Apakah Itu Strearic Acid? Benarkah dapat Melembutkan Kulit Wajah?

Eva Mulia Clinic – Manfaat Stearic Acid – Stearic Acid adalah asam lemak jenuh yang banyak digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Stearic Acid juga dikenal sebagai Stearic Acid dan dibuat dari berbagai ekstrak lemak nabati dan hewani. Tidak hanya digunakan sebagai komposisi tambahan pada makanan dan produk industri, Stearic Acid juga sering digunakan dalam makeup atau perawatan kulit.

Apakah Itu Stearic Acid?

manfaat Stearic Acid ditemukan di banyak deodoran, sabun, losion dan krim. Pada dasarnya asam yang terbuat dari lemak nabati ini memiliki manfaat yang baik untuk kulit, terutama untuk tekstur dan tampilan kulit. Untuk alasan ini, ini banyak digunakan dalam produk perawatan kulit dan makeup.

Stearic Acid ditemukan di banyak deodoran, sabun, losion dan krim. Pada dasarnya asam yang terbuat dari lemak nabati ini memiliki manfaat yang baik untuk kulit, terutama untuk tekstur dan tampilan kulit. Untuk alasan ini, ini banyak digunakan dalam produk perawatan kulit dan makeup.

Manfaat Stearic Acid dan Efek Sampingnya

Namun, ternyata ada juga efek negatif atau kekurangan dari Stearic Acid ini, terutama untuk kulit sensitif. Untuk lebih memahaminya, mari kita simak manfaat dan bahaya Stearic Acid berikut ini untuk kulit.

Melembutkan Tekstur Kulit

Stearic Acid merupakan salah satu bahan yang membantu membuat produk kosmetik lebih mudah menempel di kulit. Kosmetik yang mengandung Stearic Acid umumnya lebih lembut saat bersentuhan dengan kulit. Hasil akhir dari penggunaan produk yang mengandung Stearic Acid ini diarahkan agar foundation dan bedak kamu lebih menyerap dan tahan lama, lho!

Dapat Membuat Produk Skincare Menempel pada Kulit

Stearic Acid memiliki daya rekat yang cukup tinggi. Produk yang mengandung Stearic Acid menempel pada kulit untuk waktu yang lama. Tidak heran banyak produk deodoran, lotion, sampo, sabun, dan krim mengandung Stearic Acid dalam bahannya. Meski terkena air, hasil penggunaan produk mungkin masih bertahan.

Mengunci Kelembapan Kulit

Karena Stearic Acid memiliki fungsi penguncian dalam produk, ia mampu menjaga kelembapan kulit sekaligus mencegahnya mengering dan dehidrasi. Manfaat yang sering Anda temukan pada produk pelembab seperti body butter dan body lotion, bukan?

Ingatlah untuk terus mengkonsumsi air yang cukup untuk memaksimalkan perawatan kulit tanpa dehidrasi dari dalam.

Membasmi Bakteri Penyebab Komedo dan Jerawat

Meskipun Stearic Acid adalah asam lemak, kandungan ini tidak akan membuat Anda gemuk dan mengembangkan jerawat di wajah Anda. Stearic Acid sebenarnya dapat membantu membersihkan pori-pori dan minyak berlebih di wajah yang berpotensi membentuk komedo dan jerawat yang membandel. Untuk kulit dan kepuasan, bahan-bahan ini biasanya terdapat pada produk mandi dan cuci muka.

Melindungi Kulit dari Paparan Matahari

Lapisan pengunci yang dihasilkan oleh kandungan Stearic Acid dapat membantu kulit tetap berwarna sama seperti yang terlihat. Anda bisa mendapatkan manfaat ini bahkan jika produk digunakan di bawah paparan sinar matahari. Inilah sebabnya mengapa kandungan Stearic Acid banyak digunakan dalam produk tabir surya dan tabir surya.

Mencerahkan Kulit

Efek kulit lebih cerah akan lebih terlihat jika produk yang mengandung Stearic Acid juga disertai dengan mutiara atau pencerah wajah lainnya. Jika digunakan secara rutin, hasil wajah yang terlihat bersih dan cerah pasti bisa didapatkan.

Memaksimalkan Penyembuhan Luka

Stearic Acid juga berperan sebagai bahan yang dapat memaksimalkan penyembuhan luka dan bekas jerawat pada kulit. Jika Anda perhatikan, Stearic Acid juga banyak ditemukan pada salep luka.

Tetap harus memperhatikan jumlah SPF yang terkandung dalam kemasan tabir surya atau sunblock yang digunakan untuk mengetahui batasan penggunaannya. Meskipun demikian, kamu tetap harus memperhatikan jumlah SPF yang terdapat dalam kemasan sunscreen atau sunblock yang kamu gunakan untuk mengetahui batas penggunaannya.

Mencegah Iritasi Kulit Kepala

Anda juga dapat menemukan Stearic Acid dalam sampo dan kondisioner. Kandungan ini mampu mencegah iritasi kulit kepala akibat lapisan pemblokiran yang dihasilkannya. Tidak hanya untuk kulit kepala, Stearic Acid juga bisa membuat rambut tampak lembut dan berkilau.

Tidak Disarankan untuk Kulit Sensitif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya jangan mengoleskan produk yang mengandung Stearic Acid langsung ke wajah Anda. Meski produk ini tergolong aman, tak ada salahnya mengoleskan terlebih dahulu produk yang mengandung asam aserat ke bagian belakang telinga untuk melihat apakah ada reaksi atau tidak.

Jika produk yang mengandung Stearic Acid tidak cocok untuk kulit sensitif, dapat menyebabkan kemerahan, gatal, alergi, dan peradangan.

Tidak Disarankan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil dan ibu harus menghindari penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia seperti Stearic Acid. Jika Anda masih ingin menggunakan produk yang mengandung Stearic Acid selama kehamilan dan menyusui, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter profesional untuk mencegah masalah selama kehamilan.