image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

fungal acne

Mengenal Fungal Acne, Masalah Kulit yang Mirip Seperti Jerawat

Eva Mulia – Bila Anda memiliki jerawat yang tak kunjung sembuh, meskipun sudah melakukan berbagai cara mulai dari skincare, obat tradisional, sampai membuat racikan dari bahan-bahan alami. Tetapi semuanya tidak mendatangkan efek yang signifikan pada kulitmu. Ada kemungkinan besar bahwa yang sedang Anda alami bukanlah jerawat melainkan fungal acne. Lantas, apa itu fungal acne dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, kenali lebih jauh tentang fungal acne dan penyebab kulitmu tidak bereaksi terhadap obat jerawat.

Apa Itu Fungal Acne?

Fungal acne adalah sebutan untuk kondisi kulit yang mirip dengan jerawat, yakni pityrosporum folliculitis atau malassezia folliculitis. Meskipun terlihat sama, namun perbedaan utama antara fungal acnes dan jerawat terletak dari penyebabnya. Jerawat biasanya disebabkan oleh bakteri, sedangkan fungal acne muncul akibat infeksi ragi pityrosporum di kulit. Sebenarnya infeksi ini sudah ada di kulit setiap orang, tetapi bisa masuk ke dalam folikel dalam situasi tertentu. Seperti saat suhu sangat panas, keringatan, atau ketika cuaca lembap.

Infeksi ini akan berubah menjadi bintik-bintik putih di kulit yang terlihat sangat mirip dengan jerawat. Biasanya fungal acne berada di kulit kepala, wajah, dan tubuh bagian atas seperti dada. Ketika kulit berminyak dan berkeringat, kemungkinan fungal acne akan semakin banyak muncul.

Kandungan Skincare yang Harus Dihindari

Biasanya skincare yang kita pakai bisa menyebabkan jerawat jamur, ada beberapa kandungan skincare yang wajib kita hindari untuk meminimalisir jerawat jamur semakin parah. Seperti Undecylenic Acid, Lauric / Dodecanoic, Tridecylic, Stearic / Octadecanoic, Oleic / Octadecenoic, Linoleic, Polysorbate, kandungan hasil fermentasi, dan Ester.

Untuk lebih memudahkan dalam mendeteksi kandungan Ester pada skincare, Anda bisa melihat kandungan yang berakhiran (ate) seperti Isopropyl palmitate atau Glyceril stearate.

Anda bisa mengatasi fungal acne dengan mengatur pola makan dan penggunaan skincare yang tepat. Selain itu, kurangi mengkonsumsi gula dan karbohidrat pada makanan yang kita konsumsi. Pilih dan gunakan produk dengan kandungan bakuchiol, lactic acid, salicylic acid, dan krim anti-jamur.

Baca juga: Apakah Benar Probiotik Untuk Jerawat Sangat Ampuh?

Leave a Reply