Tips Atasi Kulit Wajah Kering Secara Alami

Kulit Wajah Mengelupas, Ketahui Beberapa Penyebabnya!

Eva Mulia Clinic – Kulit Wajah Mengelupas – Pengelupasan kulit wajah bisa dialami oleh siapa saja, tanpa memandang jenis kulit atau perawatan kulit yang digunakan. Pada dasarnya penyebab kulit mengelupas adalah akibat dari proses perubahan kulit. Ini adalah mekanisme kulit yang melindungi kulit bagian dalam jika terjadi sengatan matahari atau paparan panas yang ekstrim. Namun, di saat yang penuh polusi seperti sekarang ini, penyebab kulit wajah mengelupas bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti penggunaan perawatan kulit yang berlebihan, perawatan yang menggunakan bahan kimia dengan persentase yang tinggi, dengan kondisi medis tertentu. Yuk cari tahu penyebab kulit wajah mengelupas yang sering kamu alami:

Kulit Wajah Kering dan Dehidrasi

Kulit wajah kering adalah kulit wajah yang kekurangan produksi minyak alami, yang bisa menjadi penyebab kulit wajah mengelupas. Saat kulit kering, sel-sel kulit biasanya tidak mampu mempertahankan penghalang kulit, yang menyebabkan iritasi dan pengelupasan. Diperparah dengan kondisi dehidrasi yaitu kurangnya kelembaban alami pada kulit, kulit akan menjadi mudah bahkan sampai terasa perih dan gatal. Seimbangkan dengan skincare yang menghidrasi dan memperkuat skin barrier kulit, seperti ceramides, hyaluronic acid, fatty acid dan collagen.

Penggunaan Produk untuk Jerawat dan Anti-Aging

Beberapa jenis jerawat dan produk anti aging dapat menyebabkan kulit wajah mengelupas. Meski bersifat sementara, kulit wajah yang mengelupas bisa mengganggu penampilan sehari-hari. Penggunaan retinoid atau retinol dapat menyebabkan kulit wajah terkelupas dan membuat riasan sulit menempel, jadi ada baiknya menggunakan retinoid atau retinol pada kulit kering dan menggunakan pelembab. Sedangkan asam salisilat dan benzoil peroksida untuk reduksi harus dikurangi frekuensi pemakaiannya untuk mengurangi pengelupasan kulit wajah.

Treatment Peeling

Dermatologis atau dokter kulit biasanya menggunakan AHA dan BHA yang tinggi saat melakukan chemical peeling, yang bisa menjadi penyebab kulit wajah mengelupas. Pasalnya AHA dan BHA akan mengelupas sel kulit mati sehingga kulit terkelupas seminggu kemudian. Gunakan krim wajah yang mengandung silikon dan bebas pewangi untuk meredakan kulit wajah yang mengelupas.

Kulit Terbakar Matahari

Apakah Anda baru saja mengunjungi pantai atau berjemur di bawah sinar matahari? Jika iya, sengatan matahari atau sunburn mungkin menjadi penyebab kulit wajah mengelupas. Sunburn adalah kondisi kulit yang terkena sinar matahari terus-menerus sehingga kulit mati terkelupas. Biasanya diikuti dengan kemerahan, kesemutan dan peradangan. Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan gel lidah buaya atau after-sun. Jika kulit sangat nyeri dan kulit di wajah mengelupas sangat parah, segera konsultasikan ke dokter.

Reaksi Alergi

Menggunakan perawatan kulit atau riasan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan reaksi alergi seperti pengelupasan kulit wajah. Biasanya terjadi ketika alergen bertemu dengan kulit dan kemudian menyebabkan gatal, garukan, kulit kering, dan kemudian melepuh. Jika Anda mengalami hal ini, segera temui dokter kulit untuk mendapatkan pertolongan pertama yang tepat. Temukan juga bahan mentah yang mungkin menyebabkan alergi kulit.

Masalah Kulit Tertentu

Kulit wajah mengelupas tanpa ada yang jelas? Ini bisa jadi karena kulit Anda sensitive dan memiliki kondisi medis seperti eksim, psoriasis, rosacea, infeksi bakteri atau jamur, dermatitis seboroik, atau bahkan hypothyroidism. Jika Anda merasa memiliki kondisi kulit, segera temui dokter kulit untuk perawatan yang tepat. lakukan juga tes tiroid jika kulit Anda sangat kering sehingga mengelupas karena ini bisa menjadi gejala hipotiroidisme!

Leave a Comment

Your email address will not be published.