Bagaimana Cara Memilih Facial Wash yang Cocok dengan Jenis Kulit Wajah?

Eva Mulia Clinic – Cara Memilih Facial Wash – Apakah kulitmu terasa kering? Mudah berminyak? Atau malah makin banyak jerawat yang muncul di wajah? Ini bisa jadi disebabkan penggunaan pembersih wajah atau facial wash yang salah. Alias tidak cocok untuk jenis kulit Anda.

Menggunakan sabun cuci muka yang salah memang bisa menyebabkan jerawat dan mengganggu tingkat pH dan kelembapan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk wajah yang bersih dan sehat, berikut cara memilih pembersih wajah yang tepat untuk jenis kulit Anda.

Bagaimana Cara Memilih Facial Wash yang Cocok dengan Kulit Wajah?

Jika Kulitmu Kering, Hindari Facial Wash yang Dapat Membuat Kulit Terasa Kencang dan Mengelupas

Sangat penting untuk memilih pembersih wajah yang dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati tanpa menghilangkan minyak dan kelembapan alami wajah Anda. Jika sabun cuci muka yang Anda gunakan membuat kulit Anda terasa kencang dan kering, maka Anda menggunakan pencuci muka yang salah.

Sebaiknya Anda menggantinya dengan pembersih wajah yang bisa melembapkan kulit. Misalnya yang mengandung gliserin atau minyak atsiri.

Untuk Kulit Berminyak, Pilihlah Facial Wash yang Dapat Mengontrol Sebum

Pada umumnya, jenis kulit berminyak memiliki pori yang besar dan wajah mudah kembali berminyak setelah 1 – 2 jam mencuci wajah, terutama di daerah T – Zone. Oleh karena itu maka kamu membutuhkan pembersih wajah yang memiliki sebum atau oil kontrol serta mampu mengeksfoliasi secara halus di daerah T Zone.

Bahan-bahan perawatan kulit yang keras bisa efektif untuk membersihkan pori-pori, tetapi dapat mengiritasi kulit Anda. Kuncinya adalah menemukan pembersih wajah yang lembut namun mampu membersihkan pori-pori Anda secara mendalam. Anda dapat memilih pembersih wajah dengan pembersih pori dalam atau label pengontrol minyak/sebum atau pembersih yang mengandung pohon teh, teh hijau, dan arang.

Jenis Kulit Kombinasi Harus Pintar Memilih Antara Berminyak atau Kering

Ya, memang tidak mudah memilih pencuci muka untuk kulit kombinasi, karena pada dasarnya kondisi kulit Anda antara kering dan berminyak. Untuk itu, apapun jenisnya, baik gel atau busa, penting untuk memilih pembersih wajah yang dapat membersihkan minyak namun tidak memberikan efek kering atau berminyak pada kulit. .

Anda harus menghindari pembersih dengan bahan berbasis minyak bumi yang dapat menyumbat pori-pori, dan cobalah untuk mengelupas area dengan banyak sel kulit mati dengan lembut, seperti area sekitar hidung dan dagu, secara teratur.

Jenis Kulit Sensitif atau Berjerawat yang Mudah Iritasi dan Breakout

Biasanya kulit jenis ini akan mudah iritasi atau rapuh saat terkena bahan perawatan kulit tertentu. Untuk itu, Anda perlu membaca kandungan dalam sabun wajah jerawat yang Anda beli. Kemudian, jika ada produk perawatan kulit yang membuat kulit Anda iritasi atau berjerawat, Anda perlu mengetahui bahan-bahannya dan memeriksa ulang produk perawatan kulit lain yang Anda gunakan.

Kalau skincare lain yang kamu pakai bikin iritasi dan breakout juga mengandung bahan yang sama dengan skincare yang bikin kamu iritasi dan iritasi, bagaimana dengan kesamaan bahan di antara keduanya. Ini mungkin yang harus dihindari.

Cobalah untuk memilih produk dengan bahan ringan dan hindari yang berbahan dasar minyak karena dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Tapi pilih juga perawatan yang bisa mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Anda bisa memilih pencuci muka yang mengandung teh hijau, pohon teh, asam salisilat, atau centella asiatica.

Anda juga bisa memilih pembersih wajah dengan pH rendah (antara 4-5) agar pH kulit wajah Anda selalu ideal agar kulit tidak kering.