Jerawat Batu Bernanah

Jerawat Batu Bernanah dan Cara Mengobatinya

Jerawat kistik bernanah adalah salah satu jerawat paling berbahaya. Selain merupakan salah satu jenis jerawat membandel yang dapat menempel di anggota tubuh kita, pengobatannya juga tidak mudah. Nah, berikut kami akan mengupas secara mendalam jerawat batu bengkak bernanah. Berikut ulasannya!

Jerawat bernanah

Berikut ulasan jerawat bernanah dengan batu bengkak, diantaranya:

Apa itu jerawat batu bernanah?

jerawat bisa ditemukan di area manapun di tubuh kita, entah itu di wajah, punggung, leher, dada, atau bahu. Jenis jerawatnya pun beragam, seperti komedo hitam, komedo putih, papula, jerawat kecil, jerawat batu, bahkan nanah. Jerawat kistik bengkak adalah jerawat yang memiliki nanah pada ekstremitas. Nanah pada jerawat batu disebabkan oleh infeksi yang muncul di tubuh Anda. Ketika sel darah putih mencoba melawan infeksi, mereka menghasilkan campuran cairan yang terkontaminasi kuman yang mengandung sel darah putih mati dan kemudian berubah menjadi nanah. Saat nanah berada di bawah kulit atau pori-pori kulit, inilah yang menyebabkan nanah membengkak pada jerawat batu. Jadi, munculnya nanah menandakan adanya infeksi jamur atau bakteri.

Penyebab jerawat bernanah

Jerawat kistik bernanah disebabkan oleh beberapa aspek.

  • Pertama, jerawat kistik yang meradang dan bernanah adalah akibat dari perubahan hormonal ketika seorang wanita melewati masa pubertas, sedang dalam siklus menstruasi, sedang hamil, dan mulai atau berhenti menggunakan kontrasepsi. Hormon berperan dalam meningkatkan produksi minyak, yang memicu penyumbatan kulit mati dan pori-pori.
  • Hormon juga dapat meningkatkan dan memicu kelenjar keringat karena disebabkan oleh stres yang dialami oleh mereka yang menderitanya. Ketika kelenjar keringat meningkat, sebum menjadi tidak terkendali dan menyebabkan jerawat kistik.
  • Riwayat keluarga juga mempengaruhi adanya jerawat kistik, nanah bengkak di ekstremitas kita. Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat jerawat kistik purulen, maka kemungkinan anak juga akan mengalami jerawat yang sama.
  • Jerawat jenis ini juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk penyebab jerawat, seperti tidak menjaga kebersihan wajah. Juga, jika kosmetik atau perawatan kulit digunakan secara tidak benar.
  • Makanan sembarang yang kita konsumsi juga dapat mempengaruhi munculnya jerawat, batu bernanah, mengalir di tubuh kita.

Cara mengobati jerawat bernanah

Ada banyak cara untuk mengobati dan menghilangkan jerawat batu bengkak bernanah yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Minyak pohon teh atau tea tree oil memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus. Minyak ini dioleskan pada jerawat, nanah bengkak, yang sebelumnya dicampur dengan air. Manfaat bawang putih untuk jerawat efektif mencegah jerawat secara alami. Bawang putih mengandung belerang, juga dikenal sebagai thiacremonone. Belerang dapat membantu meredakan jerawat kistik yang bengkak dan bengkak.

Cara menghilangkan jerawat bawang putih dengan menumbuk 3-4 siung bawang putih hingga halus. Kemudian tambahkan air dan oleskan pada jerawat yang bengkak. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Khasiat jerawat madu efektif membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi risiko radang jerawat, batu meradang, dan nanah. Langkah pertama adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian, dengan kapas, oleskan madu ke bagian tubuh yang mengalami kista yang meradang disertai nanah. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Dengan melakukannya secara rutin, jerawat batu bengkak berisi nanah pasti akan segera sembuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *