Kenali Makanan Penyebab Jerawat Berikut Ini Agar Wajah Semakin Sehat!

Eva Mulia Clinic – Makanan Penyebab Jerawat – Jerawat di wajah tampaknya disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah makanan. Kurangi konsumsi makanan ini untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah Anda, ya!

Jerawat adalah masalah kulit yang tidak ada habisnya. Pada dasarnya, jerawat memang sulit disembuhkan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mencegahnya terlebih dahulu. Nah, Anda bisa menghindarinya dengan mengurangi asupan makanan penyebab jerawat. Dengan cara ini Anda juga secara tidak langsung mencegah timbulnya jerawat. Bukannya Anda tidak boleh memakannya sama sekali, namun ada baiknya jika Anda mencoba mengurangi makanan berikut mulai sekarang.

Berikut adalah pantangan makanan penyebab jerawat yang harus Anda hindari untuk dikonsumsi.

Kenali Makanan Penyebab Jerawat Berikut Ini Agar Wajah Semakin Sehat!

Makanan manis

Makanan manis seperti kue, minuman ringan dan jus buah yang dicampur dengan susu atau gula sangat enak. Namun, makanan manis adalah salah satu makanan yang dapat menyebabkan jerawat, terutama jika menggunakan gula buatan.

Hal ini karena kandungan glukosa yang cukup tinggi memicu insulin dan menyebabkan jerawat. Jadi, mulai sekarang, usahakan untuk selalu berhati-hati dengan makanan manis yang Anda konsumsi. Jangan berlebihan dan pastikan makanannya menggunakan gula asli, karena makanan manis adalah makanan pemicu jerawat.

Kacang kacangan

Bisakah kacang menyebabkan jerawat? Tentu saja, kacang adalah salah satu penyebab tumbuhnya jerawat. Kacang tanah terkenal karena efek negatifnya yang menyebabkan jerawat.

Jadi berapa banyak kacang yang bisa menyebabkan jerawat?

Kacang tanah memiliki kandungan androgen yang sangat tinggi, yang dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Sebum adalah produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Karena produksi minyak di wajah menjadi berlebihan, maka besar potensi munculnya jerawat baru yang sulit sembuh. Dengan demikian, kacang tanah adalah salah satu makanan sebaceous yang menyebabkan jerawat.

Baca Juga:  Apa yang Menyebabkan Kulit Susah Putih? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Gorengan

Makanan selanjutnya yang bisa menyebabkan jerawat adalah gorengan. Siapa sangka jika makanan favorit ini, gorengan dapat menjadi salah satu makanan pemicu jerawat.

Memang, makanan yang mengandung terlalu banyak minyak pada dasarnya tidak baik untuk kesehatan kulit. Juga, gorengan yang diproses dengan minyak yang tidak sehat seperti minyak yang telah digunakan berulang kali.

Makanan yang digoreng ini banyak mengandung lemak tidak sehat penyebab jerawat. Ketika kelebihan lemak disimpan dalam tubuh, maka akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Sedangkan jerawat mudah berkembang karena pori-pori wajah yang sering mengeluarkan minyak.

Kopi

Kopi Ternyata konsumsi kopi yang berlebihan bisa mempengaruhi munculnya jerawat di wajah. Pasalnya, kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi dan berpotensi memicu tumbuhnya jerawat. Memang, kafein memicu produksi hormon stres oleh kelenjar adrenal, sedangkan stres bisa memicu jerawat. Jadi, Anda pecinta kopi sebaiknya mulai mengurangi minuman ini mulai dari sekarang.

Keripik kentang

Makanan yang selalu bikin ketagihan ini ternyata juga bisa menyebabkan jerawat. Keripik kentang ini memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat memicu peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh. Nah, kandungan glukosa yang tinggi dalam tubuh akan memicu munculnya jerawat di permukaan kulit.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji dianggap sebagai makanan penyebab jerawat. Ini disorot dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of European Academy of Dermatology and Venereology. Jurnal tersebut menyatakan bahwa remaja dan orang dewasa yang mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko terkena jerawat sebesar 17%. Selain itu, orang yang secara teratur makan makanan cepat saji, terutama sosis dan burger, memiliki risiko 24% lebih tinggi terkena jerawat.

Para peneliti berspekulasi bahwa makanan cepat saji dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh, sehingga memicu timbulnya jerawat. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan makan yang tidak sehat dalam konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat.

Baca Juga:  Wajah Cantik Bersinar, Ini 6 Manfaat Peeling Wajah

Produk susu mengandung protein penyebab jerawat

Protein susu yang mendorong pertumbuhan whey dan kasein dan hormon seperti insulin yang disebut IGF-1. Hormon ini diketahui memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, jika Anda masih memiliki jerawat dan ternyata Anda sering mengonsumsi produk susu, usahakan untuk tidak mengonsumsinya terlebih dahulu. Amati sebentar dan lihat apakah jerawat berkurang maka produk susu menjadi penyebab jerawat Anda selama ini.

Cokelat

Cokelat yang dimaksud di sini biasanya cokelat yang mengandung susu dan gula. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, susu dan gula adalah 2 bahan penyebab jerawat. Oleh karena itu, cokelat merupakan produk makanan yang berpotensi menimbulkan jerawat. Cokelat jenis ini bila dikonsumsi dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh bereaksi kuat terhadap bakteri penyebab jerawat.

Produk daging dan telur

Produk daging dan telur mengandung protein hewani yang sering menyebabkan reaksi ruam pada kulit yang akhirnya berujung pada jerawat. Daging yang dimaksud adalah konsumsi berlebihan ayam, kambing, daging merah (sapi).

Itulah beberapa makanan yang memicu timbulnya jerawat. Bukan berarti Anda tidak boleh memakannya sama sekali, namun cobalah untuk mengurangi asupan makanan tersebut untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah Anda.