image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

mengeringkan jerawat yang pecah

Tips Mengeringkan Jerawat yang Sudah Pecah dengan Aman dan Cepat

Eva Mulia Clinic – Ketika jerawat muncul, banyak orang yang cepat-cepat ingin memecahkannya. Hal ini agar jerawat segera hilang dan tidak membengkak lagi. Tetapi, memecahkan jerawat yang tidak tepat akan menimbulkan infeksi dan meninggalkan bekas.

Jerawat yang pecah juga menjadi salah satu fase dimana jerawat sudah matang dan akan mengeluarkan isi jerawat. Proses ini membuat jerawat menjadi kempes dan mengecil. Biasanya pada jerawat normal saat jerawat pecah maka akan ada darah yang keluar. Berbeda dengan jerawat batu atau jerawat parah lainnya maka isi yang akan keluar juga biasanya disertai dengan nanah. Namun Anda tidak perlu takut karena anda bisa mengeringkan jerawat yang pecah tersebut dengan beberapa cara di bawah ini.

Mengeringkan Jerawat yang Pecah

mengeringkan jerawat yang pecah

Bila Anda mengalami jerawat yang tiba-tiba pecah, baik itu karena jerawat sudah matang atau karena tidak sengaja pecah, maka anda perlu melakukan beberapa hal berikut untuk mengeringkan jerawat anda antara lain:

1. Keluarkan darah sepenuhnya

Jika jerawat sudah mulai pecah, cobalah untuk mengeluarkan darah sepenuhnya agar jerawat segera kering. Hal ini disebabkan karena darah yang keluar tidak akan berhenti sebelum seluruh isi jerawat keluar. Anda bisa menekan dengan lembut daerah sekitar jerawat untuk mengeluarkan isi jerawat sepenuhnya, namun jangan ditekan terlalu keras.

2. Cuci wajah hingga bersih

Setelah isi jerawat berhasil dikeluarkan sepenuhnya, maka anda perlu untuk segera mencuci wajah Anda. Gunakan air bersih dan jangan gunakan sabun wajah, karena bisa menimbulkan iritasi bahkan menimbulkan rasa perih berlanjut pada jerawat yang sudah pecah tersebut. Aliran air bisa membantu Anda menghentikan pendarahan pada jerawat yang sudah pecah.

3. Bersihkan kulit di area jerawat

Setelah selesai mencuci wajah dan berhasil mengeluarkan isi jerawat sepenuhnya. Anda bisa langgung membersihkan jerawat yang sudah pecah dengan kain atau tisu bersih. Jika darah masih keluar maka biarkan terlebih dahulu agar meresap di kain atau tisu yang anda gunakan, kemudian bersihkan dengan air bersih.

4. Pakailah Toner

Tips berikutnya yaitu dengan membersihkan jerawat yang sudah pecah dengan toner atau alkohol. Karena dengan membersihkan kembali jerawat yang sudah pecah dengan toner dapat mencegah penyebaran bakteri penyebab jerawat yang bisa menyebabkan munculnya kembali jerawat di sekitar jerawat yang sudah pecah. Sehingga nantinya jerawat yang sudah pecah dapat kering lebih cepat.

5. Kompres dengan es batu

Selain itu Anda juga bisa mengompres  wajah dengan es batu agar tidak terjadi inflamasi ataupun pembengkakan di sekitar jerawat akibat jerawat yang sudah pecah. Kompres air batu pada jerawat yang sudah pecah juga dapat menghambat dan membantu pendarahan jerawat yang terjadi serta mencegah jerawat berubah warna menjadi kemerahan, sehingga jerawat yang sudah pecah bisa kering dengan cepat dan mengurangi risiko timbulnya bekas jerawat.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara mengeringkan jerawat yang sudah pecah dengan aman dan cepat. Anda bisa mengikuti cara-cara diatas sesegera mungkin setelah jerawat anda pecah, agar jerawat bisa kering secepatnya.

Baca juga: Pori-Pori di Wajah Membesar? Ini dia Cara Mengecilkan Pori Pori Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Leave a Reply