image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

penyebab jerawat bau

Penyebab Jerawat Bau Menusuk yang Wajib Anda Tahu

Klinik Eva Mulia – Hampir semua orang pasti pernah mengalami masalah kulit seperti jerawat. Tumbuhnya jerawat pada kulit wajah tentu sangat mengganggu penampilan terutama untuk kaum hawa. Untuk mengatasi jerawat yang muncul diperlukan pengetahuan tentang penyebab munculnya jerawat tersebut.

Penyebab Jerawat Bau Tidak Sedap

penyebab jerawat bau

Jerawat yang timbul pada wajah terkadang memiliki aroma yang tidak sedap untuk dicium. Selain itu jerawat juga membuat kulit terasa gatal. Berikut ini faktor penyebab jerawat bau:

1. Nanah yang terdapat dalam jerawat

Jerawat yang mengandung nanah membentuk benjolan yang nantinya akan meletus. Jerawat yang berisi nanah disebabkan oleh infeksi. Hal ini karena seringnya seseorang menyentuh jerawat menggunakan tangan yang tidak bersih. Untuk itu, hindari menyentuh wajah pada saat berjerawat ya. Agar tidak terjadi infeksi pada jerawat. Bila jerawat yang timbul mengandung nanah maka jerawat akan memiliki aroma bau saat tercium.

2. Tumpukan sel kulit mati

Setiap hari kulit terus beregenerasi terutama pada malam hari. Tujuan kulit melakukan regenerasi yaitu untuk membuang sel kulit yang mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Jika sel kulit mati yang menumpuk tidak dibersihkan dengan benar, ini akan menimbulkan jerawat. Pada kondisi kulit yang tidak bersih akibat tumpukan sel kulit mati jerawat juga bisa mempunyai aroma yang bau. Untuk itu gunakanlah scrub pada wajah secara alami.

3. Kelenjar minyak yang berlebihan

Faktor dari penyebab timbulnya jerawat pada wajah sudah pasti berasal dari kelenjar minyak yang berlebih di wajah. Minyak yang diproduksi oleh kulit berguna untuk menjaga kelembapan pada wajah. Namun saat produksi kelenjar minyak berlebihan pada wajah dapat membuat pori-pori pada wajah menjadi tersumbat dan menimbulkan jerawat. Untuk mengatasi hal ini ada baiknya untuk menghindari kebiasaan yang bisa membuat produksi kelenjar minyak menjadi meningkat yaitu :

  • Makanan yang bisa meransang produksi kelenjar minyak berlebih pada wajah.
  • Membasuh muka terlalu sering sehingga kulit menjadi kering dan menyebabkan produksi kelenjar minyak pada wajah.

Efek buruk dari kelenjar minyak yang diproduksi secara berlebihan adalah menimbulkan jerawat bau. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi pada diri Anda bukan.

Baca juga: Waspada: Bahaya Menggunakan Antibiotik untuk Jerawat

Bahan Alami atasi Aroma Jerawat Bau

Siapa pun pasti tidak ingin memiliki jerawat pada kulit wajahnya, apalagi jika jerawat tersebut memiliki aroma yang bau. Tentu hal ini dapat menganggu penciuman diri sendiri dan orang lain. Jika jerawat sudah terlanjur memiliki aroma bau, Anda bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasi bau tersebut sekaligus menyembuhkan jerawat yang ada. Berikut ini bahan alami yang bisa menghilangkan aroma jerawat yang bau antara lain :

1.Pepaya

Pepaya sudah lama ampuh untuk mengatasi jerawat pada wajah. Selain itu ternyata masker pepaya juga dapat membantu mengatasi aroma jerawat yang bau. Caranya cukup mudah yaitu :

  • Siapkan buah pepaya
  • Kupas kulitnya dan buang biji dari pepaya.
  • Haluskan daging dari buah pepaya
  • Aplikasikan masker ini pada jerawat.
  • Diamkan sekitar 30 menit, setelah itu, dibilas hingga bersih.

2. Madu

Cairan alami yang terdapat dalam madu memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan aroma yang bau dari herawat. Cara pemakaiannya cukup oleskan madu secara merata pada seluruh wajah. Lalu diamkan sampai madu benar-benar meresap di kulit dan kering, setelah itu bilas dengan air bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat di Wajah

Leave a Reply