manfaat kunyit dalam mengatasi jerawat

Manfaat Kunyit untuk Atasi Jerawat

Eva Mulia – Klinik Evamulia – Perawatan WajahManfaat Kunyit untuk Atasi Jerawat – Sebenarnya, jerawat akan sangat mudah apabila ditangani dengan baik, termasuk dengan menggunakan sejumlah bahan alami untuk mengobati permasalahan jerawat. Nah, salah satunya adalah menggunakan kunyit.

Manfaat Kunyit untuk Atasi Jerawat

Mengapa harus menggunakan kunyit? Hal tersebut dikarenakan kunyit memiliki salah satu senyawa aktif bernama kurkumin yang biasa dikenal memiliki banyak manfaat, termasuk bersifat anti peradangan.

Selain itu, kunyit juga mengandung antioksidan dan anti penuaan yang dapat berfungsi pada peyakit tertentu. Apabila dikaitkan dengan permasalahan jerawat diwajah, kurkumin yang terkandung pada kunyit berperan besar dalam mengatasi penyebab dari timbulnya jerawat.

Manfaat Kunyit untuk Atasi Jerawat

Jerawat yang meradang di wajah disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes). Sementara itu, menurut penelitian dari Chemical and Pharmaceutical Bulletin, mengatakan jika zat kurkumin cukup ampuh dalam membasmi bakteri Propionibacterium acnes pada kulit hewan. Bahkan, zat kurkumin juga disebut lebih efektif dibandingkan obat jerawat yang mengandung asam azelaic.

Meski demikian, penelitian tersebut masih di ujicobakan pada kulit hewan, sehingga terdapat kemungkinan jika kurkumin pada kunyit untuk jerawat manusia tidak serupa. Apalagi lagi, sifat anti radang yang terkandung pada kunyit dan kurkumin tersebut, hingga saat ini masih belum terbukti secara ilmiah sebagai cara menghilangkan jerawat. Namun menurut beberapa ahli menuturkan jika kunyit dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi atau bekas jerawat yang telah menghitam.

Tips Menggunakan Kunyit untuk Mengatasi Jerawat

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu coba memanfaatkan kunyit untuk mengatasi permasalahan jerawat diwajah.

Menambahkannya ke Masakan

Salah satu cara yang paling mudah dalam mendapatkan manfaat dari kunyit bagi kesehatan kulit adalah dengan menggunakannya sebagai rempah dalam masakan.

Karena itulah, sudah bukan rahasia umum lagi apabila kamu menemui berbagai masakan berbumbu dasar kunyit terkenal akan kesehatannya. Kamu bisa mengolah kunyit kedalam masaka seperti sup, pepes dan kari yang bisa kamu nikmati.

Teh Kunyit

Alternatif lain yang bisa kamu coba untuk mendapatkan manfaat dari kunyit dalam mengatasi permasalahan jerawat adalah dengan meminum teh kunyit. Saat ini sudah banyak teh instan yang mengandung kunyit dan dapat kamu minum tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Tetapi jika ingin mengolahnya sendiri, kamu juga dapat membuat teh kunyit di rumah dengan tambahan madu ataupun bahan lainnya yang kamu sukai.

Suplemen Kunyit

Apabila kamu ingin lebih praktis lagi, maka suplemen kunyit merupakan solusi terbaik. Tetapi, akan lebih baik lagi apabila kamu mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan suplemen ini. Apalagi jika kamu sedang menjalani pengobatan tertentu. Hal tersebut dikarenakan kurkumin yang terkandung didalam kunyit dikhawatirkan berinteraksi negatif pada obat-obatan tertentu.

Masker Kunyit

Masker kunyit merupakan salah satu pilihan yang cukup populer ketika seorang ingin mendapatkan manfaat anti radang dari kunyit untuk kesehatan kulit, termasuk juga dalam mengatasi jerawat. Selain dapat membelinya di toko ataupun produk kecantikan yang dijual di pasaran, kamu juga dapat membuat masker ini sendiri.

Berikut cara membuatnya.

  • Pertama, campurkan setengah sendok bubuk kunyit dengan 1 sdt madu dan aduk hingga merata.
  • Setelah itu, oleskan campuran kunyit dan madu yang telah merata tadi di kulit yang bersih dan kering.
  • Lalu, diamkan masker selama 10 -20 menit dan bilas hingga bersih.

Efek Samping dari Penggunaan Kunyit Dalam Jerawat

Kunyit memang salah satu bahan alami, tetapi bukan berarti aman dan cocok untuk digunakan oleh semua orang. Pasalnya, para peneliti mengemukan fakta bahwa mengoleskannya secara langsung ke kulit yang sedang berjerawat, dapat menimbulkan efek samping seperti kulit memerah, gatal-gatal serta melepuh.

Karena itulah, sebelum kamu menggunaka obat alami jerawat, sebaiknya uji cobakan terlebih dahulu kecocokan rempah ini dengan kulitmu. Kamu bisa mencoba melakukannya dengan mengoleskan kunyit dibawah lengan selama 24-34 jam. Lalu, lihat apakah muncul reaksi negatif aatau tidak.

Jika  tidak terjadi iritasi ringan atau terasa gatal pada kulitmu, maka sebaiknya kunyit tidak diaplikasikan ke wajah atau bagian kulit lainnya. Selain itu, kunyit juga dapat meninggalkan noda kuning yang cukup sulit hilang pada kuku dan kunyit. Tetapi meski begitu, kamu bisa membersihkannya denga menggosokan beberapa kali bagian yang terkenda noda tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *