image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Klinik Evamulia - Obat Isotretinoin - Perawatan wajah - Isotretinoin adalah obat yang banyak digunakan untuk mengatasi jerawat yang silit ditangani oleh antibiotik atau perawatan kulit jenis lainnya. Kondisi yang bisa ditangani dengan menggunakan isotretionin adalah cytic acne atau nodular acne.

Obat Isotretinoin

Klinik Evamulia Obat Isotretinoin Perawatan wajah Isotretinoin adalah obat yang banyak digunakan untuk mengatasi jerawat yang silit ditangani oleh antibiotik atau perawatan kulit jenis lainnya. Kondisi yang bisa ditangani dengan menggunakan isotretionin adalah cytic acne atau nodular acne.

Cystic acne umumnya ditandai dengan jerawat yang berukuran besar, merah dan menyebabkan sakit.

Obat isotretinoin bekerja dengan menekan produksi kelnjar minyak alami (sebum) di kulit wajah. Produksi sebum yang berlebihan bisa menyebabkan munculnya jerawat. Jika keadaan ini tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan jaringan parut permanen pada wajah. Selain itu, cara kerja isotretinoin untuk mengurangi peradangan yang timbul akibat jerawat.

Obat Isotretinoin

Obat Isotretinoin adalah obat yang banyak digunakan untuk mengatasi jerawat yang silit ditangani oleh antibiotik atau perawatan kulit jenis lainnya dan termasuk kedalam golongan retinoid. Manfaat isotretinoin biasanya untuk mengatasi jerawat ringat hingga sedang dan . Bentuk obat isotrerinoin biasanya gel (krim oles), kapsul, kapsul lunak.

Klinik Evamulia - Obat Isotretinoin - Perawatan wajah - Isotretinoin adalah obat yang banyak digunakan untuk mengatasi jerawat yang silit ditangani oleh antibiotik atau perawatan kulit jenis lainnya. Kondisi yang bisa ditangani dengan menggunakan isotretionin adalah cytic acne atau nodular acne.

Peringatan Obat Isotretinoin

  • Tidak disarankan untuk anak-anak dibawah 12 tahun.
  • Untuk wanita hamil, menyusui atau sedang melakukan program kehamilan dilarang (sebaiknya) untuk tidak mengkonsumsi Isotretinoin.
  • Jangan mendonorkan darah selama mengkonsumsi obat ini atau sebulan setelah menggunakan obat ini.
  • Tidak disarankan dikonsumsi untuk yang sensitif dengan vitamin A.
  • Harap berhati-hati untuk penderita sindrom mata kering, diabetes, kolesterol dalam darah, gangguan fungsi hati atau ginjal.
  • Beritahukan dokter suplemen, obat-obatan atau produk herbal yang sedang dikonsumsi.
  • Isotretinoin bentul gel disarankan digunakan oleh penderita eksim dan kanker kulit.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah menggunakan obat ini, segera temui dokter.

Cara Kerja Obat Isotretinoin

Ada baiknya kalian mengikuti petunjuk dokter atau petunjuk dalam kemasan yang ada dalam obat sebelum kalian menggunakannya.

Obat Isotretinoin Kapsul

Isotretinoin dalam bentuk kapsul wajib dikonsumsi secara utuh. Tidak disarankan untuk menggunyah atau menghancurkan kapsul sebelum ditelan.

  1. Sebaiknya konsumsi obat isotretinoin saat makan. Penyerapan obat ke aliran darah akan lebih baik ketika obat ini dikonsumsi bersama makanan.
  2. Bila kalian lupa mengkonsumsi obat isotretinoin, disarankan untuk segera melakukannya begitu ingat, jika ada jeda dengan waktu konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Jika terlalu dekat, abaikan dan jangan menaikan dosis.

Obat Isotretinoin Gel

Sebelum mengoleskan obat ini, sebaiknya membersihkan area yang akan diobati, menggunakan sabun dan air bersih dengan suhu tidak terlalu panas atau dingin. Lalu keringkan wajah dengan dengan kain lembut.

  1. Oleskan obat isotretinoin sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter kebintik bintik yang ditumbuhi jerawat. Cuci tangan dengan air bersih setelah menggunakan gel isotretinoin.
  2. Jangan langsung menggunakan isotretinoin jika sebelumnya telah melakukan perawatan yang menyebabkan kulit terkelupas.
  3. Hindari penggunaan gel di area kulit yang teriritasi, nyeri, luka, atau terbakar karena sinar matahari. Lindungi area mata, dalam hidung, dan mulut dari kontak langsung dengan isotretinoin gel.
  4. Hindari sinar matahari saat memakai isotretinoin agar kulit tidak terlalu sensitif.
  5. Jika keadaan kulit menjadi kering, gunakan krim pelembap atau tabir surya yang berisi sun protection factor (SPF).
  6. Simpan obat di tempat yang kering, sejuk, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Obat Isotretinoin

Berikut ini merupakan iteraksi yang dapat terjadi jika kalian menggunakan obat Isotretinoin bersma dengan obat-obatan lainnya:

  • Dapat menyebabkan meningkatnya tekanan di dalam otak, jika dikonsumsi bersama dengan obat tetracycline.
  • Meningkatkan efek yang merugikan, jika digunakan bersama suplemen vitamin A atau zat-zat turunan vitamin A lainnya.
  • Meningkatkan resiko isitasi lokal, jika digunakan bersama dengan keratolitik topikal, seperti asam salisilat.
  • Menurunkan efektivitas progesteron.
  • Benzoyl peroxide dapat menurunkan efektivitas isotretinoin gel.

Efek Samping Isotretinoin

Penggunaan isotretinoin memiliki efek samping yang umumnya akan mereda seiring dengan penyesuaian tubuh terhadap obat. Di bawah ini adalah beberapa efek samping isotretinoin yang akan terjadi:

  • Iritasi kulit berupa kulit merah, terbakar, kering, dan mengelupas.
  • Bibir dan mulut kering.
  • Pembengkakan kecil di kelopak mata atau bibir.
  • Lapisan kulit wajah mengeras.
  • Sakit perut.
  • Penipisan rambut.
  • Mimisan.

Untuk mengatasi mulut kering, kalian bisa mengonsumsi permen rendah gula, pecahan batu es, atau mengkonsumsi minum air putih. Gejala-gejala overdosis isotretinoin dapat terjadi berupa sakit kepala, pusing, muntah, dan hilang keseimbangan. Segera temui dokter jika efek samping yang dirasakan tidak kunjung reda atau jika mengalami overdosis.

Baca juga

Leave a Reply