Kesalahan Saat Mencuci Muka

Kesalahan Saat Mencuci Muka yang Bisa Ganggu Kulit Wajah

Eva Mulia Clinic – Kesalahan Saat Mencuci Muka – Mencuci wajah secara teratur merupakan salah satu bagian terpenting dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Paparan debu dan kotoran yang menyumbat pori tidak bisa dibersihkan dengan rajin hanya dengan mencuci muka saja. Ini merupakan bagian dari perawatan kulit dasar sebelum melanjutkan dengan langkah perawatan lainnya. Jika Anda mencuci muka secara langsung dan sembarangan, rangkaian belakangnya mungkin tidak memberikan hasil terbaik.

Kesalahan Saat Mencuci Muka yang Bisa Ganggu Kulit Wajah

Sejauh ini, semua orang sepertinya tahu cara mencuci muka: basahi wajah, tuangkan pembersih wajah biasa, gosokkan ke wajah, lalu bilas dan keringkan.

Namun, tahukah Anda bahwa ada kesalahan dalam mencuci wajah yang mungkin sering Anda lakukan secara tidak sengaja atau tidak sadar? Apa kesalahan yang dimaksud? Simak ulasanya berikut ini

Terlalu sering mencuci muka

Kesalahan pertama saat mencuci muka yang sering tidak Anda sadari adalah melakukannya terlalu sering. Anda mungkin berpikir bahwa semakin sering Anda mencucinya, semakin bersih wajah Anda.

Padahal, terlalu sering mencuci muka bisa menyebabkan lapisan minyak alami yang menjadi milik kulit wajah menghilang. Akibatnya, kulit akan menjadi kering.

Bagi pemilik kulit wajah kering, cukup mencuci muka sehari sekali. Jika Anda melakukan ini beberapa kali dalam sehari, maka kulit akan lebih kering dan akibatnya akan menimbulkan kerutan. Sedangkan bagi pemilik wajah berminyak, cukup dengan mencuci muka dua kali sehari.

Jangan lakukan ini lebih dari dua kali karena dapat menyebabkan kulit mengering. Jika demikian, sifat kulit akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk menyeimbangkannya. menghasilkan wajah akan mudah. Mulai sekarang, kurangi mencuci wajah terlalu sering, ya!

Menggunakan air yang terlalu dingin atau terlalu panas

Suhu air yang digunakan untuk mencuci wajah seringkali disepelekan. Sedangkan menggunakan udara yang terlalu dingin atau terlalu panas tidak baik karena dapat merusak pembuluh darah kapiler di kulit dan dapat menyebabkan masalah kulit. Mencuci wajah dengan air panas atau terlalu hangat dapat memperlebar pembuluh darah dan merusak jaringan halus.

Jika dilakukan terlalu sering, kulit wajah bisa menjadi kusam. Sedangkan mencuci muka dengan air es juga tidak bermanfaat bagi kulit wajah. Oleh karena itu, gunakan air suhu normal. Jika ingin menggunakan air panas, silakan gunakan untuk mencuci, sedangkan untuk membilas gunakan air bersuhu normal.

Hapus sisa riasan dengan pembersih wajah

Kesalahan dalam mencuci wajah yang jarang dilakukan adalah menggunakan pembersih wajah untuk menghilangkan sisa riasan. Setelah berdandan selama sehari, menggunakan alas bedak, dll, wajah harus dibersihkan agar tidak ada sisa riasan yang tertinggal.

Namun, alih-alih membersihkannya dengan mencuci muka, sebaiknya hapus dulu riasan dengan micellar water.

Selain micellar water, sisa riasan kamu juga bisa dibilas dengan makeup remover oil. Saat sisa riasan sudah benar-benar hilang, tidak ada minyak yang tersisa di wajah hingga ke leher, Anda bisa membilasnya dengan pembersih wajah. Intinya, Anda tidak merasa harus menghapus sisa riasan hanya dengan mencuci muka.

Lakukan eksfoliasi terlalu sering dan dalam waktu lama

Pengelupasan kulit adalah bagian dari perawatan wajah dan sangat membantu dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Proses ini sangat penting untuk menjaga wajah Anda tetap bersih dan berkilau. Karena tumpukan kulit mati di wajah bisa membuatnya kusam dan menimbulkan jerawat.

Produk eksfoliasi umumnya berbentuk scrub, yaitu butiran kasar yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru secara bersamaan.

Pengelupasan kulit sama pentingnya dengan mencuci muka, tetapi jangan terlalu sering. Cukup lakukan eksfoliasi setidaknya sekali atau dua kali seminggu. Selain tidak terlalu sering, hindari pengelupasan kulit wajah dalam waktu lama, karena bisa membuat kulit merah dan gatal. Ingatlah untuk juga mencuci atau mengelupas zona T.

Kesalahan saat memilih pembersih untuk wajah Anda

Kesalahan saat mencuci muka mungkin berawal dari pemilihan pembersih wajah yang salah. Ubah kebiasaan memilih sabun wajah berdasarkan asal: asal putih, asal mengkilat, dll. Mulai sekarang perhatikan kesesuaian sabun wajah dengan jenis kulit Anda. Setiap jenis kulit membutuhkan perawatan yang berbeda, dimulai dari pembersih wajah.

Pembersih wajah untuk kulit berminyak pasti tidak cocok untuk jenis lainnya. Bila dipaksakan, berbagai masalah bisa muncul, seperti jerawat, kulit di wajah menjadi kasar dan kering, kulit tertarik bahkan iritasi. Masalah-masalah ini akan minimal jika bahan-bahan dalam pembersih wajah cocok dengan jenis kulit Anda.

Menggosok wajah terlalu keras

Kesalahan berikutnya dalam mencuci wajah yang sering tidak Anda sadari adalah menggosok wajah terlalu keras. Mungkin anda mengira jika dengan menggosok terlalu keras, wajah Anda bisa lebih bersih karena kotoran bisa dihilangkan dengan cepat dan maksimal. Meski kotoran di wajah tidak terlihat seperti sisa makanan di wajan yang membutuhkan energi untuk membersihkannya sendiri.

Menggosok wajah tidak boleh terlalu keras, cukup lakukan dengan pijatan lembut dan perlahan. Hal ini dapat merangsang aliran darah ke wajah. Jika Anda terbiasa menggosok wajah dengan keras dan keras, Anda harus segera mengubahnya.

Cara menggosok wajah yang salah

Cara menggosok wajah yang salah bisa menjadi salah satu penyebab masalah kulit. Misalnya, karena terlalu sulit untuk digosok, kulit bisa menjadi iritasi, dll. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati dengan cara Anda menggosok wajah karena hal yang terkesan sepele ini biasanya dapat berdampak pada kulit di wajah Anda.

Gunakan gerakan menggosok, memijat kulit secara melingkar. Arahkan putaran ke luar untuk merangsang sirkulasi darah. Lakukan mulai dari pipi, dari dagu hingga kening. Dengan menerapkan metode ini aliran darah ke wajah lebih lancar, hasilnya kulit akan lebih sehat.

Mengeringkan wajah dengan handuk mandi.

Mencuci muka biasanya dilakukan saat mandi. Karena itu, tidak jarang ketika Anda mengeringkan tubuh dengan handuk, Anda juga menggunakannya untuk mengeringkan wajah. Kebiasaan buruk mencuci muka ini seringkali tidak ketahuan, meski bagian di mana Anda mengeringkan wajah juga harus diperhatikan.

Bayangkan begitu wajah Anda dibersihkan, handuk tubuh yang dipenuhi bakteri bisa membuatnya kotor kembali. Berapa banyak bakteri yang berpindah dari handuk dan ke wajah Anda? Jadi, ubah kebiasaan buruk mengeringkan wajah dengan handuk mandi dan mulai menggunakan handuk terpisah.

Setelah menggunakan handuk terpisah, pastikan juga untuk menggantinya. Jangan gunakan lebih dari seminggu karena handuk khusus juga dapat menyimpan bakteri berbahaya pada kulit wajah. Sediakan setidaknya dua handuk khusus untuk mengeringkan wajah demi keamanan.

Cuci muka setelah menggunakan masker

Berbagai produk masker banyak tersedia di pasaran dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Banyak yang merasa bahwa masker dapat membantu mencerahkan wajah dll. Namun, tahukah Anda bahwa setelah menggunakan masker, Anda tidak perlu mencuci muka? Cukup bilas tanpa harus menggunakan pembersih wajah.

Selama ini kita terbiasa mencuci muka setelah menggunakan masker, meskipun aturan yang dianjurkan adalah mencuci muka sebelum menggunakan masker, bukan sebaliknya. Penggunaan masker akan terasa manfaatnya saat wajah dalam keadaan bersih. Kebiasaan mencuci muka setelah menggunakan masker dapat mempengaruhi manfaatnya.

Tidak mencuci tangan sebelumnya

Kesalahan terakhir yang paling umum saat mencuci muka adalah tidak mencuci tangan saat mulai mencuci muka. Bakteri pada tangan yang tidak dibersihkan terlebih dahulu dapat menimbulkan masalah. Jadi, sebelum Anda mulai mengoleskan pembersih wajah, ada baiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu.

Pastikan tangan Anda bersih agar tidak ada bakteri dari tangan yang berpindah ke wajah Anda. Seperti yang kita ketahui, tangan merupakan bagian tubuh yang sering terkena banyak paparan. Ini memungkinkan bakteri menempel padanya. Inilah sebabnya mengapa disarankan untuk mencuci tangan secara teratur sebelum melakukan banyak hal, termasuk makan dan kali ini sebelum mencuci muka.

Itulah sepuluh kesalahan umum saat mencuci wajah yang sering dilakukan. Setelah Anda mengetahuinya, Semoga anda dapat mengubah kebiasaan ini! karena biar bagaimanapun, mencuci muka bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. jadi jika kebiasaan buruk sebelumnya masih diikuti, maka dapat menimbulkan masalah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *