image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

obat herbal untuk jerawat

Benarkah Obat Herbal Lebih Ampuh Dibanding Obat Kimia untuk Jerawat?

Eva Mulia – Jika ada jerawat di wajah Anda, apa yang pertama kali akan Anda lakukan? Membiarkannya saja atau mencari cara untuk segera menghilangkannya? Biasanya, saat jerawat muncul, banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan jerawat secara cepat. Baik itu dengan menggunakan obat herbal jerawat atau dengan obat kimia yang dijual bebas dipasaran.

Penyebab Munculnya Jerawat

Sebelum mengobati jerawat yang muncul, Anda harus tahu apa yang menyebabkan jerawat bisa tumbuh pada wajah Anda. Biasanya munculnya jerawat terjadi karena kombinasi antara faktor hormonal, bakteri pada kulit, dan asam lemak dalam kelenjar minyak.

Meskipun jerawat merupakan kejadian fisiologis yang normal, Tetapi perubahan hormon, memencet jerawat (komedo, whiteheads, benjolan kecil), dan pakaian yang Anda gunakan (topi, helm, atau masker) bisa mempengaruhi munculnya jerawat pada wajah Anda.

Pilihan Obat Herbal Untuk Jerawat

Sebelum perawatan modern berkembang, ternyata sejak dulu penggunaan herbal untuk jerawat sudah banyak dilakukan. Pengobatan jerawat secara herbal dipilih karena mempunyai efek samping lebih sedikit dibandingkan dengan yang modern. Sehingga, herbal dipercaya bisa membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat, menyembuhkan kerusakan kulit dan pembengkakan. Ada beberapa tumbuhan yang terbukti bisa membantu penyembuhan jerawat. Seperti Neem atau daun mimba (azadirachta indica), tea tree (melaleuca alternifolia), Manjistha (rubia cordifolia),

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Obat herbal untuk Jerawat

obat herbal untuk jerawat

Perlu Anda ketahui bahwa tak semua orang cocok dengan cara herbal. Biasanya orang yang tidak cocok atau sensitif terhadap bahan alami akan menimbulkan efek samping ketika menggunakan herbal untuk atasi jerawat. Salah satunya menimbulkan reaksi alergi atau iritasi kulit.

Oleh karena itu, jika Anda sedang mengalami peradangan, gatal, atau rasa panas saat menggunakan herbal untuk atasi jerawat. Maka Anda harus menghentikan penggunaan dan berkonsultasi dengan dokter Anda. Terutama untuk ibu hamil, menyusui serta anak-anak, sebaiknya hindari menggunakan obat herbal untuk mengobati jerawat kecuali di bawah pengawasan praktisi yang terlatih atau Anda sudah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Tips Merawat Kulit Berjerawat

Apapun jenis obat jerawat yang Anda pilih, Anda harus tetap menjaga kesehatan kulit wajah. Ini bertujuan agar jerawat tidak semakin parah. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat antara lain:

  • Pilihlah pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk jerawat. Biasanya, produk ini mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide, yang bisa membantu membersihkan jerawat.
  • Bersihkan wajah secara lembut, karena membersihkan wajah terlalu keras atau dengan cara menggosoknya bisa memperburuk jerawat yang ada.
  • Hindari mengeringkan wajah menggunakan bahan yang kasar. Sebab bahan seperti waslap yang kasar bisa menyebabkan luka pada wajah atau jerawat.
  • Gunakan pelembab yang ringan dan nonkomedogenik, yang tidak dapat memperparah jerawat.
  • Dan terakhir, jangan menyentuh wajah Anda atau jerawat yang ada. Terlebih dalam keadaan tangan yang tidak bersih. Sebelum menyentuh wajah, Anda perlu cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Cara Alami Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Cepat

Leave a Reply