image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

manfaat vitamin A untuk kecantikan kulit

Manfaat Vitamin A untuk Kecantikan Wajah dan Kulit

Eva Mulia – Klinik Evamulia – Perawatan Wajah – Manfaat Vitamin A – Vitamin tentunya sangat penting dalam menjaga kesehatan, penampilan serta fungsi kulit agar tetap optimal. Mengonsumsi makanan padat nurtisi, vitamin dan menggunakan produk yang mengandung vitamin semuanya memiliki manfaat untuk tubuh. Selain dapat membantu tubuh tampil prima, vitamin juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, psoriasis dan efek photoaging atau penuaan dini.

Nah berikut ini dalah berbagai bentuk vitamin A dan bagaimana caranya agar dapat memberikan manfaat pada kulit.

Manfaat Vitamin A untuk Kecantikan Wajah dan Kulit

Apa itu vitamin A?

Vitamin A merupakan nutrisi yang sangat penting dalam mendukung kesehatan kulit, mata, reproduksi serta fungsi kekebaan tubuh. vitamin A berasal dari dua sumber, sumber yang berasal dari hewan yang disebut dengan retinoid dan sumber yang berasal dari tanaman yang disebut karotenoid.

Kulit merupakan organ tubuh yang sangat reponsif terhadap retinoid, sehingga mampu dengan mudah menyerap vitamin A ketika dioleskan. Retinol akan merangsang produksi sel kulit baru, jika tanpa retinol maka kulit bisa menjadi sangat kering.

Menurut penelitian yang dilaporkan dalam Clinical Interventions in Aging Trusted Source, defisit retinol juga dapat menyebabkan hiperkeratosis folikel, suatu kondisi yang ditandai dengan terlalu banyak keratin pada folikel rambut. Hal ini menyebabkan terbentuknya papula di kulit.

AAD atau biasa disingkat American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan retinoid topikal untuk mengobati jerawat baik pada remaja maupun orang dewasa.

Selain itu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Pharmaceutics and Biopharmaceutics Trusted Source menyatakan bahwa diet tinggi karotenoid, seperti beta-karoten, dapat mencegah kerusakan sel, penuaan kulit dini, dan penyakit kulit lainnya.

Retinoid dapat ditemukan pada produk hewani, seperti:

  • Ikan salmon
  • Hati sapi
  • Produk susu, seperti susu, mentega, dan keju cheddar
  • Telur
  • Ikan
  • Minyak ikan cod
  • Udang

Karotenoid dapat ditemukan pada produk tumbuhan, seperti:

  • Wortel
  • Tomat
  • Ubi jalar
  • Sayuran berdaun hijau
  • Buah-buahan, seperti mangga, dan lain-lain.

Kebutuhan Vitamin A

Dikutip dari National Institutes of Health, Kebutuhan akan Vitamin A seriap orang ternyata berbeda-beda. Kondisi ini disesuaikan dengan usia serta kegiatan masing-masing setiap orang. Asupan vitamin A yang dianjurkan untuk setiap orang yang berusia diatas 14 tahun antara 700-900 mikrogram. Sedangkan untuk wanita hamil dan menyusui, disarankan memenuhi kebutuhan vitamin A sebanyak 1200 hingga 1300 mikrogram, setara dengan aktivitas retinol perharinya.

Sedangkan bayi dan anak-anak yang berusia dibawah 14 tahun, kebutuhan vitamin A lebih rendah dari 700 mikrogram.

Manfaat Retinol untuk Kecantikan

Retinol merupakan turunan sintetik yang didapatkan dari vitamin A, sekelompok vitamin yang mudah larut dalam lemak. Pada umumnya, kandungan ini terdapat pada wortel, telur, dan kentang manis. Saat ini, sudah banyak terdapat macam-macam retinol yang dapat digunakan seperti tazarotene, bexarotene, tretinoin, dan adapalene. Beberapa produk tersebut dapat mengatasi permasalah pada kulit.

Nah, ketika retinol diaplikasikan secara topikal, kandungan didalamnya akan dibuah menjadi asam retinoat oleh enzim yang terdapat pada kulit. Selain itu, Asam retonoat juga dapat dioleskan, tetapi jauh lebih keras sifatnya dibandingkan serum atau krim dari retinol. Hal tersebut dikarenakan, asam retinoat tidak dapat diubah secara alami dalam waktu yang lama.

Retinol dapat bekerja untuk perawatan kulit dengan cara membantu tubuh dalam mempercepat regenerasi kulit serta meningkatkan produksi kolagen. Sehingga, tubuhmu mendapatkan hasil yang maksimal terkait kecantikan pada wajah dan kulit. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan retinol secara rutin yang dapat kamu rasakan.

Melawan Hiperpigmentasi

Manfaat pertama dari penggunaan retinol dalam kecantikan kulit adalah dapat melawan hiperpigmentasi. Produk ini akan membantu membuat kulit menjadi lebih bersinar, menghilangkan bintik-bintik gelap yang sebelumnya pernah timbul. Tetapi, kamu harus memilih antara retinol atau vitamin C, karena dapat bentrok dan manfaatnya menjadi hilang. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan produk yang kurang kuat diawalnya, tujuannya agar kulit dapat menyesuaikan.

Mengatasi Rosacea

Rosacea merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada wajah, dan kondisi ini ditandai dengan timbulnya kemerahan pada kulit. Ternyata, penggunaan retinol secara rutin dapat mengatasi gangguan ini.

Namun, sebelum mengapliaplikasikannya, akan lebih baik apabila kamu meminta saran atau berkonsultasi terlebih dahulu ke ahli perawatan kulit untuk memastikan jika kulitmu cocok. Selain itu, gunakan pelembab sebelum mengaplikasikan produk ini, tujuannya untuk mengurangi dampak yang mungkin akan terjadi.

Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Manfaat lain dari retinol yang orang lain banyak mengetahuinya adalah mencegah tanda-tanda penuaan. Produk ini telah terbukti bermanfaat dalam memeperlambat dan membalikan tanda-tanda penuaan. Hal tersebut terjadi dikarenakan kandungan antioksidan di dalamnya dapat membuat wajah menjadi lebih cantik dan awet muda.

Menghilangkan Jerawat

Jerawat yang muncul pada area wajah juga dapat menghilang dengan penggunaan retinol secara rutin. Pasalnya, produk ini dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit, mengangkat sel kulit mati serta membuat pori-pori menjadi lebih kecil. Selain dapat mengatasi permasalahan jerawat, sumber vitamin A ini juga dapat meringankan bekas jerawat pada wajah.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan dari penggunaan retinol secara rutin dalam merawat kecantikan wajah dan kulit. Dengan menerapkan produk tersebut, diharapkan hasil yang di inginkan akan tercapai. Sehingga, paparan sinar dari kecnatikanmu akan lebih terlihat oleh orang lain, terutama orang yang spesial.

Leave a Reply