image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

mencegah jerawat

Cara Mencegah Jerawat Agar Tidak Muncul Lagi

Jerawat merupakan masalah yang menyebalkan bagi banyak orang. Selain rasanya yang sakit, jerawat juga bisa mengganggu penampilan sehingga menimbulkan rasa tidak percaya diri. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan hal itu, karena ada banyak cara yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk mencegah jerawat. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Cara Mencegah Jerawat

mencegah jerawat

1. Rutin Mencuci Muka

Langah yang paling penting untuk mencegah jerawat adalah rutin mencuci muka setiap hari, setiap pagi dan malam sebelum tidur. Ingat selalu bersihkan wajah Anda dari makeup, keringat, dan debu jalanan dengan menggunakan toner pembersih.

Pastikan juga sabun cuci muka yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Apabila wajah Anda berminyak, gunakan selalu sabun pembersih gel atau foam. Sedangkan untuk kulit kering gunakan yang jenis krim atau lotion.

Rajin cuci muka menggunakan pembersih yang tepat bisa menjadi langkah dasar Anda untuk mencegah jerawat datang.

2. Eksfoliasi kulit Anda

Tinggal di negara Indonesia yang beriklim tropis yang serba panas dan lembap membuat kulit kering rentan mengelupas. Apabila tidak di beri tindakan, lapisan sel kulit mati tersebut dapat menutup pori-pori dan bercampur dengan keringat, minyak, serta debu sehingga tumbuh jadi jerawat.

Untuk itu, rajinlah mengeksfoliasi wajah untuk mengelupaskan kulit mati. Eksfoliasi berfungsi untuk mengencangkan pori-pori serta menyegarkan kulit wajah. Sehinggga kulit Anda akan bersinar, sehat dan tidak berjerawat.

3. Hindari menyentuh wajah

Kebiasaan menyentuh wajah tanpa disadari sangat rentan menimbulkan jerawat. Hal ini karena tangan terdapat bakteri dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori di kulit. Sehingga tak jarang bakteri dapat berpindah ke kulit dan akhirnya menimbulkan jerawat. Maka sebaiknya hindari memegang wajah tanpa cuci tangan sebelumnya.

4. Hindari pemakaian make up berlebihan

Banyak kaum hawa yang menutupi jerawat dengan make up. Tetapi, Anda pasti sudah tahu, jika hal itu dapat membuat jerawat semakin parah. Makeup yang tebal bisa membuat pori-pori kulit tersumbat dan akhirnya timbul jerawat. Maka jangan menggunakan makeup secara berlebihan.

5. Kendalikan stres Anda

Ketika sedang stress hormon tubuh yang tidak seimbang akan menyebabkan munculnya jerawat. Untuk mencegah jerawat hormon datang menyerang. Untuk itu, kendalikan tingkat stres Anda dengan melakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia di sela-sela kesibukan. Seperti meditas, jalan-jalan, mendengarkan musik, bahkan nonton film komedi.

6. Berolahraga

Olahraga dapat membantu mengurangi stres yang sering membuat munculnya jerawat. Selain itu, aktivitas fisik bisa melancarkan sirkulasi darah sehingga kulit menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi yang menjaganya tetap sehat dan mencegah jerawat.

Perlu diingat juga, bahwa Anda harus segera mengeringkan badan dan mandi setelah berolahraga. Hal ini mencegah jerawat datang karena disebabkan oleh keringat dan pakaian yang kotor sehabis berolahraga.

Baca juga:

flek hitam bekas jerawat

jenis jenis jerawat

mencegah jerawat

Leave a Reply