Pakai Foundation Dulu atau Sunscreen Dulu? Panduan Lengkap untuk Merawat Kulit Anda

Eva Mulia Clinic – Foundation Dulu atau Sunscreen Dulu – Ketika datang ke dalam rutinitas perawatan kulit, seringkali kita dihadapkan pada pertanyaan yang sulit, “Pakai foundation dulu atau sunscreen dulu?” Ini adalah pertanyaan umum yang banyak orang tanyakan, dan jawabannya sebenarnya bergantung pada beberapa faktor. Di dalam artikel ini, kita akan membahas dengan rinci tentang apakah kita harus memilih menggunakan foundation sebelum sunscreen atau sebaliknya, serta mengapa urutan ini dapat memengaruhi kesehatan kulit Anda.

Pentingnya Perlindungan Matahari

Sebelum kita memutuskan urutan mana yang lebih baik, mari kita bicarakan mengapa perlindungan matahari sangat penting. Paparan sinar matahari adalah salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap kerusakan kulit seperti penuaan dini, hiperpigmentasi, dan risiko kanker kulit. Sinar UVB dan UVA dapat merusak DNA kulit Anda, dan efek ini bisa akumulatif seiring waktu.

Ketika Anda berada di bawah matahari, apakah itu sehari-hari atau hanya sesekali, kulit Anda harus dilindungi dari efek buruk sinar UV. Inilah mengapa sunscreen atau tabir surya adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Sunscreen membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan sinar matahari dan adalah langkah pertama yang harus Anda ambil sebelum mempertimbangkan penggunaan foundation.

Apakah Foundation Dulu adalah Pilihan yang Bijak?

menutupi jerawat dengan makeup

Saat Anda mempertimbangkan urutan antara foundation dan sunscreen, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Salah satunya adalah apakah Anda ingin foundation Anda memiliki daya tahan yang lebih lama. Jika ya, maka menggunakan foundation sebelum sunscreen bisa menjadi pilihan yang bijak.

Foundation cenderung lebih baik menempel pada kulit yang bersih dan kering. Jika Anda mengaplikasikan sunscreen terlebih dahulu, kulit Anda mungkin menjadi sedikit berminyak atau berkilap, tergantung pada jenis sunscreen yang Anda gunakan. Hal ini bisa membuat foundation lebih sulit menempel dan bertahan sepanjang hari. Jadi, jika Anda ingin hasil makeup yang tahan lama, pertimbangkan untuk menggunakan foundation terlebih dahulu.

Baca Juga:  Apa Saja Manfaat Baking Soda Untuk Jerawat?

Namun, ada catatan penting yang harus Anda ingat. Pastikan bahwa foundation Anda memiliki SPF yang cukup tinggi atau gunakan sunscreen terlebih dahulu untuk memberikan perlindungan ekstra. SPF yang tinggi sangat penting untuk melindungi kulit Anda dengan baik dari sinar matahari berbahaya.

Tidak Boleh Tersilakan, Sunscreen adalah Kunci

Meskipun ada situasi tertentu di mana memakai foundation terlebih dahulu bisa menjadi pilihan yang bijak, aturan umumnya adalah selalu memakai sunscreen terlebih dahulu. Ini karena perlindungan matahari adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Sunscreen membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari dan melindungi kulit dari penuaan dini.

Selain itu, penggunaan sunscreen terlebih dahulu juga membantu dalam menghadapi kondisi cuaca yang panas dan berlebihan. Ketika Anda terpapar langsung oleh sinar matahari, terutama di bawah sinar UVB yang intens, maka sunscreen akan memberikan perlindungan segera yang dibutuhkan oleh kulit Anda.

Selain itu, dengan menggunakan sunscreen terlebih dahulu, Anda memastikan bahwa kulit Anda mendapatkan perlindungan yang optimal sepanjang hari. Foundation mungkin memudar atau harus di-retouch, tetapi perlindungan sunscreen akan tetap ada.

Kesimpulan: Sunscreen Dulu adalah Pilihan Terbaik

Dalam pertanyaan “Pakai foundation dulu atau sunscreen dulu?” jawabannya adalah menggunakan sunscreen terlebih dahulu. Perlindungan matahari adalah langkah penting dalam perawatan kulit yang tidak boleh diabaikan. Ini membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan sinar matahari yang dapat menyebabkan masalah kulit serius di masa depan.

Namun, ini bukan berarti Anda harus meninggalkan foundation sama sekali. Anda masih dapat menggunakan foundation setelah menggunakan sunscreen untuk menciptakan tampilan yang sempurna. Pastikan bahwa foundation Anda memiliki SPF yang cukup tinggi untuk memberikan perlindungan tambahan.

Baca Juga:  Minyak Bunga Mawar

Dengan mengikuti urutan ini, Anda dapat menjaga kulit Anda tetap sehat dan cantik. Jadi, jangan ragu untuk mengaplikasikan sunscreen terlebih dahulu sebelum mengambil langkah selanjutnya dalam rutinitas makeup Anda. Kulit Anda akan berterima kasih atas perlindungan ekstra ini.