image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Apa Itu Ceramide - Jika Anda adalah skin care enthusiast, tentu nama ceramide sudah tidak asing lagi. Nama ini kerap muncul dalam berbagai produk perawatan kulit, mulai dari pelembap wajah, krim mata, hingga pelembap tubuh.

Manfaat Ceramide Untuk Kulit

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Apa Itu Ceramide Jika Anda adalah skin care enthusiast, tentu nama ceramide sudah tidak asing lagi. Nama ini kerap muncul dalam berbagai produk perawatan kulit, mulai dari pelembap wajah, krim mata, hingga pelembap tubuh. Lantas apa saja manfaat dari kandungan ceramide ini? Yuk, simak serba-serbi mengenai kandungan skin care populer yang satu ini!

Apa Itu Ceramide?

Ceramide adalah lipids alias lemak yang dihasilkan secara alami pada kulit. Nah, 50% dari komposisi kulit Anda adalah ceramide. Inilah yang membuat ceramide memiliki peran penting dalam melindungi kulit. Bersama dengan kolesterol dan free fatty acids, ceramide mengikat sel-sel kulit menjadi satu, membentuk lapisan pelindung yang menahan kelembapan, membuat kulit menjadi kenyal, serta menjaga kulit dari bakteri dan ancaman-ancaman kulit lainnya.

perlu Anda ketahui bahwa kulit memproduksi banyak ceramide pada usia muda. Seiring bertambahnya usia, paparan sinar matahari, hal ini disertai penggunaan produk skin care yang terlalu ‘keras’, kualitas dan kuantitas ceramide pada kulit berkurang.

Saat ceramide berkurang, skin barrier dapat rusak, menyebabkan kulit kering, kasar, muncul kerutan, iritasi, dan dehidrasi. Penggunaan produk skin care dengan kandungan ceramide dapat membantu mencukupi kadar ceramide pada kulit sehingga kulit akan tetap lembap, terhidrasi, kenyal, dan kencang.

Manfaat Ceramide Untuk Kulit

Ketika kalian menggunakan produk dengan kandungan ceramide, kebutuhan ceramide pada kulit akan terpenuhi dan beberapa manfaat berikut bisa didapatkan:

Pelindung Kulit

Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan produk dengan kandungan ceramide dapat membantu memenuhi kebutuhan ceramide yang kurang akibat faktor usia maupun lingkungan. Kadar ceramide yang terpenuhi akan membantu melembapkan kulit, menjaga kelembapan, dan memperkuat lapisan pelindung kulit.

Sebagai Anti-Aging

Penyebab terbesar munculnya masalah penuaan dini adalah faktor lingkungan seperti sinar matahari, debu, dan polusi. Untuk mencegah dampak buruk dari faktor lingkungan tersebut, kulit perlu memiliki perlindungan seoptimal mungkin. Nah, di sinilah peran ceramide yang mampu memperkuat lapisan pelindung kulit dan menahan kelembapan bekerja sebagai anti-aging.

Membantu Jenis Kondisi Kulit Tertentu

Beberapa kondisi kulit tertentu, seperti eczema dan psoriasis umumnya memiliki kadar ceramide yang lebih sedikit, bahkan cenderung kurang dibanding pada kulit normal. Oleh karena itu, penggunaan produk dengan kandungan ceramide akan membantu memenuhi kebutuhan ceramide pada seseorang dengan eczema atau psoriasis sehingga membantu mengurangi gejala yang kerap timbul seperti kulit kering, rasa gatal, kemerahan, dan iritasi.

Leave a Reply