image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Manfaat Kapur Sirih Untuk Kesehatan - Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kapur sirih. Bubuk berwarna putih keabu-abuan ini dikenal sejak dahulu sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Kapur Sirih

Eva MuliaKlinik Evamulia Perawatan Wajah Manfaat Kapur Sirih Untuk Kesehatan Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kapur sirih. Bubuk berwarna putih keabu-abuan ini dikenal sejak dahulu sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Mulai dari sakit gigi, menghilangkan bau badan, hingga dijadikan campuran ke dalam bahan masakan. Akan tetapi, benarkah semua manfaat kapur sirih selama in? Berikut adalah ulasan dan penjelasan tentang manfaat kapur sirih yang mungkin belum kalian ketahui.

Manfaat Kapur Sirih

Kapur sirih adalah senyawa yang dibuat melalui campuran kalsium oksida dengan air dan sering disebut juga Kalsium hidroksida. Pencampuran dua zat ini mnghasilkan serbuk putih atau senyawa kristal yang tidak berbau dan bersifat basa kuat.

Khasiat kapur sirih ternyata sudah dikenal sejak dahulu untuk pengolahan limbah., produksi kertas dan konstruksi bangunan serta pembuatan makanan. Tidak hanya itu, kapur sirih juga memiliki manfaat medis sebagai bahan untuk merawat gigi.

Perawatan Gigi

Kalsium hidroksida telah digunakan sebagai agen terapi utama dalam kedokteran gigi sejak beberapa dekade lalu karena dinilai memiliki banyak manfaat kesehatan. Dalam kedokteran gigi, kalsium hidroksida digunakan untuk memperbaiki saluran akar gigi (root canal) dan menjaga pulpa gigi yang rusak.

Hal ini karena kasium hidroksida memiliki sifat sebagai agen antibakteri dan mineralisasi. Selain itu, kalsium hidroksida dapat membantu membunuh bakteri jahat penyebab infeksi serta dijadikan penyembuhan jangka pendek untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan sebelum operasi endodontik.

Meluruskan Rambut

Untuk kalian yang memiliki rambut bergelombang atau keriting dan sedang mendamba-dambakan punya rambut lurus, kapur sirih mungkin dapat membantu.

  • Faktanya, kalsium hidroksida banyak ditambahkan dalam beberapa produk hair relaxing. Hair relaxing adalahkrim atau cairan yang dirancang khusus guna meluruskan rambut yang keriting.
  • Kalsium hidroksida dapat membantu meluruskan rambut yang keriting karena bahan satu ini berfungsi untuk memecah ikatan sidulfide yang menghubungkan sistein, seperti asam amino yang banyak terkandung pada rambut keriting.
  • Ketika ikatan sidulfide terpecah, proses ini akan secara permanen membentuk struktur rambut keriting menjadi lebih lurus, halus, dan mudah diatur.

Campuran Produk Makanan

Banyak orang juga menggunakan kapur sirih sebagai campuran dalam pembuatan makanan agar lebih renyak dan adonan lebih kalis. Beberapa makanan yang menggunakan kapursirih sebagai campurannya seperti: acar, tepung jagung, gula serta jus buah.

Bahaya Dibalik Manfaat Kapur Sirih

Meski menawarkan kesehatan, kalsium hidroksida juga memiliki resiko beracun dan bisa menyebabkan masalah kesehatan serius jika digunakan tidak berhati-hati. Berikut bebebrapa bahaya kalsium hidroksida:

Kerusakan Kulit Dan Mata

Paparan pada kulit bisa menyebabkan luka bakar, iritasi serta nekrosis. Sementara paparan pada mata dapat menyebabkan nyeri parah hingga kehilangan penglihatan yang bersifat sementara atau permanen. Penggunaan kapur sirih sembarangan juga bisa menyebabkan luka bakar serta kerusakan kulit kepala dan rambut.

Keracunan

Untuk beberapa orang yang sensitif, tidak sengaa menelan kalsium hidroksida dapat menyebabkan sakit tenggorokan yang parah, sensai terbakar dimulut, sakit perut, buang air, muntah, tekanan darah yang turun dan kolaps. Keracunan kapur sirih juga bisa membuat pH darah terlalu basah dan dapat menyebabkan keruskaan organ.

Botulisme

Penggunaan kalsium hidroksida dalam makanan dengan cara yang tidak tepat dapat meningkatkan resiko terjadinya botulisme. Botulisme adalah penyakit langka namun serius yang menyebabkan kelumpuhan. Meskipun sedikit kasus karena kalsium hidroksida, tapi efeknya bisa menjadi bahan pertimbangan agar kalian tidak asal dalam mengolah makanan.

Masalah Pernapasan

Menghirup kalsium hidroksida melalui hidung atau mulut juga bisa menyebabkan komplikasi langsung yang menyakitkan dan berpotensi mengancam jiwa. Saluran tenggorokan dan hidung mungkin akan terasa sangat nyeri dan bengkak. Hal ini membuat sulit bernapas jika kalsium hidroksida dibawa sampai ke paru-paru.

Leave a Reply