Beberapa Kesalahan Merawat Kulit Kering yang Sering Dilakukan Namun Sering Tidak Disadari!

Eva Mulia Clinic Kesalahan Merawat Kulit Kering – Merasa sudah menjalani perawatan kulit kering tetapi tidak melihat hasil yang signifikan? Tunggu dulu, mungkin apa yang Anda lakukan selama ini kurang tepat, baik itu pemilihan produk, cara penggunaan produk, atau bahkan hal-hal kecil seputar perawatan kulit sehari-hari. Itu kesalahan merawat kulit kering yang sering dilakukan secara tidak sadar.

Kesalahan Merawat Kulit Kering

Terlalu Fokus Mengobati, Tanpa Mencegah

Setiap kali melihat kulit kering di wajah, banyak orang langsung mengatasinya dengan mengoleskan krim atau lotion tertentu. Pada dasarnya, kulit kering adalah masalah sehingga harus segera diambil langkah untuk mengatasinya.

Padahal, akan jauh lebih baik jika dilakukan langkah-langkah untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir terjadinya kulit kering ini. Hal ini dapat dicapai dengan melakukan perawatan rutin menggunakan produk khusus untuk kulit kering. Pastikan produk yang Anda gunakan mengandung bahan-bahan yang dapat menghidrasi kulit, seperti hyaluronic acid, squalane, ceramide, glycerin, dan lain-lain.

Merasa Tidak Membutuhkan Eksfoliasi

Banyak yang percaya bahwa kulit kering terlalu rapuh untuk melalui proses pengelupasan. Padahal, pengelupasan kulit diperlukan untuk semua jenis kulit lho, untuk menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Gunakan exfoliant kimia yang cenderung tidak menimbulkan trauma pada kulit dengan toner dan serum. Jika Anda ingin melakukan eksfoliasi secara fisik, pastikan untuk menggunakan produk yang lembut dan tidak mengiritasi kulit Anda.

Overeksfoliasi

Di sisi lain, karena Anda sangat bersemangat untuk melakukan pengelupasan kulit, Anda mungkin lupa bahwa tindakan pengelupasan yang dilakukan sebenarnya terlalu banyak. Hal ini terlihat dengan penggunaan exfoliator yang terlalu kasar (seperti kain), exfoliator yang terlalu kasar, atau exfoliator yang lebih sering dari yang seharusnya. Pengelupasan kulit yang berlebihan akan membuat kulit trauma dan kehilangan lapisan pelindung kulitnya. Jadi lakukan saja sesuai kebutuhan saja dan jangan sampai berlebihan.

Penggunaan produk yang mengandung alkohol

Alkohol dapat membuat kulit Anda semakin kering. Periksa dengan cermat daftar bahan produk perawatan kulit yang akan Anda beli. Alkohol memiliki nama yang bisa menyesatkan. Selain digunakan untuk menstabilkan tekstur, alkohol juga banyak digunakan pada produk yang menggunakan wewangian. Jadi biasakan menggunakan produk yang tidak beraroma atau beraroma rendah yang menggunakan wewangian alami dari ekstrak tumbuhan atau buah.

Salah memilih masker wajah

Mengenakan masker adalah wajib bagi pemilik kulit kering. Dalam sekejap, kulit bisa terhidrasi hanya dengan memakai masker. Namun di tengah maraknya produk masker wajah dengan bentuk, tekstur, dan gimmick yang bervariasi, Anda bisa saja salah memilih produk masker wajah. Untuk kulit kering, pastikan untuk memilih masker berlabel pelembab. Bentuknya bisa berupa sheet mask atau gel.

Sering mencuci muka dengan air hangat

Air panas memang bisa membuat kulit terasa nyaman, apalagi jika digunakan untuk mencuci muka di malam hari. Namun nyatanya, udara panas dapat mengikis minyak alami kulit, sehingga mencuci muka bisa membuat wajah lebih kering dari sebelumnya. Pilih air dingin atau hangat untuk mencuci muka.

Gunakan pelembab saat kulit kering

Timing merupakan hal yang sangat penting dalam perawatan kulit kering. Setelah mandi, jangan menunggu sampai kulit Anda kering untuk menggunakan produk yang melembabkan kulit. Gunakan toner pelembab saat kulit masih lembap. Begitu pula saat menggunakan serum atau pelembap, aplikasikan saat kulit masih lembap setelah menggunakan toner pelembap. Dengan timing yang tepat, hidrasi kulit akan selalu terjaga.