image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Jerawat Menstruasi Dan Cara Mnegatasinya - Penyebab jerawat saat menstruasi adalah hormon estrogen dan hormon testosteron yang berkembang selama masa haid tersebut. Ketika menstruasi mulai dialami oleh remaja putri yang sudah mulai menginjak usia dewasa.

Penyebab Jerawat Mestruasi dan Mengatsinya

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Jerawat Menstruasi Dan Cara Mnegatasinya Penyebab jerawat saat menstruasi adalah hormon estrogen dan hormon testosteron yang berkembang selama masa haid tersebut. Ketika menstruasi mulai dialami oleh remaja putri yang sudah mulai menginjak usia dewasa.

Maka di dalam tubuh Anda, akan mengalami perubahan hormon yang bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat secara tiba-tiba di wajah Anda. Kehadiran jerawat ini tidak hanya terjadi karena perubahan hormon secara internal,tetapi karena adanya ketidakseimbangan antara hormon estrogen dengan hormon testosteron.

Penyebab Jerawat Saat Menstruasi

Ada beberapa faktor eksternal juga menjadi sebuah penyebab yang sering diabaikan oleh remaja putri. Berikut ini beberapa faktor eksternal yang sering diabaikan sehingga berpotensi menimbulkan jerawat saat haid sedang berlangsung seperti :

  • Kurangnya menjaga kebersihan tangan, sehingga saat tangan menyentuh wajah atau ketika mengusap wajah bahkan saat memencet jerawat. Maka kuman akan berpindah ke pori wajah sehingga berpotensi untuk tumbuhnya jerawat.
  • Kebersihan wajah yang kurang terjaga, terusatam ketika menjelang tidur. Dimana riasan wajah lupa dibersihkan dengan pembersih wajah sehingga pori pori wajah berpotensi tertutup oleh debu dan bekas make up sehingga kemungkinan jerawat tumbuh akan semakin besar.
  • Kurangnya asupan cairan yang dikonsumsi, padahal saat mengalami menstruasi terjadi banyak sekali cairan tubuh yang ikut keluar bersamaan dengan keluarnya darah haid Anda.

Cara Mencegah Jerawat Saat Mesntruasi

Ada beberapa cara mudah yang bisa kalian lakukan untuk mencegah munculnya jerawat saat menstruasi dan tidak parah. Berikut adalah caranya:

Tingkatkan asupan cairan : Kekurangan cairan dalam tubuh Anda akan terlihat secara jelas, pada saat wajah Anda terlihat kusam dan kering. Bila kondisi ini terjadi maka resiko munculnya jerawat akan semakin besar. Keadaan ini bisa dibantu dengan benyak.

Perhatikan kebersihan wajah Anda : Salah satu cara mencegah penyebab secara eksternal tumbuhnya jerawat adalah dengan menjaga kebersihan wajah terutama ketika sedang menstruasi sebab kotoran yang menempel pada wajah akan bercampur dengan minyak kulit. Bersihkan wajah Anda minimal 2 kali sehari.

Kendalikan stres yang berlebih : Tak dipungkiri inilah penyebab terbesar munculnya jerawat saat mengalami mens. Ubah pola pikir yang selalu berpikir negatif dengan selalu berusaha berpikir positif.

Gunakan Masker Apel : Penggunaan masker apel bisa membantu proses perbaikan kulit wajah sekaligus pengangkatan sel kulit yang telah mati dari wajah Anda. Cara membuat masker apel cukup mudah yaitu dengan haluskan apel dan dicampur dengan sedikit madu, selanjutnya Anda bisa menggunakan masker wajah ini.

Gunakan sabun muka yang mengandung sulfur / belerang serta benzoil peroksida. Kedua unsur tersebut bisa mencegah munculnya jerawat saat menstruasi.

Leave a Reply