Apa Perbedaan Bekas Jerawat Pie dan Pih?

Eva Mulia Clinic – Bekas Jerawat Pie dan Pih – Jerawat bisa menjadi masalah kulit yang memusingkan. Namun, setelah jerawat mereda, sering kali bekasnya tetap bertahan. Dua jenis bekas jerawat yang umum adalah PIE (Post-Inflammatory Erythema) dan PIH (Post-Inflammatory Hyperpigmentation). Meskipun keduanya sering disalahartikan satu sama lain, sebenarnya ada perbedaan signifikan di antara keduanya.

Bekas Jerawat PIE

Bekas Jerawat PIE (Post-Inflammatory Erythema) adalah perubahan warna kulit yang terjadi setelah peradangan jerawat. Biasanya, bekas jerawat PIE tampak merah atau merah muda. Penyebab utamanya adalah peradangan yang menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di bawah kulit. Hal ini mengakibatkan darah mengalir ke area tersebut, menyebabkan warna merah terlihat lebih terang. Bekas jerawat PIE sering kali terasa datar saat disentuh.

Karakteristik Bekas Jerawat PIE

  • Warna Merah atau Merah Muda: Bekas jerawat PIE cenderung memiliki warna merah atau merah muda yang mencolok.
  • Bekas Datar: Saat disentuh, bekas jerawat PIE terasa datar karena peradangan tidak menghasilkan penumpukan pigmen di permukaan kulit.

Bekas jerawat PIE dapat memudar seiring waktu, tetapi prosesnya bisa memakan waktu cukup lama, kadang berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Bekas Jerawat PIH

Sementara itu, bekas jerawat PIH (Post-Inflammatory Hyperpigmentation) adalah perubahan warna kulit yang disebabkan oleh penumpukan melanin setelah peradangan jerawat. Berbeda dengan bekas jerawat PIE yang tampak merah, bekas jerawat PIH cenderung lebih gelap, seperti coklat atau kehitaman. Hal ini disebabkan oleh peningkatan produksi melanin sebagai respons terhadap peradangan.

Karakteristik Bekas Jerawat PIH

  • Warna Gelap: Bekas jerawat PIH cenderung memiliki warna yang lebih gelap, seperti coklat atau kehitaman.
  • Bekas Datar: Seperti bekas jerawat PIE, bekas jerawat PIH juga cenderung datar saat disentuh.
Baca Juga:  Panduan Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak yang Terbaik

Bekas jerawat PIH juga bisa memudar seiring waktu, tetapi prosesnya seringkali lebih lambat daripada bekas jerawat PIE. Hal ini karena proses penghilangan melanin yang lebih lambat dibandingkan dengan penghilangan warna merah pada bekas jerawat PIE.

Perbedaan Utama antara Bekas Jerawat PIE dan PIH

Meskipun keduanya adalah bekas jerawat yang dihasilkan oleh peradangan, ada perbedaan utama antara bekas jerawat PIE dan PIH. Perbedaan tersebut terutama terletak pada warna yang dihasilkan. Bekas jerawat PIE cenderung memiliki warna merah atau merah muda, sementara bekas jerawat PIH cenderung memiliki warna yang lebih gelap, seperti coklat atau kehitaman.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah dalam penyebabnya. Bekas jerawat PIE disebabkan oleh peradangan yang menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di bawah kulit, sedangkan bekas jerawat PIH disebabkan oleh penumpukan melanin sebagai respons terhadap peradangan.

Mengatasi Bekas Jerawat PIE dan PIH

Meskipun bekas jerawat PIE dan PIH mungkin memudar seiring waktu, ada langkah-langkah yang bisa diambil untuk membantu mempercepat prosesnya.

Langkah-langkah Mengatasi Bekas Jerawat PIE dan PIH

  1. Perlindungan Matahari: Menggunakan tabir surya setiap hari dapat membantu melindungi bekas jerawat dari paparan sinar matahari yang dapat membuatnya semakin gelap.
  2. Produk Pencerah Kulit: Menggunakan produk pencerah kulit yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C atau asam kojat dapat membantu mengurangi pigmentasi pada bekas jerawat.
  3. Perawatan Kulit Rutin: Memiliki perawatan kulit rutin yang terdiri dari pembersih wajah, toner, serum, dan pelembap juga dapat membantu meningkatkan kondisi kulit secara keseluruhan.

Dengan konsistensi dan perawatan yang tepat, bekas jerawat PIE dan PIH dapat memudar secara signifikan.

Kesimpulan

Bekas jerawat PIE dan PIH adalah dua jenis bekas jerawat yang umum terjadi setelah jerawat mereda. Meskipun keduanya sering disalahartikan, ada perbedaan signifikan di antara keduanya, terutama dalam hal warna yang dihasilkan dan penyebabnya. Bekas jerawat PIE cenderung merah atau merah muda dan disebabkan oleh peradangan yang menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di bawah kulit, sedangkan bekas jerawat PIH cenderung lebih gelap dan disebabkan oleh penumpukan melanin sebagai respons terhadap peradangan.

Baca Juga:  Manfaat Madu Hitam untuk Wajah: Rahasia Cantik Alami yang Tersembunyi

Dengan pemahaman yang tepat tentang perbedaan antara keduanya, serta langkah-langkah pengelolaan yang sesuai, seseorang dapat lebih efektif dalam merawat dan mengurangi penampilan bekas jerawat tersebut