terbakar Matahari

Berikut Beberapa Manfaat dari Es Batu untuk Wajah

Setelah melakukan kegiatan di luar ruangan pada siang hari atau setelah berjemur di pantai, terkadang kulit akan mengalami sensasi kulit terbakar, perih dan kemerahan. Jika sudah begitu, maka segera tempelkan es batu pada bagian yang bermasalah.

Hal tersebut dikarenakan es batu diklaim mampu menenangkan kulit, meringankan rasa perih serta panas akibat terbakar sinar matahari. Setelahnya, kamu juga bisa mengoleskan soothing gel yang berbahan dasar aloe vera.

Sebagai Pengganti Primer Ketika Kamu Lupa Membawa Primer

Wajah yang segar dan pori-pori yang tertutup merupakan dasar dari makeup yang fawless. Untuk dapat memanfaatkannya, caranya adalah dengan mengompresnya menggunakan es batu yang dilapisi dengan kain bersih. Cara lain yang bisa kamu coba lakukan adalah mencuci wajah dengan air es. Selain dapat membuat wajah menjadi lebih siap untuk dirias, es batu juga dapat membuat makeup mu lebih tahan lama serta membantu menciptakan tampilan riasan yang dewy.

Selain beberapa cara diatas, kamu juga bisa mengatasi pori-pori yang tampak membesar dengan beberapa tips berikut ini.

Hindari Makeup yang Bersifat Comedogenic

Makeup yang sifatnya comedogenic dapat menyumbat pori atau menimbulkan komedo, dan pori tersebut ini kemudian akan terlihat besar. Maka dari itu, hindarilah penggunakan produk makeup, khususnya complexion seperti foundation, bb atau cc cream, primer, concealer serta bedak yang sifatnya comedogenic.

Lakukan Double Cleansing

Apabila kamu menggunakan makeup dan suncreen, maka kamu wajib melakukan double cleansing pada saat malam harinya. Hal tersebut dikarenakan beberapa kandungan pada makeup dan suncreen tidak dapat terangkan sempurna jika hanya dengan sabun pencuci wajah saja.

Akhirnya, kotoran yang masih tersisa tersebut akan menyumbat pori-pori, sehingga membuatnya terlihat besar dan kotor. Apabila didiamkan, bisa jadi meradang dan akhirnya menimbulkan jerawat. Karena itulah, maka lakukanlah double cleansing.

Buat kamu yang memang pori-porinya cenderung besar, kulit berminyak dan cenderung memakai makeup setiap harinya, celansing oil atau cleansing balm bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk langkah pertama jika dibandingkan dengan micellar water atau wipes.

Hal tersebut dikarenakan formula minyak pada cleansing oil dan balm dapat masuk kedalam pori-pori dan melarutkan sisa kotoran dan makeup sehingga ketika kamu mencucinya, kotoran yang terdapat didalam pori-pori akan luruh. Tidak perlu khawatir, pasalnya minyak pada cleansing oil dan balm tidak akan menyumbat pori atau kulitmu, karena formulanya akan meleleh dan luruh bersama air.

Pastikan Wajah Terhidrasi

Ketika kulit wajah tidak terhidrasi dengan baik, maka kelenjar pada kulit akan dipaksa untuk memproduksi lebih banyak minyak untuk menggantikan kekurangan cairan yang melembabkan kulit. Hasilya, kulit akan menjadi berminyak atau kelebihan sebum.

Kelebihan sebum inilah yang selanjutnya akan menyumbat pori dan menjadi komedo. Kelenjar minyak yang terus memproduksi sebum melalui pori serta menimbulkan komedo ini tentu saja akhirnya akan memuat pori-pori wajah menjadi terlihat membesar.

Karena itulah, maka pastikan untuk menggunakan toner dengan pH seimbang serta non-alkohol untuk mengembalikan kondisi pH yang ideal. Serta kelembaban kulit yang hilang setelah mencuci wajah. Apabila kulitmu cenderung kering dan terhidrasi, maka kamu bisa memakai hydrating serum atau essence untuk membantu memberikan hidrasi lebih pada kulitmu.

Nah setelah itu, kamu wajib kunci semua skincare yang kamu pakai dengan mengaplikasikan pelembab. Kamu juga bisa memberikan hidrasi lebih pada kulit dengan memakaikan masker yang dapat menghidrasi seperti sheet mask sebanyak dua kali seminggu.

Rutin Ekspoliasi Kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Bahwa sel kulit mati merupakan kotoran yang dapat menyumbat pori serta membuatnya menjadi terlihat besar. Karena itulah, maka kamu perlu membersihkan sel kulit mati alias melakukan eksfoliasi kulit wajah dengan rutin.

Buat kamu yang bermasalah dengan pori. Alangkah baiknya mengeksfoliasi kulit wajah menggunakan exfoliating toner yang memiliki kandungan BHA (Salicylic acid) atau glycolid adic. Kedua jenis acid tersebut dapat dengan mudah laur dalam minyak, sehingga bisa masuk kedalam pori untuk membersihkan sebum serta kotoran berlebihan.

Nah, setelah menggunakan exfoliating toner, lalu jangan lupa gunakan hydrating toner agar kulitmu tidak iritasi dan kembali terhidrasi. Dengan begitu, maka sel kulit mati tidak akan menumpuk lagi dan menyumbat pori-pori. Sehingga, kulit wajah akan beregenerasi dengan baik dan kulit wajah tampak lebih sehat dan cerah.

Leave a Reply