Manfaat Kunyit Putih

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Kunyit Putih

Evamuliaclinic – Manfaat Kunyit Putih – Kunyit merupakan bahan makanan yang sering ditemukan dalam masakan. Manfaat yang dikandungnya juga banyak, dan tanpa disadari kita sering menggunakannya. Inilah manfaat kunyit yang pernah Anda ketahui.

Sebagai orang Indonesia, tentunya Anda tidak asing dengan kunyit. Manfaat kunyit yang luar biasa ini berasal dari kurkumin, senyawa bioaktif yang bersifat anti-inflamasi dan bertindak sebagai antioksidan. Sebagai bonus, kunyit yang kadang kita kenal selama ini bisa jadi kunyit kuning. Tahukah Anda bahwa kunyit putih juga ada? Manfaat kunyit putih untuk kesehatan banyak digunakan untuk kesehatan dan kecantikan.

Kunyit putih adalah rempah asli Indonesia dengan nama yang cocok untuk wajah dan kesehatan. Kunyit putih merupakan salah satu jenis tumbuhan yang biasa digunakan sebagai obat dan memiliki bau yang khas. Semua bagian kunyit putih ini bisa digunakan, mulai dari akar, minyak dan daunnya. Kunyit jenis ini memiliki daging buah yang lebih halus dan rasanya sangat mirip dengan jahe, meski meninggalkan rasa pahit.

Berikut ini beberapa manfaat kunyit putih dan kunyit asam untuk wajah dan kesehatan.

Manfaat kunyit putih

Manfaat kunyit putih selain untuk kecantikan tentunya untuk kesehatan. Karena pada dasarnya tanaman ini mengandung banyak sekali kandungan yang cocok untuk pengobatan suatu penyakit. Nutrisi dan antioksidan dalam kunyit putih diketahui sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Manfaat kunyit putih untuk kesehatan dan kecantikan sangat besar, meskipun lebih sulit ditemukan daripada kunyit kuning biasa.

Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat kunyit putih yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan manfaat ini telah dikenal selama bertahun-tahun ketika kunyit putih digunakan sebagai obat untuk masalah pencernaan.

Minyak atsiri kunyit putih memiliki manfaat dalam mengobati cacingan, kembung, kolik, kejang otot, nafsu makan menurun, lidah pahit, dan jarang buang air besar. Selain itu, kunyit putih adalah bantuan alami dalam menghindari radang usus karena stres.

Antimikroba dan antijamur

Manfaat kunyit putih selanjutnya adalah sebagai antimikroba dan antijamur yang ampuh. Penelitian bahkan telah dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak kunyit putih dapat melawan berbagai bakteri patogen.

Bakteri seperti E. coli yang menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti diare dan keracunan makanan dan Staphylococcus aureus yang menyebabkan bisul, impetigo, selulitis, sepsis dan osteomielitis. Selain itu, manfaat kunyit putih dapat melawan infeksi jamur Aspergillus dan Candida. Anda juga bisa menggunakan kunyit putih sebagai obat kumur yang dapat mengurangi bakteri jahat di mulut Anda.

Pereda nyeri

Sifat analgesik yang lebih baik dari aspirin membuat kunyit putih juga berguna dalam membantu menghilangkan rasa sakit. Karena mengandung senyawa alami rempah-rempah Indonesia yang telah digunakan sejak zaman nenek moyang kita untuk mengobati penyakit usus (ulcerative colitis).

Anti-inflamasi

Manfaat lain dari kunyit putih adalah sebagai anti inflamasi. Ini terkait dengan kandungan diuretiknya. Oleh karena itu, dipercaya bahwa rempah-rempah ini dapat mengatasi nyeri sendi akibat rematik dan radang sendi. Sifat kunyit putih mempromosikan penghapusan zat, terutama dari tubuh dan kelebihan cairan, di persendian.

Jika tidak ada detoksifikasi, dapat menyebabkan peradangan dan nyeri pada radang sendi dan rematik. Bahkan kunyit putih juga bisa menjadi penangkal racun ular, karena ekstraknya bekerja dengan aktivitas bisa ular.

Sebagai obat alergi alami

Manfaat kunyit putih selanjutnya adalah obat alergi alami. Kunyit putih mengandung senyawa kurkuminoid yang bermanfaat sebagai anti alergi dan telah terbukti dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit. Kunyit bertindak sebagai antihistamin untuk memblokir aktivitas protein inflamasi dan mencegah histamin, bahan kimia yang memicu reaksi alergi.

Manfaat Kunyit untuk Wajah

Kunyit disebut-sebut sebagai makanan super, rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Komponen bioaktif ini, yang bersifat anti inflamasi dan berfungsi sebagai antioksidan, membuat kunyit kuat dalam memberikan kilau sehat pada kulit. Berikut manfaat kunyit untuk wajah.

Mencerahkan Wajah

Kandungan, vitamin dan nutrisinya yang dikenal sangat baik membantu kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat. Gunakan masker secara teratur dan sistematis sekali atau dua kali seminggu. Pastikan untuk menggunakan bubuk kunyit alami untuk kulit bercahaya maksimal.

Pengobatan jerawat

Kunyit dikatakan sebagai bumbu yang baik sebagai antioksidan dan anti jerawat. Jika Anda memiliki masalah jerawat yang terus-menerus, cobalah menggunakan kunyit untuk perawatan alami di rumah. Gunakan masker bubuk kunyit sebelum Anda mandi dan biarkan selama sekitar 15 menit. Lakukan ini secara teratur 2-3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Menghilangkan komedo dari bekas jerawat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit juga berperan dalam kesehatan jaringan kulit dan produksi kolagen. Inilah mengapa kunyit diketahui dapat memudarkan jaringan parut akibat luka dan bekas jerawat. Sifat anti-inflamasinya juga membuat kunyit efektif dalam mencegah dan menyembuhkan jerawat.

Membawa kesegaran pada kulit

Bubuk kunyit murni digunakan sebagai masker wajah yang dapat membantu Anda memiliki kulit wajah yang lebih segar dan cerah. Untuk kulit, gunakan bubuk kunyit putih sebagai masker air mawar. Campur juga bubuk kunyit putih dengan susu dan yogurt untuk masker yang lebih segar dan nyaman digunakan.

Mengatasi jerawat batu

Menurut Journal of American Chemical Society, kunyit mengandung berbagai macam sifat antioksidan, antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi. Yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat batu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *