Kandungan Green Tea

Benarkan Kandungan Green Tea Efektif dalam Mengatasi Jerawat?

Evamuliaclinic Kandungan Green Tea – Teh telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Salah satu jenis teh yang terkenal khasiatnya adalah teh hijau atau green tea. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi seperti katekin, polifenol, dan senyawa alami lainnya, teh berry memiliki banyak manfaat untuk kulit. Tak heran jika teh ini sering digunakan sebagai obat jerawat alami. Namun, seberapa efektifkah manfaat teh hijau dalam mengobati jerawat? Lihat penjelasan di bawah ini.

Mengenal kandungan teh hijau

Jenis teh seperti teh hitam, teh hijau, dan teh oolong berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia sinensis. Yang membedakan satu jenis teh dengan yang lain adalah cara pengolahannya. Hal inilah yang membuat setiap jenis teh memiliki warna dan rasa yang berbeda.

Untuk teh hijau atau green tea dikukus dan dikeringkan dengan proses yang sangat cepat. Hal ini untuk mencegah warna daun berubah menjadi coklat. Teh hijau memiliki potensi terbaik untuk kesehatan karena memiliki kandungan antioksidan polifenol paling tinggi.

Manfaat teh hijau untuk kulit wajah

Banyak produk perawatan kulit yang menggunakan teh hijau sebagai salah satu bahannya. Hal ini wajar karena teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah.

1. Menyeimbangkan Kadar Minyak

Teh hijau dapat menyeimbangkan kadar minyak di wajah. Ketika kulit di wajah Anda terlihat, wajah Anda akan menghasilkan sebum berlebih yang dapat menyumbat pori-pori Anda. Ini akan memunculkan tombol dan jerawat. Kandungan alami dari hijau ini dapat membantu mengurangi sebum berlebih pada kulit. Selain itu, teh hijau dapat membantu mengatasi pori-pori tersumbat kemudian membuka pori-pori dengan mencegah partikel polutan masuk ke dalam kulit.

2. Mencegah penuaan dini

Kaya akan antioksidan, teh hijau bisa menjadi anti penuaan alami yang membantu melawan penuaan dini, terutama pada wajah. Anda bisa menggunakan masker wajah alami atau produk perawatan kulit dengan bahan teh hijau. Jangan khawatir karena kandungan ini aman untuk semua jenis kulit.

3. Melembabkan kulit wajah

Antioksidan dalam teh hijau akan menghidrasi kulit lebih baik. Kulit yang sangat kering juga bisa terhidrasi dan dirawat lebih lanjut setelah dirawat dengan teh hijau. Teh hijau juga kaya akan vitamin seperti vitamin B2 dan vitamin E, yang menjaga hidrasi dan elastisitas pada kulit. Kandungan vitamin E dalam teh hijau membantu menghidrasi kulit dan bertindak sebagai emolien yang efektif untuk mencegah dehidrasi kulit.

4. Menyamarkan kantung mata

Anda bisa menyembunyikan kantung di bawah mata dengan teh hijau. Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit atau menggunakan teh hijau secara langsung. Caranya mudah, coba gunakan teh hijau celup yang sudah diseduh lalu tempelkan di area mata. Anda bisa melakukan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

5. Mengatasi jerawat

Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat mengurangi produksi minyak berlebih. Selain itu, kandungan vitamin C pada teh hijau juga efektif untuk mengurangi peradangan akibat jerawat. Teh hijau memiliki manfaat detoksifikasi alami yang membuat kulit lebih bersih, sehat dan segar.

Seberapa Efektifkah Kandungan Green Tea dalam Mengatasi Jerawat?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa teh hijau kaya akan antioksidan polifenol yang dapat melindungi kulit dan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan teh hijau dapat membantu mengobati jerawat karena mengurangi peradangan kulit. Teh hijau mengandung polifenol yang disebut katekin, yang baik untuk jerawat. Katekin ini bersifat antioksidan dan juga anti inflamasi. Meski kandungan teh hijau tidak sepenuhnya dibersihkan, teh hijau bisa sedikit mengurangi peradangan, terutama di zona T.

Kandungan teh hijau juga bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Zat antibakteri dalam teh hijau dapat melawan bakteri penyebab jerawat seperti propionibacteria acnes, propionibacteria granulosum, dan staph. Meski begitu, penyebab jerawat bukan hanya bakteri, ada faktor lain seperti sel kulit mati dan minyak berlebih di wajah.

Manfaat teh hijau sudah tidak diragukan lagi. Walaupun kandungan ini sangat membantu Anda dalam mengatasi jerawat, namun Anda juga bisa mengombinasikannya dengan bahan-bahan lain karena kandungan ini tidak bisa sepenuhnya membantu Anda untuk mengatasi masalah jerawat di wajah Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menghiandari kebiasaan-kebiasaan yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *