image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

manfaat lidah buaya untuk wajah

9 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Semakin Cantik dan Awet Muda

Eva Mulia Clinic – Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Kandungan nutrisi di dalamnya banyak dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan kecantikan. Dibawah ini adalah manfaat lidah buaya untuk wajah, rambut dan kesehatan tubuh lainnya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

manfaat lidah buaya untuk wajah

Sebelum menjelaskan manfaat lidah buaya untuk wajah, rambut dan kecantikan lainnya. Anda juga harus mengetahui bahwa lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, B, C, E, kalsium, glukosa, natrium, magnesium, dan asam folat. Lidah buaya juga mempunyai sifat antipenuaan alami dan antiradang, serta mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial. Berikut beberapa manfaat lidah buaya yang bisa Anda dapatkan dari kandungan tersebut, antara lain:

1. Menyamarkan bekas jerawat

Lidah buaya mempunyai sifat penyembuhan dan anti-inflamasi. Sehingga mampu mengurangi inflamasi pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga banyak digunakan untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru, sehingga kulit akan sembuh dengan lebih cepat dan alami. Oleh karena itu, manfaat lidah buaya untuk wajah sangat membantu menyembuhkan jerawat.

2. Melembapkan kulit

Manfaat lidah buaya untuk wajah diklaim bisa melembabkan kulit. Untuk itu, bagi Anda yang mempunyai kulit berminyak bisa Anda bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai pelembab. Sedangkan untuk kulit kering, lidah buaya bisa membantu membuat wajah Anda tetap lembap.

3. Mencerahkan kulit

Timbulnya bintik-bintik hitam pada wajah bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti, stres, genetika, terlalu banyak paparan sinar matahari, bahkan mengalami kerusakan akibat radikal bebas dari waktu ke waktu.

Kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari bisa diatasi dengan lidah buaya secara alami. Bukan hanya bertindak sebagai pengelupas alami untuk membersihkan kulit sel yang berlebih, ternyata lidah buaya juga berguna untuk menurunkan produksi pigmentasi, menyeimbangkan kulit yang lebih terang dan lebih cerah.

4. Mengatasi penuaan dini

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan mulai memperlihatkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan hilangnya kelenturan pada kulit. Nah, lidah buaya bisa membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Karena didalam lidah buaya kaya akan vitamin C dan E dan beta karoten.

Nutrisi dan pelembab alami didalam lidah buaya mampu meningkatkan produksi kolagen, menguatkan kulit dan mencegah bertambahnya kerutan. Antioksidan yang terkandung dalam gel mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Menariknya lidah buaya juga mampu mencegah bahkan memperlambat penuaan. Sehingga membuat kulit terlihat awet muda.

5. Mengobati sengatan matahari

Lidah buaya juga mampu mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari melalui penyembuhan yang kuat di tingkat epitel kulit dan lapisan sel yang menutupi tubuh.Proses ini bertujuan untuk melindung lapisan pada kulit dan membantu melembapkan. Karena kualitas nutrisi dan sifat antioksidannya, kulit lebih cepat sembuh.

6. Membersihkan makeup

Semua pasti setuju betapa pentingnya membersihkan riasan wajah atau makeup sebelum tidur. Kulit wajah di sekitar mata sangatlah halus, bila tidak segera dibersihkan bisa menyebabkan gangguan kulit seperti keriput dini dan bahkan infeksi.

Tak heran jika gel lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai penghapus makeup yang cukup baik untuk wajah, karena bisa membersihkan dengan lembut dan alami. Cara ini dipercaya aman dan efektif sekaligus untuk menyegarkan wajah.

7. Menyembuhkan luka bakar

Tidak semua obat mampu mengatasi rasa terbakar yang gatal dan melembutkan seperti lidah buaya. Hal ini karena sifat pelembap alami dan kandungan antioksidan kuat mampu melindungi dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Lidah buaya sangat efektif mengobati luka bakar. Menariknya lidah buaya juga punya kemampuan untuk membangun kembali kolagen jauh lebih cepat daripada tingkat produksi normalnya. Tanaman ini mampu diserap oleh lapisan luar kulit hingga empat kali lebih cepat daripada menyerap air, sehingga dalam memperbaiki sel kulit yang rusak bisa maksimal.

8. Melembutkan kulit

Bukan hanya bisa digunakan pada wajah saja, ternyata lidah buaya juga bisa merawat kulit dari ujung kepala hingga ujung kaki. Ketika cuaca panas yang panjang membuat kulit kaki terasa kasar, terlihat kering dan pecah-pecah. Lidah buaya mempunyai efek melembutkan yang luar biasa pada kulit dan bisa membantu memperbaiki kulit pecah-pecah.

9. Menjaga kondisi rambut tetap optimal

Manfaat lidah buaya untuk rambut bisa didapatkan karena kandungan vitamin A, B-12, C, E dan folat di dalamnya. Semua kandungan tersebut dapat membuat rambut berkilau, mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan mencegah kerontokan.

Oleskan gel lidah buaya secara menyeluruh dari akar hingga ujung rambut. Diamkan satu jam kemudian bilas rambut hingga bersih.

Aturan Menggunakan Lidah Buaya

Untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, pastikan Anda menggunakan gel yang lidah buaya yang diambil langsung dari daunnya. Lidah buaya dengan kondisi yang baik mengadung semua nutrisi penting untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat yang meradang dan meredakan kulit dari iritasi.

Jika Anda mempunyai jenis kulit sensitif, sebelum menggunakan masker lidah buaya sebaiknya tes kulit terlebih dahulu. Anda bisa mencobanya dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada punggung tangan. Jika setelah pemakaian masih terasa gatal atau muncul kemerahan, cuci area tersebut dengan air sampai bersih dan hentikan pemakaian.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan Kulit, Yuk di Coba! 

Leave a Reply