Eva Mulia - Klinik Evamulia - Cara mengatasi infeksi jamur kulit - Perawatan Wajah - Beberapa orang pernah mengalami infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Infeksi jamur pada kulit dapat terjadi pada semua usia, baik pria atau wanita dan merupakan infeksi yang paling umum.

Cara Mengatasi Infeksi Jamur Kulit

Eva Mulia Klinik Evamulia Cara mengatasi infeksi jamur kulit Perawatan Wajah Beberapa orang pernah mengalami infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Infeksi jamur pada kulit dapat terjadi pada semua usia, baik pria atau wanita dan merupakan infeksi yang paling umum.

Infeksi jamur kulit merupakan penyakit yang cukup banyak kita jumpai, bahkan mungkin pernah kita alami. Infeksi jamur kulit yang ringan umumnya menimbulkan ruam pada kulit. Ruam tersebut tidak berbahaya, akan tetapi gatal dan mengganggu penampilan.

Jamur adalah organisme primitif yang hidup disekitar lingkungan kita, seperti udara, tanah bahkan air. Beberapa jenis jamur bisa hidup didalam tubuh hewan dan manusia. Sebagian besar jamur berkembang biak dengan spora yang dapat tersebar diudara. Itu sebabnya, infeksi jamur paling sering menyerang bagian lur tubuh kita seperti kulit dan kuku.

Jenis Dan Gejala Infeksi Jamur Kulit

• Tinea pedis atau kurap kaki (athlete’s foot). Memiliki gejala berupa kulit yng mengelupas dan pecah-pecah di bagian kaki, terdapat kulit yang melepuh dan berwarna merah, terasa gatal serta perih. Infeksi jamur ini banyak ditemukan pada kaki olahragaean yang sering terbungkus kaos kaki dan lembab. Umumnya timbul pada sela-sela kaki.
  • Kandidiasi kulit. Infeksi ini disebabkan oleh ajmur candida dan bisa muncul di bagian tumbuh manapun, tetapi biasanya lebih mudah muncul di daerah yang hangat dan lembap. Seperti selangkangan dan ketiak. Kulit yang terinfeksi terlihat kemerahan dan terasa gatal.
  • Dermatofitosis (ringworm). Ruam pada kulit berbentuk lingkaran memiliki warna kemerahan serta gatal. Warna merah di bagian tepi lebih jelas, terlihat seperti cincin, dan berbatas tegas. Jamur ini bisa menular, tetapi biasanya tidak menjadi parah. Biasanya terdapat di kulit kepala, wajah, leher atau bagian tubuh lainnya.
  • Tinea cruris (jock itch). Tinea cruris muncul di bagian lipatan kulit yang lembab dan hangat, seperti bokong, selangkangan dan alat kelamin. Bagian kulit yang terinfeksi akan tampak kemerahan dan gatal atau perih. Sering terjadi pada pria usia remaja dan dewasa, atau orang yang sering menggunakan celana ketat.

Cara Mengatasi Infeksi Jamur Kulit

Pengobatan infeksi jamur kulit adalah dengan obat-obatan anti jamur, terutama antijamur topikal (oles), seperti krim atau salep. Obat anti jamur bekerja dengan cara menghancurkan dinding sel jamur sehingga sel keluar dan sel jamur mati, atau dengan menghambat sel-sel jamur berumbuh dan berkembang biak.

• Antijamur topikal (oles) – diaplikasikan langsung ke kulit, rambut, atau kuku.
  • Antijamur oral – dalam bentuk kapsul, pil, atau bentuk cair. Diberikan apabila infeksi jamur kulit luas dan tidak dapat diatasi dengan obat antijamur topikal.

Terdapat berbagai macam obat anti jamur topikal dengan berbagai bentuk, merk dan tingkat kekuatan. Namun secara umum, obat anti jamur berisi clotrimazole, micronazole, nystatin, ketoconazole atau kombinasi dari beberapa kandungan tersebut. Pada kemasan obat dapat dilihat jenis kandungannya dan seberapa komposisinya.

Gunakan obat sesuai dengan anjuran dokter atau cara pakai, jangan melebihi atau menguranginya. Obat jamur harus tetap digunakan selama beberapa hari stelah ruam di kulit hilang agar semua jamur hilang.

Cara Menghindari Penyakit Jamur Kulit

Menjaga kebersihan kulit adalah kunci sukses pencegahan infeksi jamur kulit, terutama untuk kalian yang aktif bergerak, senang berolahraga atau sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Berikut adalah hal-hal yang dapat kalian lakukan agar tidak terserang infeksi jamur.

• Jaga kebersihan kulit
  • Segera keringkan kulit ketika berkeringat atau basah
  • Ganti pakaian dalam dan kaos kaki setiap hari
  • Jemur sepatu di tempat terbuka dan jaga agar bagian sepatu tidak lembab
  • Jangan bertukar pakai handuk, baju dalam dan pakaian dengan orang lain
  • Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat saat olahraga
  • Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat

Inilah beberapa informasi seputar cara mencegah infeksi jamur kulit yang mungkin belum kalian ketahui. Untuk info perawatan wajah lebih lanjut baca juga Injeksi Keloid Dan Jerawat, Chemical Peeling Adalah atau Tips Merawat Rambut.