Informasi Penting Mengenai Salicylic Acid

Inilah Informasi Penting Mengenai Salicylic Acid dan Manfaatnya dalam Skincare

Informasi Penting Mengenai Salicylic Acid – Ketika berbicara tentang perawatan kulit, kita sering menganggap asam salisilat sebagai salah satu formula yang dikandungnya. Bahkan, asam salisilat sering digunakan sebagai formula penting dalam perawatan kulit karena banyak manfaatnya dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Untuk lebih memahaminya, mari kita cari tahu 5 fakta penting tentang asam salisilat dan manfaatnya dalam perawatan kulit.

 Informasi Penting Mengenai Salicylic Acid

Ketahui jenis BHA untuk mengobati jerawat

Asam salisilat adalah salah satu jenis BHA yang paling direkomendasikan oleh dokter kulit untuk mengobati jerawat. Hal ini dikarenakan asam salisilat memiliki ukuran molekul yang lebih besar dibandingkan jenis asam lainnya, sehingga saat digunakan tidak menyebabkan iritasi.

Tidak cocok untuk pemilik kulit kering, karena dapat mengeringkannya.

Asam salisilat adalah yang paling efektif untuk mengobati kadar minyak. Karena itu, asam ini tidak cocok untuk pemilik kulit kering. Hal ini karena salah satu efek negatif dari asam salisilat adalah dapat mengeringkan kulit, sehingga orang dengan kulit kering dan sensitif lebih cenderung mengalami iritasi.

Juga, mengoleskan asam salisilat dalam jumlah besar ke wajah dan bagian tubuh lainnya dapat menyebabkan keracunan. Oleh karena itu, gunakan asam salisilat hanya dalam salah satu produk perawatan kulit harian Anda. Jika pembersih yang digunakan sudah mengandung asam salisilat, hindari tonik dengan kandungan yang sama.

Asam salisilat terbukti membersihkan pori-pori kotor penyebab jerawat

Ada tiga faktor utama penyebab jerawat, yaitu sebum berlebih, reaksi bakteri penyebab jerawat, dan pori-pori tersumbat. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan asam salisilat.

Asam salisilat ini akan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan jerawat. Selain itu, asam salisilat paling efektif dalam mengobati komedo dan komedo putih, karena dapat langsung membersihkan pori-pori dan membantu regenerasi sel kulit.

Asam salisilat juga cocok sebagai exfoliator ringan.

Asam salisilat dapat diklasifikasikan sebagai proses obat keratolitik, sehingga dapat digunakan sebagai exfoliant. Soalnya, perawatan keratolitik ini akan menghaluskan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, asam salisilat juga akan membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengurangi produksi sebum berlebih di wajah, yang seringkali menjadi penyebab pori-pori tersumbat.

Dapat membersihkan wajah secara mendalam

Ya, salah satu fungsi asam salisilat adalah untuk meregangkan dan menghancurkan desmosom, sejenis penghubung antara sel-sel jaringan di lapisan terluar kulit. Ini akan mendorong proses pengelupasan kulit.

Selain itu, asam ini juga bersifat lipofilik yang memungkinkannya menembus sel-sel kulit, bahkan menyumbat pori-pori, sehingga memungkinkan deep cleansing.

Tidak hanya itu, asam salisilat juga akan mengurangi produksi minyak dan sebum di wajah untuk meminimalkan munculnya jerawat. Terakhir, asam ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang akan membantu Anda melawan jerawat dan wajah yang terkena.

Jadi, apakah Anda sudah tahu lebih banyak tentang asam salisilat?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *