image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

daun afrika untuk jerawat

Manfaat Daun Afrika untuk Jerawat Paling Ampuh

Manfaat daun afrika untuk jerawat- Saat ini menghilangkan jerawat secara alami sangat diminati. Perawatan secara alami dengan bahan-bahan dari alam dinilai lebih aman dan tidak memberikan efek samping yang berbahaya bagi kulit. Selain itu bahan alami yang mampu melawan dan menyembuhkan jerawat di kulit. Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan yaitu daun Afrika, bahan yang kini cukup populer untuk membasmi jerawat pada wajah.

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan daun afrika. Daun afrika mempunyai nama ilmiah Vernonia amygdalina, yang ternyata bukan berasal dari benua Afrika. Meskipun tumbuh dengan baik di negara Afrika seperti Nigeria, daun Afrika sebenarnya berasal dari Tiongkok. Di negeri asalnya daun Afrika bernama Nan Fei Shu dan Nan Hu Yie. Namun, daun ini kurang populer di Tiongkok karena hanya digunakan di kalangan keluarga kerajaan sebagai obat.

Karakteristik Daun Afrika

Seperti daun pada umumnya, daun Afrika berwarna hijau dan mempunyai rasa yang pahit. Daun Afrika tidak memiliki ciri-ciri khusus yang dapat dibedakan dengan daun yang lain. Batangnya pun juga berwana cokelat kayu dan hijau tua. Daunnya menyirip vertikal. Sehingga, semua jenis tanaman ini tidak boleh dipetik dengan sembarangan. Bisa jadi itu bukan daun Afrika.

Daun Afrika juga bisa tumbuh dengan baik di negara-negara yang beriklim tropis, salah satunya adalah Indonesia. Pembudidayaan daun Afrika dilakukan mulai tahun 2009 di Bogor. Daun Afrika tumbuh dengan baik di daerah-daerah dengan curah hujan yang tinggi. Daun Afrika mengandung banyak zat baik yang sangat diperlukan oleh kulit kita. Berikut adalah kandungan di dalam daun Afrika:

  • Flavonoid: Flavonoid adalah golongan senyawa Phytochemical. Zat ini banyak ditemukan pada tumbuhan bunga. Flavonoid mampu beraksi sebagai antioksidan terbaik bagi tubuh. Zat ini mengoksidasi sel-sel baik di dalam tubuh dan melawan radikal bebas baik dari dalam maupun luar tubuh.
  • TaninTanin adalah senyawa polifenol yang berwarna pekat dan terasa pahit. Cairan ini berasal dari tumbuhan dan ranting-ranting kayu. Tanin mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kecantikan kulit. Zat ini mampu berperan sebagai anti bakteri yang membersihkan kulit dari dalam. Tanin juga bisa mengecilkan pori-pori kulit sehingga meminimalisir masuknya bakteri penyebab jerawat ke dalam pori kulit. Zat ini juga bisa mengencangkan kulit dan menjaga kulit tetap cantik awet muda.
  • Saponin: Saponin adalah zat jenis glikosida yang banyak dikandung oleh tumbuhan. Saponin berbentuk seperti buih yang mudah larut di dalam air. Sama seperti tanin, saponin memilih warna yang pekat dan rasa yang amat pahit.
  • Terpenoid: Terpenoid amerupakan salah satu zat komponen yang terkandung dalam minyak astiri. Terpenoid sendiri memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti mampu menyebuhkan luka akibat infeksi pada kulit. Oleh karena itu zat ini sangat dibutuhkan oleh pemilik kulit berjerawat.

Manfaat Daun Afrika Untuk Jerawat

manfaat daun afrika untuk jerawat

Daun Afrika sudah terkenal memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Lalu apa saja manfaat daun Afrika untuk jerawat? Yuk simak bersama-sama!

1. Daun Afrika mampu membunuh parasit penyebab jerawat

Zat-zat baik yang terkandung di dalam daun Afrika seperti flavonoid, tanin, saponin, dan terpenoid mampu membunuh bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Bakteri-bakteri ini dibersihkan hingga ke akarnya sehingga jerawat tidak akan menghinggapi kulit wajah Anda lagi. Caranya, tumbuk daun Afrika secukupnya hingga halus, lalu oleskan pada titik jerawat saja. Biarkan hingga kering lalu bilas dengan air. Ulangi terus proses ini hingga jerawat mengempis dan sembuh. Dapatkan daun Afrika hanya di toko-toko obat herbal, ya.

2. Sebagai krim khusus untuk kulit berjerawat

Khasiat daun afrika ternyata sudah banyak digunakan oleh para ahli kecantikan. Ekstrak daun Afrika sendiri sudah banyak dibuat dalam bentuk krim wajah yang khusus dibuat untuk kulit berjerawat. Kirim ini dapat menyembuhkan, mencegah dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Saat ini krim khusus dengan ekstrak daun Afrika sudah diproduksi khusus untuk kulit berjerawat.

Demikianlah beberapa manfaat dari daun Afrika untuk jerawat. Bagaimanapun, pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply