Tips Menghilangkan Jerawat dengan Alkohol

Menghilangkan Jerawat dengan Alkohol 70% dan Efek Sampingnya

Evamulia – Perawatan Wajah – Apakah wajahmu sering jerawat? Nah, jika wajahmu sering berjerawat tentunya menjadi gemas dan ingin segera menghilangkannya bukan?

Terdapat berbagai macam jenis jerawat serta cata menanganinya. Pernahkah kamu mengalami jerawat yang sulit untuk dihilangkan meskipun sudah mencoba berbagai cara, baik menggunakan bahan herbal maupun obat-obatan untuk jerawat.

Jika seluruh cara sudah dicoba namun hasilnya sama saja, maka kamu bisa mencoba menggunakan alkohol untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang membandel.

Alkohol merupakan senyawa kimia yang sifatnya antibakteri, dimana berfungsi sebagai senyawa disinfektan yang ampuh. Alkohol juga bisa menjadi alternatif lain untuk menghilangkan jerawat kecil-kecil di jidat, menghilangkan jerawat merah, menghilangkan jerawat bernanah, serta menghilangkan jerawat hitam dan lainnya.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan alkohol pada kulit wajah yang berjerawat dapat membunuh bakteri penginfeksi yang menyebabkan jerawat, yakni Propionibacterium acnes, Staphylococcus epidermidis, serta bakteri penyebab jerawat lainnya. Selain bakteri, alkohol juga dapat membunuh beberapa jenis virus, sehingga penggunaan aklohol akan membuat kulit wajah menjadi bersih.

Tips Menghilangkan Jerawat dengan Alkohol

Tips Menghilangkan Jerawat dengan Alkohol

Segala sesuatu mengenai jerawat dapat ditangani dengan penggunaan alkohol. Tetapi, alkohol merupakan bahan kimia yang mudah terbakar, sehingga perlu hati-hati ketika menggunakannya. Lantas, bagaimana cara menggunakan alkohol secara aman untuk perawatan wajah berjerawawt? Simak ulasannya berikut ini.

Memilih Jenis Alkohol yang Tepat

Alkohol memiliki berbagai konsentrasi serta berbagai jenis. Untuk penggunaan pada kulit wajah, atau sebagai pembersih biasanya menggunakan alkohol dengan konsentrasi 70% yang mampu membunuh bakteri. Jika kamu hendak membeli alkohol 70%, disarankan untuk membelinya di apotek agar terpercaya dan mendapatkan kualitasnya.

Menyiapkan Kapas Wajah

Untuk menggunakan alkohol 70% pada kuit wajah, maka jangan menggunakan tangan secara langsung untuk mengoleskannya, melainkan menggunakan kapas wajah. Siapkan terlebih dahulu kapas yang lembut untuk kulit. Kapas akan menyerap alkohol dan membantu pembersihan kulit dengan alkohol secara merata dan menyeluruh.

Mencuci Wajah Hingga Bersih

Mencuci wajah hingga bersih dapat membantu menurunkan infeksi bakteri di wajah, oleh karena itu akan lebih baik sebelum menggunakan alkohol biasakan untuk mencuci wajah terlebih dahulu. Dengan demikian, penggunaan alkohol akan menjadi lebih ringan dan ampuh dalam mengatasi jerawat pada wajahmu.

Menuangkan Alkohol 70% ke Kapas Wajah

Jika kulit wajahmu sudah kering dan bersih, setelah itu tuangkanlah alkohol 70% secukupnya ke kapas wajah. Selain itu, jangan lupa untuk menutup kembali botol alkoholnya karena dapat menguap hingga akhisnya lama-kelamaan habis.

Mengusapkannya Segera ke Wajah

Kapas wajah yang terdapat alkohol 70% lalu diusapkan ke kulit wajah secara menyeluruh, terutama pada bagian jerawat di kulit, bekas jerawat hingga beberapa flek hitam di wajah.

Jika kapas sudah mengering, maka kamu dapat menuang kembali alkohol 70% ke kapas lalu segera usapkan. Ketika diusapkan kamu akan merasakan sensasi dingin di kulit karena senyawa alkohol yang bersentuhan dengan kulit.

Diamkan Kulit Hingga Mengering

Setelah selesai, diamkan kulit wajah selama beberapa saat hingga terasa sudah mengering sendiri. Kamu tidak perlu membilas kembali wajah dengan air, pasalnya seluruh alkohol di permukaan wajah sudah menguap dan wajah sudah bersih dari bakteri yang ada di wajah. Jika kamu mencuci muka lagi, dikhawatirkan bakteri dari air untuk mencuci muka akan menginfeksi.

Gunakan Krim Pelembab

Penggunaan alkohol pada kulit dapat menyebabkan kulit kering karena alkohol bersifat iritan. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi anda untuk menggunakan krim pelembab wajah jika rutin menggunakan alkohol sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat. Krim pelembab sebaiknya digunakan pada waktu yang berbeda dengan penggunaan alkohol.

Dosis Pemakaian

Setelah pemakaian alkohol, maka wajah akan menjadi bersih, bekas jerawat menjadi kering dan akhirnya mengelupas sehingga hilanglah jerawat pada area wajah. Pemakaian alkohol untuk jerawat di wajah tidak memiliki aturan khusus, dimana dapat disesuaikan untuk jerawat di wajah masing-masing.

Penggunaan alkohol 70% sebanyak 3x sehari secara rutin akan membersihkan jerawat pada wajah, serta bekas jerawat dan noda hitam yang ada.

Tidak Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Jika kamu menggunakan alkohol sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat, alangkah baiknya ada pantangan untuk tidak memakan makanan yang tinggi kandungan vitamin C atau asam askorbat, seperti jeruk keprok. Asam askorbat dapat membuat kulit menjadi alergi serta menimbulkan jerawat di wajah. Selain itu, makanan yang disarankan seperti ikan, ayam, jeruk lemon dan nipis, serta sayuran hijau.

Efek Samping dan Bahaya Penggunaan Alkohol untuk Menghilangkan Jerawat

Berbagai fakta mengenai jerawat dapat membuat kita pusing dan bingung untuk memilih cara mengatasinya secara tepat, cepat dan aman. Berikut ini beberapa efek samping alkohol 70%, jika kamu ingin menggunakannya sebagai obat jerawat.

  • Alkohol 70% tidak dapat digunakan untuk luka yang terbuka, ataupun kulit yang sensitif dan tips seperti kulit wajah. Jika kulit wajah tipis, maka Alkohol 70% yang bersifat iritan ini dapat berbahaya.

Selain itu, penggunaan alkohol di kulit wajah dapat membunuh seluruh bakteri yang ada. Jika kulitmu sensitif, maka berhati-hatilah karena menjadi lebih mudah terinfeksi bakteri dari luar.

  • Alkohol 70% dapat menyebabkan kulit kering dan teriritasi, sehingga dapat memperburuk kondisi kulit berjerawat.
  • Alkohol 70% bisa saja menjadi penyebab dari munculnya noda kehitaman pada kulit yang sulit hilang.
  • Alkohol 70% dapat membersihkan kotoran di wajah secara mudah, tetapi juga berpotensi menutup pori-pori kulit, sehingga kulit menjadi kesat dan cenderung kering. Jika dibiarkan, maka kulit akan menghasilkan minyak dalam jumlah yang banyak untuk mengatasi kondisi kulit kering tersebut. Kulit berpotensi menimbulkan jerawat.

Setelah kamu membaca ulasan cara menghilangkan jerawat dengan Alkohol 70% beserta efek sampingnya, semoga kamu lebih berhati-hati lagi dalam penggunaan alkohol untuk wajah. Banyaknya penggunaan Alkohol 70% untuk kulit dapat bervariasi pada setiap orang.

Jika wajahmu sedang banyak jerawat, maka penggunaan alkohol 70% dapat mengatasi secara cepat dan ampuh. Namun jika jerawat hanya sedikit, disarankan menghindari penggunaan alkohol 70%. Semoga ulasan diatas bisa menjadi pertimbangan untuk memutuskan cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan jerawat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *