image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

minyak kelapa untuk jerawat

Benarkah Manfaat Minyak Kelapa untuk Jerawat Bisa Efektif?

Minyak kelapa untuk jerawat- Di tengah majunya teknologi industri kecantikan, produk perawatan kulit yang bersifat alami masih dicari dan digemari oleh banyak wanita. Namun salah satu bahan alami yang dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kulit adalah minyak kelapa. Minyak yang kaya akan fatty acid ini bersifat multifungsi dan dapat digunakan untuk kesehatan kulit, rambut, atau kuku.

Selain dikenal untuk melembapkan, minyak kelapa juga mempunyai kemampuan menyembuhkan.Hal ini yang membuat banyak orang percaya jika minyak kelapa juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Benarkah? Atau justru bisa membuat kondisi jerawat semakin parah, ya? Yuk, cari tahu faktanya di sini!

Baca juga: penyebab jerawat di leher

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Jerawat

minyak kelapa untuk jerawat

Walaupun dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kulit, namun masih banyak yang pro dan kontra menggunakan minyak kelapa pada wajah.  Minyak kelapa mempunyai kandungan atty acid yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat yaitu propionibacterium acnes. Kandungan ini bisa  bekerja dengan baik jika diaplikasikan langsung pada area di mana bakteri penyebab jerawat berada. Selain itu, minyak kelapa juga mempunyai kemampuan untuk membantu menyembuhkan kerusakan kulit dan meminimalisir bekas luka akibat jerawat. 

Baca juga: tepung beras untuk jerawat

Melihat dua manfaat minyak kelapa untuk jerawat yang sudah disebutkan di atas, Anda pasti tergiur untuk mencobanya, kan? Nah, sayangnya penggunaan minyak kelapa dapat menimbulkan dampak buruk, khususnya bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Minyak kelapa bersifat comedogenic. Dalam skala nol sampai lima, bahan alami ini memiliki nilai empat yang artinya berpotensi cukup tinggi untuk menyumbat pori-pori kulit. Akibatnya, jerawat yang Anda derita akan menjadi semakin buruk.

Dengan mengetahui kedua manfaat minyak kelapa untuk jerawat yang sudah disebutkan di atas, Pasti Anda tergiur untuk mencobanya, kan? Nah, sayangnya penggunaan minyak kelapa bisa memberika efek samping, terutama bagi Anda yang mempunyai jenis kulit berminyak.

Cara lain menggunakan minyak kelapa

Jika Anda sudah terlanjur mencoba minyak kelapa dan berujung dengan kondisi jerawat yang lebih parah, tidak perlu khawatir karena bahan ini masih bisa digunakan untuk perawatan lainnya. Di antaranya adalah:

  • Body care. Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai body care dalam berbagai cara. Mulai dari digunakan sendiri sebagai pelembap atau body butter, bahkan dicampurkan dengan gula dan kayu manis sebagai body scrub. Minyak kelapa juga efektif meredakan kulit yang terbakar akibat paparan matahari.
  • Makeup remover – Minyak kelapa dapat digunakan untuk mengangkat makeup secara maksimal, bahkan hingga yang paling waterproof sekalipun. Cara menggunakannya mudah, cukup dengan mengambil sedikit minyak kelapa, kemudian ratakan pada permukaan tangan. Pijat wajah hingga makeup luntur, lalu bilas hingga bersih. Jika Anda ingin mencobanya, pastikan untuk membilas minyak kelapa hingga tidak ada lapisan residu yang tersisa.
  • Hair care – Anda yang punya masalah dengan rambut atau kulit kepala kering, coba gunakan minyak kelapa pada rambut Anda. Manfaatnya pun banyak, mulai dari melembapkan dan menutrisi, mengatasi masalah ketombe, hingga mengatasi masalah kutu rambut.

Baca juga: Punya Jerawat di Leher? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Cara Menanganinya

Leave a Reply