image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

berenang saat jerawatan

Bolehkah Berenang Saat Kulit Berjerawat? Apakah Ada Dampak Negatifnya?

Eva Mulia Klinik – Siapa yang tidak suka dengan berenang? Ya, olahraga satu ini sudah tidak diragukan peminatnya. Selain bermanfaat bagi kesehatan, berenang juga bisa membuat seseorang menjadi lebih relaks dan segar setelah menyentuh air.

Selain itu, berenang juga bisa menjadi pilihan alternatif untuk menghabisakana waktu bersama keluarga dan teman. Namun, bagaimana jika jerawat muncul pada saat Anda sudah memiliki rencana untuk berenang? Apakah munculnya jerawat akan semakin parah ketika berenang?

Apakah Air Kolam Renang Bisa Memperparah Jerawat?

Sebagian besar orang, mungkin merasa khawatir dengan kehadiran jerawat. Mulai dari takut terkena debu, takut makan kacang, minum susu, bahkan takut berenang karena airnya yang kotor. Mungkin Anda takut jika jerawat semakin parah. Pada dasarnya, air kolam renang cenderung kotor dan tercemar baik itu dari urin, air liur, bahkan berbagai produk perawatan yang digunakan para perenang bisa mencemari air kolam. Namun, biasanya air kolam renang akan dimurnikan kembali dengan menggunakan zat yang disebut klorin (kaporit). Manfaat dari kaporit ini mampu membunuh mikroorganisme berbahaya di dalam air kolam.

Bagi orang yang berjerawat, berenang dikolam dengan air yang mengandung klorin sangat mengkhawatirkan. Hal ini karena, sebagian orang memiliki kulit yang cukup sensitif dan bermasalah dengan klorin. Dan dengan adanya klorin, jerawat akan bertambah parah.

Efek Samping Kulit Terkena Klorin

berenang saat jerawatan

Air yang dimurnikan menggunakan klorin bisa membuat kulit menjadi sangat kering. Hal ini terjadi karena klorin mampu mengurangi kemampuan kulit dalam menjaga kelembapannya. Terutama, bagi orang yang menderita dermatitis atopik lebih sensitif terhadap klorin.

Oleh karena itu, orang yang mempunyai wajah berjerawat juga akan cenderung mengalami kekeringan pada kulitnya. Klorin sendiri memang bisa mengurangi minyak alami kulit, apalagi jika terpapar dalam waktu yang lama.

Ketika kulit mengering, maka kelenjar minyak akan mengeluarkan lebih banyak sebum di wajah. Meskipun minyak akan berkurang dari wajah, tetapisebum yang diproduksi secara berlebihan membuat wajah Anda mudah berjerawat sehabis berenang.

Selain itu, berenang juga bisa menyebabkan jerawat karena rusaknya penghalang kulit yang menyebabkan sel-sel kulit kering menumpuk dan menyumbat pori. Paparan sinar matahari berlebih juga bisa memperparah jerawat dan membuatnya semakin perih. Tak hanya itu, penggunaan tabir surya yang digunakan sebelum, selama, dan setelah berenang juga dapat menyumbat pori-pori Anda.

Apakah Boleh Berenang Saat Kulit Berjerawat?

Tentu saja boleh berenang saat jerawatan. Olahraga ini membuat tubuh kembali segar untuk melakukan aktivitas yang lain. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan setelah berenang agar jerawat tidak bertambah parah yaitu mencuci muka dengan air bersih dan sabun.

Hal ini dilakukan agar kotoran yang menempel bisa segera hilang dan terlepas. Selain itu, karena klorin membuat wajah menjadi kering maka Anda perlu menggunakan pelembap. Penggunaan pelembab sangat penting agar kulit tidak memproduksi terlalu banyak minyak. Dengan begitu kelembapan kulit tetap terjaga tanpa produksi minyak yang berlebih.

Setelah selesai berenang sebaiknya gunakan krim jerawat dan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pakailah tabir surya yang dibuat khusus untuk kulit sensitif dan berlabel non-komedogenik agar tidak menyumbat pori. Oleh karena itu, orang yang sedang jerawatan boleh berenang asalkan melakukan berbagai perawatan ini setelahnya.

Baca juga: Apakah Boleh Pakai Makeup Saat Jerawatan?

Leave a Reply