image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Tretinoin - klinik eva mulia

4 Fakta Penting Tentang Obat Jerawat Jenis Tretinoin

eva mulia tebet – Tretinoin adalah obat yang berfungsi untuk mengatasi jerawat. Obat ini bisa mengurangi jumlah dan rasa sakit jerawat dan mendorong pemulihan cepat pada jerawat yang berkembang. Tretinoin termasuk dalam kelas obat yang disebut retinoid. Obat ini bekerja dengan memengaruhi pertumbuhan pada sel-sel kulit. Tretinoin untuk jerawat cukup populer di Indonesia dan sampai saat ini masih jadi pilihan utama dokter kulit untuk menangani masalah jerawat, bekas jerawat, sampai kerutan.

Tretinoin awalnya diperuntukkan untuk pengobatan jerawat, namun kemudian diketahui bisa memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit, memperbaiki tekstur dan noda, hingga mengatasi masalah kerontokan rambut. Cara kerja dari obat ini adalah merangsang regenerasi sel kulit dan mempercepat pembentukkan sel kulit baru yang lebih sehat. Karena sensitif terhadap sinar matahari pemakaian asam retinoat wajib dilakukan di malam hari.

Fakta Seputar Obat Tretinoin Untuk Jerawat

Tretinoin

1. Membantu pembentukan kolagen

Tretinoin merangsang pembentukan fibroblas, bahan dasar untuk membentuk kolagen. Kolagen berperan untuk menjaga kelembaban dan juga kekenyalan kulit. Makin tua usia seseorang, biasanya jumlah fibroblas akan semakin menurun, diikuti dengan penurunan jumlah kolagen di kulit. Maka jangan heran jika semakin tua usia seseorang, kulit akan lebih cepat berkeriput, karena kadar kolagen semakin menurun. Pemakaian tretinoin dapat merangsang pembentukan fibroblas di kulit sehingga pembentukan kolagen juga tetap tinggi. Dengan kata lain, proses penuaan pada kulit yang ditandai dengan adanya keriput dapat dicegah atau diperlambat.

2. Menghilangkan jerawat dan flek hitam

Jerawat dan flek hitam merupakan masalah utama kulit wajah. Penggunaan tretinoin dipercaya dapat mencegah dan juga mengatasi timbulnya jerawat. Selain itu, tretinoin juga dapat menghilangkan flek hitam pada wajah. Kulit kusam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, produksi minyak yang berlebih, dan flek hitam dapat diatasi dengan penggunaan tretinoin. Tretinoin bekerja dengan mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati di wajah. Selanjutnya tretinoin akan membantu pembentukan kolagen dan juga meningkatkan kualitas aliran darah pada pembuluh darah di kulit, sehingga flek hitam yang membuat kulit kusam akan teratasi. Baca juga:

3. Kadar penggunaan tretinoin yang aman

Penggunaan tretinoin biasanya harus didasarkan pada resep dokter eva mulia gandaria. Untuk kadarnya sendiri, tretinoin untuk jerawat memiliki beberapa tingkatan kadar, yakni 0,01%, 0,025%, 0,05%, dan 0,1 %. Semakin besar kadar tretinoin dalam krim maka semakin besar pula pengaruh yang ditimbulkan pada kulit. Selain itu, proses yang dihasilkan juga lebih cepat. Jangan hanya membayangkan proses pengelupasan kulit akibat penggunaan tretinoin sebagai bahaya yang ditimbulkan. Proses pengelupasan kulit paling luar oleh tretinoin justru dipercaya sebagai hal salah satu perawatan kulit yang baik. Tretinoin akan melakukan perbaikan pada kulit dengan mengelupaskan penumpukan keratin pada kulit. Keratin tersebut biasanya menimbulkan warna gelap pada kulit.

4. Membuat kulit bersih dan kencang

Jika ada anggapan bahwa tretinoin membuat kulit bagian terluar terkelupas maka hal itu adalah benar. Namun pengelupasan itu tidak akan menimbulkan penipisan kulit, karena pengelupasan itu akan merangsang pembentukan kolagen sehingga sel-sel di bagian epidermis juga akan aktif membelah sehingga kulit tetap bersih dan kencang.

Kulit memiliki lapisan epidermis. Dalam lapisan epidermis tersebut terdapat lapisan corneum. Lapisan corneum tersebut akan menebal seiring dengan pertambahan usia dan akan mengalami kekurangan cairan sehingga membuat kulit menjadi berkeriput. Manfaat tretinoin akan membantu proses pengelupasan lapisan corneum tersebut. Tretinoin untuk jerawat harus digunakan dalam pengawasan dokter seperti yang ada di eva mulia tebet.

Cara Penggunaan Tretinoin

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek sebelum Anda mendapatkan obat ini. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter klinik eva mulia ciledug atau apoteker. Cuci tangan Anda sebelum menggunakan obat ini. Bersihkan kulit yang terinfeksi dengan perlahan dengan pelembut atau pembersih dan keringkan. Gunakan jari untuk mengeluarkan sedikit obat pada alas tipis, biasanya sekali setiap hari sebelum tidur atau sesuai arahan dokter Anda. Kapas atau katun dapat digunakan untuk menuangkan cairan. Anda sebaiknya menunggu 20-30 menit setelah membersihkan muka sebelum menggunakan obat ini. Konsultasikan dengan apoteker Anda jika memiliki pertanyaan tentang petunjuk label atau surat informasi pasien. Gunakan obat ini hanya pada kulit. Jangan gunakan pada bibir atau di hidung/mulut bagian dalam. Jangan gunakan pada luka, gesekan, luka bakar, atau kulit yang terpengaruh eksim. Hindari penggunaan obat ini pada mata. Jika obat ini terkena mata, cuci dengan banyak air. Hubungi dokter Anda jika terjadi iritasi mata. Cuci tangan Anda setelah menggunakan obat ini untuk menghindari ketidaksengajaan terkena mata. Saat beberapa minggu pertama menggunakan Tretinoin, jerawat Anda mungkin muncul semakin parah karena obat ini bekerja pada jerawat yang terbentuk di dalam kulit. Obat ini dapat memerlukan waktu 8-12 minggu untuk hasil dari pengobatan ini. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaik. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan obat ini pada waktu yang sama setiap hari. Jangan gunakan terlalu banyak atau terlalu sering dari yang direkomendasikan. Kulit Anda tidak akan membaik lebih cepat, dan obat ini malah akan meningkatkan risiko kemerahan, kulit terkelupas, dan sakit. Karena obat ini menyerap melalui kulit dan dapat membahayakan bayi yang belum lahir, wanita yang hamil atau yang ingin hamil sebaiknya tidak menggunakan obat ini. Obat ini tersedia dalam kekuatan dan bentuk yang berbeda (misal jel, krim, lotion). Jenis terbaik untuk Anda bergantung pada kondisi kulit dan respon terapi. Informasikan kepada dokter eva mulia tebet jika kondisinya semakin memburuk. Baca juga:

Leave a Reply