image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Cara menghilangkan komedo di Hidung - Tips Kecantikan - Komedo di hidung mudah dikenali pada kulit seperti bintik-bintik berwarna gelap yang khas menjengkelkan. Penampilannya tidak terlalu menonjol, tetapi tidak terasa sakit karena mereka tidak meradang layaknya jerawat. Jerawat terbentuk saat bakteri menyerang penyumbatan kotoran di folikel rambut, mengakibatkan kemerahan dan peradangan.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Eva Mulia Klinik Evamulia Cara menghilangkan komedo di Hidung Tips Kecantikan Komedo di hidung mudah dikenali pada kulit seperti bintik-bintik berwarna gelap yang khas menjengkelkan. Penampilannya tidak terlalu menonjol, tetapi tidak terasa sakit karena mereka tidak meradang layaknya jerawat. Jerawat terbentuk saat bakteri menyerang penyumbatan kotoran di folikel rambut, mengakibatkan kemerahan dan peradangan.

Komedo di hidung adalah salah satu ciri dari jerawat, tetapi bukan sebagai reaksi dari bakteri yang memakan kotoran di permukaan kulit. Gangguan ini terjadi saat pori kita tersumbat dengan kelebihan sebum (minyak yang diproduksi oleh kelenjar di bawah kulit) dan serpihan kulit mati yang menempel di kulit, sehingga mengakibatkan sumbatan di dalam pori.

  1. Komedo hitam terbentuk akibat pori tersumbat dalam keadaan terbuka, mengakibatkan minyak yang menumpuk mengalami oksidasi sesudah terkena kontak dengan oksigen di angkasa dan berubah menghitam.
  2. komedo putih adalah kondisi di mana penumpukan sebum berlebih masih tertutupi kulit dan tidak keluar, tetapi tidak banyak menonjol ke atas permukaan dengan ciri bintik putih pekat di kepalanya seperti pembentukan nanah.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Ada banyak produk perawatan wajah di luar sana yang mengklaim bisa menghilangkan komedo, seperti strip komedo untuk mengatasi bintik-bintik hitam ini dengan cepat di ketika darurat. Tetapi mana yang terbaik? Berikut ulasannya.

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Cara menghilangkan komedo di Hidung - Tips Kecantikan - Komedo di hidung mudah dikenali pada kulit seperti bintik-bintik berwarna gelap yang khas menjengkelkan. Penampilannya tidak terlalu menonjol, tetapi tidak terasa sakit karena mereka tidak meradang layaknya jerawat. Jerawat terbentuk saat bakteri menyerang penyumbatan kotoran di folikel rambut, mengakibatkan kemerahan dan peradangan.

Eksfoliasi Dengan Baking Soda

Baking soda adalah bahan yang sering dipakai dalam microdermabrasion, satu cara pengelupasan kulit mati, dan dapat membantu meminimalisir pembentukan komedo bila digunakan secara teratur. Campur dengan sedikit air untuk menghasilkan pasta kental, oleskan langsung ke bagian kulit yang bermasalah, dan gosok lembut dengan gerakan memutar.

Kalian dapat menggunakan lap lembut, sikat, spons, atau jari Anda. Bilas bersih dan pastikan kita mengaplikasikan pelembap setelahnya. Atau, Anda bisa juga mengubah air dengan cuka sari apel yang berisi sifat astringent dan antibakteri, dan berkolaborasi baiknya untuk membersihkan pori.

Salicyclic Acid Dan Glycolic Acid

Banyak obat anti jerawat yang ada di pasaran tanpa mesti memakai resep. Obat-obatan ini terdapat dalam bentuk krim, gel, atau pad yang bisa diaplikasikan langsung di kulit. Pilih produk perawatan jerawat yang berisi senyawa aktif salicyclic acid, benzoyl peroxide, dan resorcinol.

Ketiganya bekerja membunuh bakteri, mengusung minyak berlebih, dan mendorong pelepasan kulit mati lebih optimal. Tunggu selama 15 menit setelah membasuh muka atau mandi untuk memakai obat ini. Sebab kulit yang basah lebih rentan terhadap penyerapan dan lebih gampang teriritasi.

Clay Mask

Masker wajah tanah liat bermanfaat untuk membersihkan secara mendalam (deep cleansing), yang dapat membuat pori tersumbat dan menghasilkan tampilan kulit semakin halus. Pasta abrasif, bubuk, dan masker tanah liat (yang dilengkapi dengan kaolin) akan secara lembut mengelupaskan lapisan kulit mati dan menyerap kelebihan minyak.

Akan tetapi, efek ini hanya sementara. Setelah memakai masker, kulit akan kembali memproduksi sebum tak lama setelahnya. Sama halnya dengan microdermabrasion, perawatan wajah ini mesti dilaksanakan rutin dan tertata demi meraih hasil terbaiknya.

Toner Cuka Aple

Campurkan cuka apel dan beberapa helai daun mint yang sudah dihaluskan. Cuka sari apel dapat membantu memecah penumpukan minyak dalam pori, sedangkan daun mint dapat membuat sensasi dingin dan mengencangkan kulit Anda.

Jika area sekitar komedo menjadi bengkak atau teriritasi akibat satu dan beda hal, senyawa aktif menthol dalam daun mint dapat membantu meringankan peradangan tersebut.

Toner Lemon

Selain produk toner komersil yang berisi kombinasi salicyclic dan glycolic acid, kita dapat menciptakan ramuan toner alami simpel dari bahan-bahan di dapur Anda. Karena komedo muncul diakibatkan oleh pori tersumbat yang terbuka dan bereaksi terhadap oksigen. Toner adalah cara yang baik untuk dapat menyusutkan ukuran pori. Salah satunya dengan jus lemon.

Jus lemon adalah astringent alami yang ampuh untuk mengangkat masalah kulit mengganggu ini, tetapi Anda mesti berhati-hati dalam menggunakan nya. Jus lemon mempunyai sifat pemutih yang bisa mencerahkan kulit sedangkan dan membuat kulit sensitif terhadap cahaya, jadi segera oleskan pelembab ber-SPF atau sunscreen/sunblock sebelum Anda keluar rumah.

Konsultasi Dokter

Untuk mengangkat komedo, dokter akan menggunakan alat khusus yang steril untuk membuat irisan kecil di atas sumbatan pori. Setelah melubangi sumbatan tersebut, ia akan mengeluarkan tekanan dengan ekstraktor untuk mengangkat isi yang menyumbat pori.

Inilah beberapa tips Perawatan wajah Cara menghilangkan komedo di wajah yang mungkin belum kita ketahui. Untuk info lebih lanjut, baca juga Serum Vitamin C, Obat Gatal Tradisional atau Tips Perawatan Rambut Kering.

Leave a Reply