Manfaat Serta Resiko dan Cara Kerja IPL Dalam Dunia Estetika

Evamulia Perawatan Wajah – Cara Kerja IPL – Dalam dunia Estetika tentunya terdapat banyak sekali teknik yang dilakukan untuk merawat kulit. Salah satunya adalah dengan teknik IPL (Intense Pulse Light), teknik ini banyak digunakan dalam bidang dermatologi dengan memanfaat spektrum cahaya yang dapat dikendalikan.

Berbeda dengan laser yang juga biasa dikenal dengan teknik cahaya, IPL mengeluarkan spektrum cahaya yang cukup luas serta mencakup area yang besar dengan panjang gelombang yang berbeda. Laser sendiri biasanya mengeluarkan panjang gelombang dengan warna yang tunggal dan hanya ditargetkan pada kondisi tertentu (area cakupan yang cukup kecil dari IPL).

Dalam prakteknya, pasien IPL tidak perlu diberikan anestesi atau obat penenang sebelum proses dilakukan. Pasalnya, spektrum cahaya yang masuk tidak akan melukai bagian epidermis. Selain itu IPL ini juga tidak memiliki efek negatif terhadap jaringan yang berada di wilayah yang menjadi target. Setelah praktek IPL selesai dilakukan, pasien dapat langsung melanjutka aktivitas seperti biasa dan bisa dilakukan dengan proses yang sangat cepat.

Teknik IPL ini juga bisa membantu menghilangkan noda akibat kontak dengan matahari yang terlalu lama, menghilangkan bintik usia, melasma jerawat serta tanda penuaan. Pada proses ini sel yang memproduksi melain akan dihancurkan lalu setelah hancur, tubuh akan menghasilkan sel baru yang warnanya mirip dengan sel yang sebelumnya. T

Selain itu, IPL juga dapat membantu menghilangkan bulu yang tidak di inginkan misalnya pada bagian ketiak, wajah kaki serta tangan. Hal ini terjadi karena proses penghancuran folikel yang menghancurkan rambut.

Manfaat Serta Resiko dan Cara Kerja IPL Dalam Dunia Estetika

 Cara Kerja IPL

Cara Kerja IPL

Sebenarnya teknik ini bisa dilakukan oleh siapapun yang telah dilatih dan bisa untuk mengoperasikan mesin IPL. Untuk keselamatan, akan lebih baik jika kamu memilih teknisi yang sudah tersertifikasi demi ketenangan pasien dan keselamatan. Teknisi disini juga harus mendalami mengenai jenis-jenis kulit pasien serta tidak boleh dilakukan secara sembarangan, pasalnya teknik IPL ini juga harus merupakan saran dari dokter kulit dan harus dievaluasi terlebih dahulu apakah seorang pasien cocok atau tidak untuk menjalani proses IPL ini.

Sebelum menjalani proses ini, wajah akan dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran menempel yang dapat mempengaruhi efektifitas perawatan. Setelah kulit bersih, lalu akan dioleskan gel dingin untuk mengurangi rasa terbakar pada kulit. Setelah ini selesai, pasien dapat melakukan aktivitas seperti biasa dengan menghindari cahaya matahari sementara waktu.

Risiko Melakukan Perawatan IPL

Risiko yang disebabkan oleh praktek IPL ini terbilang lebih ringan, seperti timbulnya kemerahan pada kulit yang bisa sembut dalam beberapa hari setelah pengobatan. Kemudian, adanya rasa panas dan terbakar yang lumayan ringan dan dapat ditangani dengan gel biasanya. Selain itu, IPL ini juga bisa menyebabkan kulit melepuh atau bercak putih di kulit.

Manfaat IPL

Menghilangkan Bulu pada Bagian Tubuh yang Tidak di Inginkan

Bagi kaum pria, biasanya bulu-bulu ini melambangkan sebuah tanda maskulin. Tetapi bagi wanita, hal seperti ini biasanya sangat menganggu. Bulu-bulu yang tumbuh disekitar kulit dirasa dapat membuat kulit terlihat lebih gelap dan kusam. Dengan melakukan teknik IPL ini, pertumbuhan rambut di kulit dapat diperlambat bahkan akan terhenti selain itu, teknik ini dapat dilakukan di bagian ketiak, kaki, tangan bahkan daerah bikini.

Menghilangkan Noda Penduaan

Noda penuaan tentunya dapat menganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Setiap manusia tentunya menginginkan wajah yang bersih tanpa noda serta bercahaya. Dengan memanfaatkan teknologi IPL ini, maka kamu bisa menghapus noda hitam di wajah dan menjadikan kulit terlihat lebih cerah dan bebas noda.

Menghilangkan Jerawat

Teknik IPL ini juga berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan pori-pori yang membesar, caranya dengan melakukan perawatan 5-8 kali.

Peremajaan Kulit

Cahaya yang dipancarkan oleh IPL ini dapat merangsang pertumbuhan pada kulit. Sehingga kulit yang terlihat tua akan terlihat lebih fresh kembali. Hal ini bisa dicapai dengan 6-8x perawatan.

Menghilangkan Kerutan pada Kulit

Kerutan tentunya sangat menganggu karena akan terlihat lebih tua dari umur yang kita miliki. Salah satu cara untuk menghilangkan kerutan ini adalah dengan teknik IPL yang akan menyamarkan garis halus, sehingga kulit menjadi lebih kencang dan halus.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai teknik IPL, Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *