Bermanfaatkah Kandungan Zinc untuk Jerawat

Seberapa Bermanfaatkah Kandungan Zinc untuk Jerawat di Sekitar Area Wajah?

Eva Mulia Clinic Kandungan Zinc untuk Jerawat – Memilih kandungan perawatan kulit untuk merawat wajah memang tidak bisa asal-asalan. Tentunya kamu harus menggunakan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit dan kondisi kulit. Nah, salah satu kandungan untuk mengatasi jerawat adalah kandungan zinc.

Kalau kamu memiliki kulit sensitif dan rentan digunakan harus jeli memilih kandungan produk yang ada. Lalu, apakah kandungan zinc untuk jerawat itu cukup efektif? Simak penjelasannya di bawah ini!

Mengenal Kandungan Zinc

Zinc adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk tubuh dari luar dan dalam. Sebenarnya, tubuh dapat memproduksi zinc secara alami, tetapi kamu harus mendapatkan nutrisi melalui makanan atau suplemen. Kandungan zinc biasanya ditemukan di berbagai macam makanan nabati dan hewani seperti daging, ikan, kerang, kacang, biji-bijian, telur, susu, dan sayuran.

Zinc ini diperlukan oleh tubuh untuk aktivitas lebih dari 300 enzim yang membentu metabolisme, pencernaan, fungsi saraf, dan proses lainnya. Bahkan, zinc juga penting untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Manfaat Zinc untuk Kulit

Manfaat zinc untuk kulit ada banyak termasuk mengatasi jerawat. Berikut ini ada beberapa manfaat zinc untuk kulit wajah.

Sifat anti inflamasi

Zinc memiliki sifat antiinflamasi untuk meredakan iritasi dan jerawat kondisi sedang hingga parah. Bahan aktif ini bisa dipakai pada kondisi kulit yang meradang seperti melasma, rosacea, eksim, hingga dermatitis seboroik.

Sifat Anti Bakteri

Kandungan zinc bisa menjadi pilihan cara menghilangkan jerawat batu. Zinc ini ampuh melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, mencegah munculnya jerawat, dan mengontrol produksi sebum.

Meregenerasi Sel Kulit Wajah dan Pelindung dari Sinar Matahari

Zinc bekerja mempercepat pertumbuhan kolagen dan jaringan epidermis yang lebih baik. Hal ini akan menjaga keremajaan kulit sekaligus membentu proses pemulihan kulit yang terluka. Kandungan zinc oxide juga sering ada dalam produk suncreen broad spectrum karena memantulkan dan menahan kulit dari sinar UV yang merusak.

Apakah Efektif Kandungan Zinc untuk Jerawat?

Kandungan zinc bukan menjadi kandungan terbaik untuk mengatasi jerawat, tetapi kamu wajib mencoba produk dengan kandungan zinc terutama jika kamu memiliki permasalahan jerawat hormonal. Biasanya jerawat muncul karena seseorang kekurangan asupan zinc dalam tubuhnya. Jadi, tidak heran pada beberapa kasus jerawat akan membaik setelah menggunakan perawatan kulit dengan kandungan zinc.

Zinc tidak hanya bekerja pada jerawat karena kandungan hormonal ini dapat membantu dan mencegah jerawat untuk datang kembali. Zinc ini bekerja menyeimbangkan hormon, mematikan bakteri penyebab utama jerawat dan bekerja sebagai anti inflamasi dan menangkan radikal bebas. Jadi, kamu bisa menggunakan zinc sebagai pilihan untuk melawan jerawat.

Untuk mengetahui kondisi kulitmu kekurangan zinc, kamu bisa melihat kondisi kulitmu kering. Selain itu, kamu juga cepat lelah, rambut rontok, dan bintik putih pada kuku. Kamu bisa mengatasi masalah kekurangan zinc ini dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti sayuran atau sayuran.

Leave a Comment

Your email address will not be published.