Penyebab Tumbuhnya bulu halus

Tumbuh Bulu Halus Setelah Pakai Skincare? Inilah Penyebabnya

Evamulia – Penyebab Tumbuhnya bulu halus – Tumbuhnya bulu halus pada wajah merupakan sesuatu hal yang terjadi pada wajah. Dr. I Gusti Nyoman Darmapoutra SpKK, menjelaskan, tumbuhnya rambut halus di area wajah adalah hal yang wajar. Hal ini dikarenakan, jumlah rambut di pori-pori wajah lebih penting daripada di lengan.

Rambut halus setiap orang tumbuh berbeda, ada yang tebal dan tidak. Tapi bagaimana jika bulu halus di wajah terlihat jelas setelah menggunakan perawatan? Ternyata ada beberapa alasan yang bisa menjawab pertanyaan ini.

Efek menggunakan krim pemutih

Kulit putih bersih adalah dambaan wanita. Sayangnya, banyak orang ingin mendapatkannya secara instan dengan menggunakan pemutih palsu yang banyak dijual bebas di pasaran. Pemutih palsu ini biasanya tidak dilengkapi dengan BPOM dan mengandung bahan berbahaya seperti hidrokuinon, merkuri, dan steroid.

Krim pemutih yang mengandung steroid dapat mengganggu sistem hormonal tubuh dan menebalkan bulu halus wajah. Tidak hanya itu, steroid juga dapat menyebabkan kulit menjadi tipis karena terlalu banyak pengikisan sehingga guratan urat pada area wajah tampak lebih terlihat jelas.

Menggunakan pelembab

Dipercaya bahwa banyak orang menyebabkan rambut tipis tumbuh saat menggunakan perawatan kulit. Pertumbuhan rambut pada kulit memiliki siklusnya sendiri. Penggunaan produk perawatan kulit tidak dapat secara langsung menyebabkan tumbuhnya bulu-bulu halus pada kulit.

Pertumbuhan rambut pada kulit dapat disebabkan oleh penggunaan pelembab yang mengandung bahan berbahaya yang dapat mengganggu hormon. Pernahkah Anda menggunakan produk perawatan kulit yang terbukti aman, tetapi rambut Anda terlihat lebih tebal?

Ini bisa disebabkan oleh kulit yang lembap. Kulit yang lembab memiliki kandungan air yang lebih banyak. Pelembab juga membantu menjaga kandungan udara di kulit tetap terjaga. Kelembaban di kulit dapat menyebabkan rambut terisi udara dan tampak lebih tebal.

Hal ini terlihat saat kita mandi, bulu-bulu di kulit akan lebih terlihat jelas dibandingkan saat kita dalam keadaan kering. Namun, pertumbuhan rambut bila digunakan untuk mengobati masalah tidak terjadi secara permanen. Rambut akan kembali normal saat pelembab digunakan.

Hal-hal yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut

Wanita, seperti yang dijelaskan di atas. Perawatan kulit tidak bisa menumbuhkan rambut tipis pada kulit padat. Tumbuhnya bulu halus di wajah bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

1. Faktor keturunan

Menurut dr I Gusti Nyoman Darmapoutra SpKK, faktor pertumbuhan rambut di wajah bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Jika ada saudara dan kerabat yang bulunya basah, kemungkinan besar menularkannya kepada kita karena pengaruh genetik.

2. Sindrom PCOS

Rambut wajah yang tidak normal juga bisa disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS). Penyakit ini dapat mengganggu indung telur sehingga menyebabkan perubahan siklus menstruasi.

3. Penggunaan narkoba

Pertumbuhan rambut juga dapat dipengaruhi oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Jika Anda sedang minum obat dan menggunakan produk perawatan kulit. Pertumbuhan rambut mungkin tidak disebabkan oleh perawatan kulit, tetapi oleh obat yang Anda konsumsi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *