Urutan Skincare yang Benar: Serum Dulu atau Sunscreen Dulu?

Eva Mulia Clinic – Serum Dulu atau Sunscreen Dulu – Di dunia perawatan kulit, mengikuti urutan yang benar sangat penting untuk memaksimalkan manfaat produk-produk skincare yang kita gunakan. Salah satu pertanyaan umum yang sering muncul adalah: apakah kita harus menggunakan serum terlebih dahulu atau sunscreen terlebih dahulu? Mari kita bahas urutan yang tepat untuk menerapkan kedua produk ini.

Peran Serum dalam Rutinitas Perawatan Kulit

5 Cara Pakai Peeling Serum yang Tepat, agar Kulit Bebas Iritasi

Sebelum membahas urutan penerapan, penting untuk memahami peran serum dalam rutinitas perawatan kulit. Serum adalah formula konsentrat yang dirancang untuk menembus lebih dalam ke dalam kulit dan memberikan manfaat yang spesifik. Misalnya, serum mengandung bahan-bahan aktif seperti vitamin C, asam hialuronat, atau retinol yang bertujuan untuk menangani masalah kulit tertentu seperti penuaan, hiperpigmentasi, atau dehidrasi. Penggunaan serum yang tepat dapat memberikan manfaat tambahan pada kulit sebelum aplikasi produk perawatan kulit lainnya.

Urutan Penerapan Serum dalam Rutinitas Skincare

Ketika kita memiliki beberapa jenis produk skincare, urutan penggunaannya menjadi krusial. Serum biasanya diterapkan setelah membersihkan wajah dan sebelum penggunaan pelembap. Ini karena serum memiliki molekul yang lebih kecil dan dapat menyerap lebih baik ke dalam kulit. Jadi, setelah membersihkan wajah, gunakan serum terlebih dahulu untuk menyerap manfaatnya dengan baik.

Peran Sunscreen dalam Melindungi Kulit

Di sisi lain, sunscreen adalah langkah penting dalam perawatan kulit sehari-hari untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan penuaan dini, kanker kulit, dan masalah kulit lainnya. Sunscreen membentuk lapisan pelindung di permukaan kulit yang membantu menghalangi sinar UV dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Baca Juga:  Mengatasi Bau Ketiak

Urutan Penerapan Sunscreen dalam Rutinitas Skincare

Dalam konteks urutan penerapan skincare, sunscreen harus menjadi langkah terakhir sebelum makeup atau produk lain. Ini penting karena jika sunscreen diterapkan terlalu awal sebelum serum atau pelembap, kemungkinan akan mengurangi efektivitasnya karena lapisan pelindung yang diberikan oleh sunscreen akan menghalangi penyerapan bahan-bahan aktif dari produk skincare lainnya. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen sebagai langkah terakhir sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari.

Serum Dulu atau Sunscreen Dulu?

Jadi, kembali ke pertanyaan awal: serum dulu atau sunscreen dulu? Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari produk skincare Anda, terapkan serum terlebih dahulu setelah membersihkan wajah. Biarkan serum meresap ke dalam kulit selama beberapa menit dan kemudian aplikasikan sunscreen sebagai langkah terakhir sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Dengan mengikuti urutan ini, Anda memastikan bahwa kulit Anda mendapatkan manfaat penuh dari bahan aktif dalam serum dan dilindungi dengan baik dari sinar UV yang merusak oleh sunscreen. Ingatlah bahwa konsistensi adalah kunci dalam perawatan kulit, jadi terapkan rutinitas ini secara teratur untuk hasil yang optimal.