Cara menghilangkan flek hitam - klinik eva mulia

Apa Perbedaanya Melasma, Flek, Freckles, dan Hiperpigmentasi?

Eva Mulia – Perbedaanya Melasma – Flek, bintik, dan hiperpigmentasi terlihat sama dan sulit dibedakan. Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi kulit di mana area tertentu menjadi lebih gelap karena produksi melanin yang berlebihan dan lebih dikenal dengan komedo/flek. Flek telah terbukti menjadi masalah utama yang dihadapi banyak wanita, terutama wanita Asia, Mediterania, Afrika, dan Kaukasia.

Masalah kulit ini biasanya dapat terjadi di seluruh bagian tubuh mulai dari wajah, tangan hingga leher dan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor hormonal, faktor genetik dan paparan sinar matahari. Nah, ternyata flek, melasma, dan hiperpigmentasi itu berbeda. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Melasma

Melasma biasanya menyerang wanita yang sedang hamil, mengonsumsi pil KB, atau menjalani terapi hormon. Melasma terjadi karena aktivasi melanosit yang berlebihan akibat hormon estrogen dan progesteron, sehingga memicu produksi melanin saat kulit terkena sinar matahari. Biasanya, melasma muncul di pipi, hidung, bibir, dan dahi.

Freckles

Freckles terbentuk dari kumpulan kluster melanin yang berbasis cahaya dan dapat diperburuk oleh paparan sinar matahari. Bintik-bintik lebih sering terjadi pada wanita berkulit putih dan dipengaruhi oleh faktor genetik. Meskipun beberapa pria menganggap wanita dengan bintik-bintik menarik, wanita masih cenderung menginginkan kulit mulus dan berusaha menghilangkannya.

Flek

Flek, juga dikenal sebagai bintik-bintik penuaan / age spot adalah jenis hiperpigmentasi yang dianggap sebagai tanda penuaan dan berkurangnya kemampuan kulit untuk mengatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari. Biasanya, bercak terjadi pada wanita yang berusia 40-an.

Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi yang terjadi pasca inflamasi pasca produksi melanin yang disebabkan karena proses inflamasi atau peradangan. Peradangan akan terjadi jika kulit mengalami trauma pada bagian kulit atau epidermis yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti jerawat, dermatitis, luka, infeksi hingga reaksi alergi.

Setelah mengetahui perbedaan kondisi kulit di atas, bisa dipastikan semuanya diperparah oleh paparan sinar matahari. Jadi pastikan untuk selalu melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 saat beraktivitas di luar ruangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.