image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

tisu basah untuk wajah

Hati-Hati, Ini Efek Buruk Mengunakan Tisu Basah untuk Wajah

Eva Mulia Clinic – Diantara Anda pasti pernah merasakan malas mencuci muka. Bahkan sebagian orang lebih memilih membersihkan badannya dengan tisu basah untuk wajah. Tisu basah untuk muka memang digunakan untuk membuat berbagai kotoran terangkat layaknya saat kita menggunakan air. Namun, pekar kesehatan tidak merekomendasikan penggunaan tisu basah untuk wajah karena bisa memicu masalah kesehatan kulit. Nah, berikut ini efek samping yang ditimbulkan jika menggunakan tisu basah pada wajah, di antaranya:

Efek Membersihkan Wajak Pakai Tisu Basah

manfaat tisu basah

1. Kulit kering

Kandungan alkohol dari tisu basah bertujuan untuk membunuh bakteri. Memang benar tisu basah untuk wajah bisa untuk membersihkan bahan kimia make-up dengan cukup efektif. Namun, sayangnya alkohol bisa membuat kulit menjadi lebih kering.

2. Keriput

Menggunakan tisu basah untuk wajah juga bisa membuat kulit menjadi keriput. Hal ini disebabkan oleh proses pembersihan dengan tisu basah yang tidak efektif mengangkat berbagai kotoran dan sel kulit mati. Hal ini akan membuat kulit menjadi kusam dan mudah menua.

3. Jerawat

Tisu basah untuk wajah tidak akan bekerja untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati sehingga akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan memicu datangnya jerawat.

4. Iritasi kulit

Didalam tisu basah mempunyai bahan kimia seperti surfaktan yang bisa menyebabkan iritasi atau kemerahan pada sebagian orang yang memiliki masalah kulit sensitif. Apalagi jika kita sering menggunakannya, tentu akan membuat iritasi kulit menjadi semakin parah.

5. Kantung mata menjadi lebih kendur

Bila kita membersihkan kulit wajah dengan cara menggosokkan tisu basah terlalu keras pada area kantung mata, maka kulit akan semakin mengendur sehingga akan menyebabkan masalah kantung mata.

Jika dilihat dari efek samping penggunaan tisu basah, sebaiknya mencuci wajah dengan cleanser yang jauh lebih efektif karena jika membersihkan dengan tisu basah dapat meninggalkan residu sehingga bisa menyebabkan kulir kering, iritasi dan jerawat. Saat ini ada beberapa merk tisu basah yang mengandung senyawa kimia formaldehyde yang sering sekali menjadi penyebab reaksi alergi dan dapat memicu kanker.

Tips Membersihkan Wajah di Rumah

Berikut adalah langkah yang harus Anda ikuti saat membersihkan wajah di rumah agar kulit bercahaya, bebas dari sel kulit mati dan kotoran:

1. Mengangkat makeup

Tahap pertama untuk membersihkan wajah dari kotoran dan makeup yaitu dengan micellar water. Jika Anda menggunakan foundation, sebaiknya gunakan makeup remover atau micellar water untuk membersihkan makeup. Dan jika Anda menggunakan makeup waterproof  (tahan air), pilihlah makeup remover yang mempunyai berbahan dasar oil sehingga dapat melarutkan makeup waterproof.

2. Mencuci wajah

Cuci wajah secara menyeluruh dengan pembersih wajah atau cuci muka, dan keringkan wajah dengan menepuknya menggunakan handuk lembut. Hindari air panas saat mengeringkan kulit. Selanjutnya, oleskan pembersih pada kapas atau lap wajah untuk menghilangkan kotoran yang tersisa pada pori-pori.

2. Steam

Steam kulit wajah selama 5 menit, yang biasanya dilakukan di klinik atau tempat facial. Setelah steam selesai, kemudian bersihkan wajah dengan tisu wajah secara lembut. Langkah ini efektif untuk kulit berminyak. Pijat wajah menggunakan es batu (dalam gerakan melingkar), untuk mengencangkan pori-pori dan mengembalikan suhu kulit ke normal.

3. Scrub

Lanjutkan dengan menerapkan scrub wajah selama beberapa menit karena dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, yang membuat kulit Anda terlihat kusam. Anda juga dapat menerapkan campuran gula dan madu di bagian yang sama untuk mengelupas kulit Anda secara alami. Gosok wajah selama 5 menit, lalu biarkan selama 3 menit atau lebih, sebelum mencucinya.

Apabila wajah Anda kering dan sensitif, sebaiknya tidak melakukan scrub karena dapat mengakibatkan iritasi wajah. Apabila Anda mempunyai jerawat aktif yang meradang, sebaiknya bagian wajah tersebut juga tidak menggunkan scrub secara berlebihan.

4. Masker wajah

Apapun jenis kulitmu, cobalah untuk selalu mengaplikasikan pace pack yang melembapkan membuat kulit Anda lembut dan juga meningkatkan warna kulit. Jika memiliki kombinasi dengan kulit berminyak, aplikasikan paket wajah yang mengandung multani mitti, karena menyerap kelebihan minyak.

Buah pisang, tomat dan pepaya juga dikenal memiliki efek membersihkan dan mengencangkan kulit. Jika Anda memiliki kulit normal kering dan ingin tampak natural, campur bubuk cendana dengan air mawar dan menerapkan campuran ini di wajah hingga kering.

5. Toner

Aplikasikan toner alami diwajah, misalnya jus mentimun dan air mawar, yang membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Cara tahap ini bertujuan untuk menyeimbangkan pH pada wajah dan membantu penyerapan kulit terhadap moisturizer, serum atau produk skincare lain yang akan digunakan setelahnya.

6. Moisturizer

Dan yang terakhir, oleskan krim yang memiliki nutrisi pada wajah dan leher. Jangan lupa untuk melembapkan wajah sebelum tidur. Untuk melihat hasil terbaik, maka ikuti rutinitas di atas setiap hari, karena cara ini membuat kulit menjadi bernapas dan membuat kulit wajah segar.

Baca juga: 11 Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Kecantikan

Leave a Reply