image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

jerawat di badan

Coba Perhatikan 5 Hal Berikut untuk Mencegah Jerawat pada Bagian Badan!

Eva Mulia Klinik– Jerawat membandel tidak hanya bisa muncul di kulit wajah saja, namun bisa timbul di bagian tubuh mana saja termasuk badan. Seperti, di bagian leher, dada, dan punggung. Kemunculan jerawat di badan seringkali meninggalkan bekas yang bisa mengganggu penampilanmu. Sehingga dibutuhkan usaha ekstra untuk mengatasinya. Nah, untuk mencegah jerawat di badan, yuk simak tips mencegah jerawat di badan.

Cara Mencegah Jerawat Di Badan

1. Olahraga

jerawat di badan

Berolahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat positif, bahkan untuk kulit sekalipun. Keluanya keringat setelah berolahraga, tentu akan mengeluarkan racun-racun yang tersimpan dalam tubuh. Sehingga tubuh dan kulit menjadi lebih sehat. Namun, jika setelah berolahraga Anda tidak segera mandi atau membersihkan tubuh, maka kotoran yang terdapat dalam keringat akan memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, segera membersihkan tubuh setelah berolahraga.

2. Mandi

jerawat di badan

Cara mencegah jerawat di badan yang kedua adalah memperhatikan suhu air saat mandi. Mandi dengan air yang bersuhu tinggi atau air panas bisa membuat kulit jadi kering. Sehingga dapat menimbulkan iritasi dan jerawat. Selain suhu air, tahapan saat mandi pun harus Anda perhatikan. Bagi Anda yang sering menggunakan conditioner sambil menyabuni badan, lalu membilasnya bersamaan.

Namun yang perlu Anda ketahui bahwa residu dari sampo maupun conditioner bisa tertinggal pada kulit. Bahkan jika tidak segera dibersihkan, akan memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, bersihkan tubuh sebagai tahapan terakhir untuk memastikan tidak ada residu hair product yang tertinggal. Anda juga bisa menggunakan shower puff atau sikat punggung untuk memudahkan Anda membersihkan tubuh.

3. Handuk

jerawat di badan

Cara mencegah jerawat di badan selanjutnya adalah memperhatikan kebersihan handuk. Setelah digunakan untuk mengeringkan tubuh saat mandi, tentu handuk akan menjadi lembab. Kondisi handuk yang lembap inilah yang akan membuat bakteri menempel pada kulit, sehingga memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu pastikan handuk yang Anda gunakan kering dan jangan lupa untuk menggantinya secara berkala.

4. Penggunaan Deterjen atau Pelembut Pakaian

Cara mencegah jerawat di badan yang keempat adalah memperhatikan penggunaan detergen. Meskipun sudah dibilas dengan bersih dan kering, namun bahan-bahan yang ada dalam detergen tidak hilang begitu saja. Sebenarnya bahan tersebut tidak berbahaya, namun beberapa orang punya kulit lebih sensitif sehingga menimbulkan breakout. Biasanya, bahan di dalam detergen yang menimbulkan reaksi alergi adalah pewangi dan zat pewarna. Oleh karena itu, sebelum membeli dan menggunakannya, cobalah untuk memperhatikan kembali bahan-bahan yang terkandung di dalam detergen.

5. Seprai 

jerawat di badan

Tanpa Anda sadari, kotoran, bakteri, minyak, sel kulit mati, bahkan debu semakin lama akan menumpuk pada kasur. Terlebih jika Anda mempunyai kebiasaan untuk tidur dengan tubuh berkeringat, pakaian kotor, atau makan di atas kasur. Bisa Anda bayangkan betapa kotornya permukaan kasur Anda. Sehingga, bukan tidak mungkin saat Anda bersadar di atasnya, kulit pun terpapar bakteri sehingga menyebabkan jerawat. Agar terhindar dari hal tersebut, solusinya cukup mudah. Anda hanya perlu mengganti seprai secara rutin, paling tidak 2 minggu sekali dan kurangi kegiatan yang bisa membuat kasur menjadi cepat kotor seperti makan di atasnya.

Baca juga: Bekas Jerawat Kemerahan Terasa Mengganggu? Berikut Ini Cara Mengatasinya

Leave a Reply