Memutihkan Wajah dengan Pasta Gigi

Efek Samping Memutihkan Wajah dengan Pasta Gigi

Evamulia  Perawatan Kulit – Memutihkan Wajah dengan Pasta Gigi – Menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat pernah menjadi trend akhir-akhir ini demi mendapatkan kulit wajah yang putih dan indah. Hal tersebut dikarenakan pasta gigi mengandung triklosan (zat antibakteri), penggunaan pasta gigi dianggap ampuh dalam mengatasi permasalahan jerawat pada wajah. Selain itu, bahan mentolnya juga dipercaya dapat memberikan sensasi geli yang mampu meredakan sakit dan pembengkakan akibat jerawat.

Tetapi benarkah penggunaan pasta gigi terbukti dapat menghilangkan jerawat? Efektifitasnya tidak pernah terbukti secara ilmiah. Oleh karena itu, jika kamu termasuk yang menggunakan pasta gigi untuk mengatasi jerawat, maka segeralah hentikan kebiasaan ini.

Efek Samping Memutihkan Wajah dengan Pasta Gigi

Jika kamu memang tertarik untuk menggunakan pasta gigi untuk mengatasi jerawat karena kandungan triklosanya, nah saat ini zat tersebut sudah tidak lagi ditemukan pada banyak produk pasta gigi. Hal tersebut dikarenakan badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA) mengkonfirmasi jika triklosan mampu memberikan dampak yang buruk pada hormon tiroid yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam mengatur metabolisme.

Selain itu, zat triklosan ini juga dapat berkontribusi terhadap resistensi antibiotik oleh tubuh. oleh karena itulah risiko menggunakan pasta gigi untuk jerawat sangat berbahaya, tak hanya bagi kulit tetapi bagi kesehatan juga secara keseluruhan.

Bahaya Penggunaan Pasta Gigi Untuk Mengatasi Jerawat

Tentunya pasta gigi mengandung banyak bahan yang sangat berguna untuk kesehatan gigi seperti:

  • Gliserin
  • Sorbitol
  • Kalsium karbonat
  • Sodium lauryl sulfate
  • Natrium bikarbonat

Beberapa bahan diatas memang efektif dalam meningkatkan kesehatan gigi. Namun sayangnya, beberapa bahan tersebut tidak manjur untuk menghilangkan jerawat pada muka. Justru beberapa kandungan pasta gigi tersebut dapat membahayakan kesehatan kulit.

Oleh karena itu, perlu di ketahui beberapa bahayanya menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat seperti berikut ini.

Dapat Mengiritasi Kulit Wajah

Pasta gigi mampu mengiritasi kulit wajah atau membuat kulit wajah menjadi kering. Efek samping ini akan lebih berbahayanya jika dirasakan oleh pemilik kulit kering atau sensitif. Apalagi dengan keberadaan sodium lauryl sulfate yang biasa dikenal dapat menyebabkan iritasi pada area wajah.

Dapat Menimbulkan Luka Bakar Kimia

Beberapa dari mereka banyak yang menggunakan pasta gigi untuk mengatasi jerawat pada wajah dan mengalami luka bakar pada wajahnya. Ruam yang diakibatkan oleh dermatitis kontak (kondisi yang disebabkan oleh peradangan kulit berupa gatal, kulit kering hingga pembengkakan) juga bisa muncul. Akibatnya, kulit bisa terasa sakit dalam jangka waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, maka hindari penggunaan pasta gigi untuk jerawat mulai dari sekarang, pasalnya risikonya lebih besar dibandingkan dengan manfaat yang akan kamu dapatkan.

Dibandingkan menggunakan pasta gigi, berikut ini solusi alami yang ampuh dalam mengatasi jerawat.

Alternatif lain mengobati jerawat selain dengan pasta gigi

Menurut sebuah studi pada tahun 2019, para peneliti menemukan jika beberapa bahan-bahan alami dapat secara efektif menghilangkan jerawat. Ekstrak herbal yang terkandung didalamnya membuat responden puas dengan hasilnya. Beberapa solusi lain yang bisa kamu coba diantaranya adalah.

Tea Tree Oil

Tea tree oil diambil dari pohon Melaleuca alternifolia yang memiliki kandungan zat antiperadangan serta anti mikroba yang sangat kuat. Sehingga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah. Selain itu, kulit yang iriitasi juga bisa diredakan oleh tea tree oil.

Lidah Buaya

Lidah buaya juga menjadi salah satu bahan alami yang sangat ampuh dalam mengobat dan menghilangkan jerawat. Hal tersebut dikarenak didalamnya terdapat 75 jenis mineral yang berbeda mulai dari asam amino hingga vitamin.

Komponen-komponen ini dapat membantu proses penyembuhan luka, mengurangi iritasi kulit dan peradangan hingga mencegah terjadinya infeksi kulit. Zat anti peradangan dan anti mikrobanya juga dapat mencegah kedatangan jerawat yang muncul di area wajah.

Jika beberapa bahan alami diatas masih belum ampuh dalam mengatasi jerawat di wajah, mungkin kamu perlu berkonsultasi dengan dokter kulit dan kecantikan. Yang jelas, segeralah tinggalkan kebiasaan menggunakan pasta gigi dalam mengatasi jerawat pada kulit wajah. Tujuannya adalah agar kulit terhindar dari iritasi dan penyakit kulit lainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *