image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

penuaan dini

Penuaan Dini : Tanda, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Eva Mulia– Penuaan adalah proses alami yang setiap orang akan melaluinya. Penuaan kulit disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup, pola makan, keturunan, dan kebiasaan pribadi lain. Misalnya, merokok bisa menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas ini terbentuk dari molekul oksigen yang sebelumnya sehat, menjadi overaktif dan tidak stabil. Sehingga kemampuan sel-sel tubuh untuk menghancurkan radikal bebas bisa menyebabkan penuaan dini.

Selain itu, penuaan kulit juga disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi, serta hilangnya jaringan penyokong di bawah kulit (jaringan subkutan). Bahkan penuaan kulit juga bisa disebabkan oleh stres, pergerakan wajah, gravitasi, obesitas, bahkan posisi tidur.

Tanda-Tanda Penuaan Kulit

penuaan dini

Ada 3 tanda utama dari penuaan kulit secara umum. Dimana masing-masing mempengarugu tampilan wajah dengan cara yang berbeda.

1. Kerutan

Penuaan dini yang pertama adalah munculnya kerutan di sudut luar mata. Setelah Anda mengalami tanda-tanda penuaan ini, Anda harus mulai memakai krim malam untuk memastikannya tidak terlalu menonjol.

2. Kulit Kendur

Kelelahan kulit juga bisa dianggap sebagai bagian alami dari proses penuaan. Hal ini menyebabkan hilangnya elastisitas kulit, tanda penuaan ini bisa membuat kulit tampak kendur. Selalu waspada terhadap tanda penuaan dini ini, karena perawatan dini bisa membuat berbeda dengan penampilan kulit Anda.

3. Garis Halus

Biasanya garis halus akan muncul pada usia 30 tahun keatas. Garis halus pada kulit wajah disebabkan karena kerusakan kolagen dan elastin pada kulit Jika kondisi tersebut tidak ditangani, maka garis halus akan terlihat seiring bertambahnya usia.

4. Keriput

Keriput adalah lipatan kulit yang terbentuk seiring bertambahnya usia. Biasanya wanita mulai muncul keriput pada kulit mereka dari usia 25 tahun. Tetapi, beberapa faktor seperti kerusakan akibat sinar matahari dan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan minum, bisa menyebabkan keriput dini.

5. Bintik-Bintik Gelap

Paparan sinar matahari secara terus menerus pada kulit dapat menyebabkan munculnya bintik hitam. Sebagian besar bintik-bintik ini tidak berbahaya, namun beberapa bisa menjadi bentuk yang mematikan. Oleh karena itu, hindari paparan sinar matahari pada umur 20-an.

Penyebab dan Cara Mengatasi Penuaan Kulit

Berikut adalah 5 kebiasaan yang bisa mempercepat penuaan kulit dan cara mengatasinya.

1. Tidak Melindungi Kulit dari Sinar UV

Paparan sinar UV dapat merusak jaringan elastis pada kulit. Hal ini bisa membuat kulit menjadi mudah keriput sebelum waktunya. Selain itu, paparan sinar UV dapat memicu produksi bintik-bintik penuaan berwarna kecokelatan pada wajah, tangan serta bagian tubuh lain yang sering terkena sinar matahari.

Agar terhindar dari bahaya sinar matahari, Anda bisa menggunakan tabir surya yang dilengkapi SPF minimal 15 tiap kali sebelum beraktivitas di luar ruangan. Sebaiknya gunakan tabir surya pada pukul 11.00 hingga 15.00, baik pada cuaca panas atau mendung. Anda juga bisa menggunakan pakaian yang menutupi kulit, topi, payung, dan kacamata hitam.

2. Merokok

Selain berdampak buruk pada kesehatan, merokok juga bisa memengaruhi penampilan Anda. Biasanya para peroko akan lebih cepat mengalami penuaan dini karena adanya kerusakan jaringan tubuh oleh zat-zat beracun pada rokok, dan terjadi hambatan peredaran darah ke wajah. Hal tersebut tentu akan mempercepat timbulnya keriput dan membuatnya terlihat lebih jelas, serta rona wajah menjadi kusam. Oleh karena itu, berhentilah merokok agar kulit tetap awet muda.

3. Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol sudah terbukti bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan jaringan kulit akibat efek radikal bebas. Efek ini akan semakin terlihat jika Anda sering terpapar sinar UV, stres berlebihan, dan tidak menjaga pola makan yang baik. Bahkan alkohol juga bisa menurunkan kadar vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C, di dalam tubuh. Ketiga vitamin tersebut adalah antioksidan yang penting untuk regenerasi sel baru. Oleh karena itu, sebaiknya ganti kebiasaan minum alkohol dengan perbanyak minum air putih.

4. Pola Makan Buruk

Pola makan juga bisa mempengaruhi kondisi kulit Anda. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang buruk bisa menyebabkan penuaan dini. Ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu penuaan dini seperti karbohidrat olahan (roti atau pasta) dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula. Kedua jenis makanan ini bisa merusak kolagen pada kulit.

Adapun jenis makanan lainnya yang sebaiknya dibatasi, seperti kue-kue manis, gorengan, makanan cepat saji, dan daging berlemak. Sebaiknya, perbanyaklah makanan yang kaya antioksidan. Anda bisa menemukan antioksidan pada brokoli, wortel, teh hijau, kacang-kacangan, anggur.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk bisa berdampak buruk pada kesehatan dan mengakibatkan penuaan dini kulit. Kebiasaan kurang tidur bisa mempengaruhi penampilan seseorang sehingga terlihat kurang segar.

Baca juga: 10 Makanan Anti Aging yang Bisa Mencegah Proses Penuaan

Leave a Reply