Glowing Gak Harus Mahal! Simak Tips Basic Skincare dan Urutannya untuk Pemula

Eva Mulia Clinic – Tips Basic Skincare – Siapa bilang memiliki kulit glowing harus menguras dompet? Dengan langkah-langkah yang tepat dalam basic skincare, siapapun bisa memiliki kulit sehat dan bercahaya tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Mari kita bahas tips-tips dasar skincare dan urutannya yang cocok untuk pemula agar kamu bisa mulai perjalanan perawatan kulit dengan benar.

Pentingnya Skincare Rutin

Apa Perbedaan Brightening dan Whitening Skincare? Apakah itu Lightening Product? 

Tips Basic Skincare

Sebelum kita masuk ke dalam tips-tips praktis, penting untuk mengerti mengapa skincare rutin itu penting. Kulit kita terpapar oleh polusi, sinar UV, dan zat-zat berbahaya sepanjang hari. Skincare rutin membantu membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit dari kerusakan tersebut. Selain itu, perawatan rutin juga membantu mencegah masalah kulit seperti jerawat, penuaan dini, dan hiperpigmentasi.

Langkah-Langkah Basic Skincare

  1. Pembersihan (Cleansing) Membersihkan wajah adalah langkah kunci dalam rutinitas skincare. Pilihlah pembersih yang cocok dengan jenis kulitmu, apakah itu berminyak, kering, atau kombinasi. Gunakan pembersih ringan yang tidak mengiritasi kulit. Untuk kulit berminyak atau berjerawat, pilih pembersih dengan kandungan salisilat atau asam glikolat untuk membantu mengontrol produksi minyak dan membersihkan pori-pori. Bagi kulit kering, hindari pembersih yang terlalu keras atau mengandung alkohol, karena bisa membuat kulit semakin kering. Pastikan untuk membersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur, untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup.
  2. Toner (Toners) Toner digunakan setelah membersihkan wajah untuk mengembalikan pH kulit dan menghilangkan sisa kotoran yang mungkin tertinggal setelah pembersihan. Pilih toner yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembapkan seperti aloe vera, rose water, atau hyaluronic acid. Toners juga membantu mengecilkan pori-pori dan menyiapkan kulit untuk menerima produk perawatan kulit selanjutnya.
  3. Serum atau Treatment Serum adalah langkah penting dalam skincare yang mengandung bahan aktif berkonsentrasi tinggi untuk menargetkan masalah khusus kulit seperti penuaan dini, hiperpigmentasi, atau jerawat. Pilih serum yang sesuai dengan masalah kulitmu. Contohnya, serum dengan vitamin C untuk mencerahkan kulit atau serum dengan asam hialuronat untuk meningkatkan hidrasi. Gunakan serum secara teratur dan tepat sebelum pelembap untuk hasil optimal.
  4. Pelembap (Moisturizing) Setelah serum, aplikasikan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit. Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk kulit berminyak, pilih pelembap ringan berbasis gel atau lotion non-komedogenik. Bagi kulit kering, gunakan pelembap kaya dengan bahan-bahan seperti shea butter atau minyak almond untuk mengunci kelembapan. Pelembap membantu menjaga kulit tetap lembap dan elastis, serta mencegah penuaan dini.
  5. Perlindungan Matahari (Sun Protection) Langkah terakhir tetapi tidak kalah penting adalah menggunakan tabir surya setiap hari, bahkan ketika cuaca mendung atau di dalam ruangan. Sinar UV tetap dapat menembus kaca dan berkontribusi pada penuaan dini dan risiko kanker kulit. Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan pilih yang tahan air jika kamu aktif di luar ruangan. Aplikasikan tabir surya setelah pelembap dan sebelum menggunakan makeup.
Baca Juga:  Yuk, kenali Jenis dan Ciri-Ciri Infeksi Jamur Kulit!

Urutan yang Benar

Urutan penggunaan produk skincare juga sangat penting agar bahan-bahan aktif dalam produk dapat bekerja secara efektif. Urutannya umumnya adalah:

  • Langkah pertama, gunakan pembersih wajah.
  • Kemudian, aplikasikan toner (jika kamu menggunakan).
  • Lanjutkan dengan serum atau treatment khusus.
  • Selanjutnya, gunakan pelembap.
  • Terakhir, jangan lupa tabir surya.

Dengan mengikuti urutan ini, kulit akan mendapatkan manfaat maksimal dari setiap produk yang digunakan.

Kesimpulan

Memulai perawatan basic skincare tidak perlu rumit atau mahal. Hal yang paling penting adalah konsistensi dan penggunaan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Mulailah dengan langkah-langkah dasar seperti membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit dari sinar UV. Dengan melakukan skincare rutin yang tepat, siapapun bisa meraih kulit yang sehat dan bercahaya tanpa harus menghabiskan banyak uang.