Apakah aman menghilangkan Jerawat dengan Chemical Peeling?

Amankah Menghilangkan Jerawat dengan Chemical Peeling?

Eva Mulia – Perawatan Wajah Menghilangkan Jerawat dengan Chemical Peeling – Ketika kamu memasuki usia remaja, besar kemungkinannya untuk timbulnya jerawat pada area wajah. Sekitar 10% remaja tidak memiliki masalah jerawat. Tetapi, jerawat tidak hanya dapat pada saat remaja saja, melainkan orang dewasa juga memiliki masalah jerawat bahkan hingga usia 40-an.

dikarenakan jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dimiliki oleh semua kalangan. Sehingga banyak para ahli kecantikan berlomba-lomba untuk menemukan cara paling efektif dalam menghilagkan jerawat.

Jika menghilangkan jerawat dengan menjaga kebersihan muka atau meminum suatu obat-obatan tertentu saja, hal tersebut mungkin sudah biasa. Pernahkah kamu mendengar istilah Acne Peeling?

Menghilangkan Jerawat dengan Chemical Peeling?

Apakah aman menghilangkan Jerawat dengan Chemical Peeling?

Acne peeling adalah prosedur skin peeling yang biasa digunakan untuk mengikis jerawat dengan cara mengoleskan bahan kimia yang dapat mempercepat pengelupasan kulit.

Skin peeling sendiri dikenal sebagai chemical exfoliation atau derma peeling yang merupakan suatu prosedur yang menggunakan bahan kimia pada wajah. Sehingga dapat membuat kulit terluar bagian wajah mengjadi terkelupas dan memungkinkan kulit baru untuk tumbuh dan menggantikannya.

Teknik ini dapat digunakan untuk beberapa indikasi yang memiliki hubungan dengan perbaikan struktur kulit. Nah, biasanya kulit baru yang tumbuh akan lebih halus serta tidak keriput dibandingkan kulit lama. Tetapi perlu di ingat, jika kulit yang baru tumbuh tersebut sementara waktu akan lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Selain itu, tidak ada prosedur kosmetik yang tidak memiliki efek samping. Nah, sebelum membahas bahayanya atau efek samping dari acne peeling ini. Ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu khasiat serta kegunaan dari teknik menghilangkan jerawat yang sedang populer saat ini.

Tentunya, chemical peeling ini tidak bisa dikerjakan secara sembarangan dan harus ditangani oleh ahlinya. Biasanya, threatment ini membutuhkan waktu sekitar 5-15 menitan saja. Namun jika dilanjutkan dengan pengolesan zat chemical peeling lainnya, mungkin bisa memakan waktu lebih dari 1 jam.

Chemical Peeling sendiri terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya Salicilic Acid, Gilocic Acid, Trichloro Acetic Acid, dan lain-lain. Nah, sebelum kamu menjalani cemical peeling, dokter akan menganalisa kuilit wajah terlebih dahulu sebelum memutuskan jenis chemical peeling apa yang akan digunakan.

Meskipun kamu bisa memilih sendiri zat apa yang hendak kamu pakaikan. Tetapi dokter yang lebih ahli akan merekomendasikan zat chemical peeling yang sesuai dengan kondisi kulit dan permasalahan pada kulitmu.

Tujuan dan Manfaat Chemical Peeling

Biasanya, cemical peeling dilakukan bertujuan unutuk menghilangkan jerawat pasir dengan cepat. Beberapa manfaat chemical peeling diantaranya, menghilangkan jerawat, mengurangi komedo, mengurangi dan menyamarkan flek hitam serta memperbaiki tekstur kulit dan lain-lain.

Kandungan yang Terkandung dalam Chemical Peeling

Sebelum melakukan chemical peeling, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kandungan yang ada didalam zat kimia yang hendak kamu gunakan dalam chemical peeling.

  • Alpha Hydroxy Acid, termasuk glycolic acid dan lactic acid adalah kandungan yang berasal dari buah-buahan maupun tanaman lainnya yang efektif menembus bagian kulit atas. Manfaatnya adalah membantu merangsang kolagen baru, pertumbuhan kulit baru dan membersihkan sisa sel kulit mati.
  • Salicylic Acid merupakan senyawa yang terdapat pada buah-buahan yang bertujuan untuk menghilangkan bekas jerawat, membantu mengurangi kadar minyak pada wajah serta mempercepar regenerasi kulit. Zat ini tentunya sangat baik digunakan pada jenis kulit yang berminyak dan berkomedo.
  • Asam Mandelic, biasanya zat ini terdapat pada buah almond dan fungsinya untuk mengurangi masalah pigmentasi pada kulit.
  • Retinoic Acid, merupakan senyawa yang merupakan turunan dari Vitamin A dan senyawa ini bermanfaat untuk mengurangi kerutan, pigmentasi serta kerusakan pada kulit yang ringan.
  • Trichloroacetic Acid, merupakan zat yang digunakan untuk mengelupas kulit bagian tengah dan dalam.

Proses Chemical Peeling

Dalam proses chemical peeling akan terdapat beberapa tahap diantaranya pembersihan kulit wajah, kemudian pengolesan krim kulit wajah, kemudian pengolesan krim atau zat chemical peeling dan yang terakhir adalah pembilasan.

Biasanya untuk pembilasan dilakukan berkali-kali hingga zat chemical peeling benar-benar hilang dari kulit dengan menggunakan air hangat. Salah satu hal yang perlu diperhatikan setelah selesai melakukan chemical peeling adalah tidak menggosok kulit wajah, baik menggunakan tangan ataupun benda lain. Hal tersebut dikarenakan setelah menjalani chemical peeling, kulit menjadi lebih sensitif.

Selain itu, sebaiknya kulit jangan dikelupas karena hal tersebut dapat mempengaruhi hasilnya. Terakhir jangan dulu memakai krim malam kurang lebih 3 hingga 7 hari setelah chemical peling karena dapat menganggu kinerja zat chemical peeling.

Efek Samping

Meskipun dapat menghilangkan jerawat pasir dengan mudah dan cepat, tetapi chemical peeling ini tentunya memiliki beberapa efek samping yang perlu kamu tahu. Karena bahan yang digunakannya bukanlah bahan alami, melainkan beberapa bahan kimia. Nah, berikut efek sampingnyna.

  • Kulit menjadi tipis.
  • Keelastisitasan kulit menjadi berkurang.
  • Munculnya jaringan parut.
  • Terjadinya perubahan warna kulit.
  • Munculnya kemerahan karena efek zat kimia.
  • Dapat mengakibatkan flare-up virus herper yang dapat menimbulkan luka infeksi.
  • Pembengkakan pada wajah.
  • Mudah terkena flek atau bintik-bintik hitam

Nah, dengan mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat serta kandungan dan efek sampingnya, apakah kamu masiih ingin menghilangkan jerawat pasir dengan instan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *