Tips Mengetahui Jenis Kulit dan Cara Merawatnya

Tips Mengetahui Jenis Kulit dan Cara Merawatnya

Eva MuliaTips Mengetahui Jenis Kulit – Jenis kulit kita biasanya bawaan sejak lahir, tetapi hanya sedikit jenis kulit yang berubah karena pengaruh dari penyalahgunaan kosmetik atau pengaruh obat-obatan. Perubahan jenis kulit juga bisa disebabkan oleh sinar UV dan cuaca buruk.

Walaupun produk perawatan cocok untuk kulit teman Anda, bukan berarti cocok juga untuk kulitnya. Mengapa? Karena jenis kulit sangat mempengaruhi jenis perawatan kulit yang tepat. Bagaimana cara mengidentifikasi dan merawat jenis kulit Anda? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengenali Jenis Kulit

Ada lima jenis kulit wajah, yaitu Normal, Kering, Kombinasi, dan Sensitif. Untuk mengidentifikasi jenis kulit Anda, coba ikuti langkah-langkah ini.

Bersihkan Wajah

Bersihkan wajah Anda dari bedak, riasan, atau bedak yang menempel dengan penghapus riasan. Setelah dibersihkan, basuh wajah Anda dengan air hangat dan pembersih wajah. Jangan terlalu banyak menggunakan sabun. Cuci wajah Anda dengan lembut dan bilas dengan baik.

Hindari mencuci muka berkali-kali, karena kulit di wajah Anda akan menjadi kering, kusam, dan bahkan mudah tersinggung. Setelah mencuci muka, keringkan dengan handuk bersih.

Tunggu Hingga 1 Jam

Setelah mencuci wajah, tunggulah hingga satu jam sebelum beralih pada langkah berikutnya. Dalam satu jam ini, hindari menyentuh kulit wajah, menggunakan pelembab dan krim pencegah jerawat atau dalam bentuk perawatan kulit apapun.

Usap pada Area T

Area T berada di sepanjang dahi, hidung, dan dagu. Bersihkan area tersebut dengan tisu dan periksa apakah tidak ada minyak yang menempel pada tisu. Jika ada minyak pada tisu, Anda mungkin memiliki kulit berminyak atau kombinasi.

Rasakan Bagaimana Kulitmu

Jika kulit Anda mulai bermasalah, mungkin kulit Anda memang berminyak. Namun, kulit kering akan sangat kencang setelah dibersihkan dengan sabun. Jika kulit Anda bagus di zona-T tetapi kencang di bagian wajah lainnya, itu berarti Anda memiliki kulit kombinasi.

Berbeda dengan kulit kering dan kombinasi, kulit sensitif akan terasa gatal dan bengkak jika salah menggunakan sabun wajah. Namun, jika Anda merasa tidak ada yang salah dengan kulit Anda, selamat! Itu artinya kulitmu normal.

Berkaca

Jika wajah Anda terlihat merah dan gatal, kemungkinan Anda memiliki kulit kering atau sensitif. Jika kulit Anda mengkilap, itu berarti kulit Anda terlihat. Kulit kombinasi akan kering di area selain T zone dan cantik di T zone.

Lihat juga ukuran pori-porinya. Mereka yang kulitnya berminyak, memiliki pori-pori lebih besar dari kulit normal. Kulit normal memiliki pori-pori yang terlihat, tetapi tidak sebesar milik Anda. Sedangkan pori-pori kulit kering hampir tidak terlihat.

Cubit Pipi

Cubit pipi Anda dan lihat apakah ada kerutan. Kulit kering akan berkerut setelah dicubit, sedangkan kulit normal tidak akan memiliki masalah apapun.

Jika Anda masih mengalami masalah, hubungi dokter kulit langganan Anda. Apalagi jika Anda tidak tahu apakah kulit Anda kering atau sensitif. Kulit sensitif harus diperhatikan dan dirawat lebih hati-hati.

Perawatan yang Tepat Sesuai Dengan Jenis Kulit

Kulit Normal

Kulit normal adalah kulit yang paling mudah dirawat. Kulit Normal memiliki ciri-ciri tertentu seperti tidak berjerawat dan terlihat cerah serta mulus. Kulit normal cukup dijaga dengan memakan makanan sehat, asupan air yang cukup, menggunakan pelembab serta memakai SPF ketika beraktivitas di luar riangan.

Hindari gaya hidup yang tidak sehat atau penggunaan perawatan yang tidak tepat. Masalah perawatan wajah dapat menyebabkan perubahan jenis kulit, dan tentunya Anda tidak ingin kulit normal Anda mengalami masalah bukan?

Kulit Sensitif

Kulit sensitif rentan terhadap rasa terbakar, gatal, atau kemerahan karena alergi atau penggunaan facial.

Jika kamu memiliki kulit sensitive, maka hindarilah hal-hal yang dapat menyebabkan kulitmu kemerahan dan gatal-gatal. Jika kamu memang sensitive pada perawatan kulit yang bereda di pasaran, maka cobalah terlebih dahulu untuk konsultasi dengan dokter kulit.

Kulit Kering

Kulit kering adalah salah satu jenis kulit yang pori-porinya hampir tidak terlihat dengan garis-garis halus atau kulit terkelupas yang dapat menyebabkan iritasi. Kulit kering dapat disebabkan oleh faktor genetik, penuaan, kondisi cuaca, penggunaan AC di dalam ruangan, mandi air panas, atau bahan kimia dalam produk perawatan wajah.

Untuk merawat kulit kering, gunakan pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan yang aman dan ringan, terutama sabun yang tidak mengandung pewangi atau bahan kimia tambahan. Gunakan juga secara rutin agar wajah lebih elastis. Perbanyak minum air putih untuk menghindari kulit kering.

Kulit Berminyak

Kulit Berminyak dicirikan oleh pori-pori yang besar dan mengkilat. Biasanya orang dengan kulit juga memiliki masalah jerawat dan bekas jerawat. Banyaknya lemak di kulit yang dipengaruhi oleh hormon juga bisa disebabkan oleh stres, kondisi cuaca, atau usia pubertas.

Kulit dirawat dengan mencuci muka tidak lebih dari dua kali sehari. Gunakan sabun yang lembut dan aman, pilihlah sabun yang berlabel “untuk kulit berminyak”. Juga, hindari memencet jerawat karena ini akan memperpanjang penyembuhan jerawat.

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan kombinasi dari kulit kering dan kulit berminyak. Ditandai dengan berminyak di zona T dan kering di seluruh wajah, kulit kombinasi harus dirawat dengan perawatan khusus agar tidak memperburuk kondisi. Misalnya, jangan menggunakan perawatan khusus untuk kulit berminyak karena akan memperburuk masalah kulit kering.

Kulit kombinasi harus diperlakukan dengan perawatan khusus. Untuk area berminyak, gunakan perawatan dengan bahan yang lembut namun efektif, seperti gel atau pelembab cair. Di daerah kering, oleskan serum. Apapun produknya, pastikan tidak mengandung parfum atau bahan kimia lain yang lembut di kulit.

Untuk merawat kulit kombinasi secara lebih alami, makanlah makanan sehat yang mengandung minyak esensial seperti salmon, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makanan ini sangat membantu dalam menghidrasi kulit dari dalam.

Seperti yang saya jelaskan perawatan untuk kulit kering normal, minum air putih itu wajib untuk menjaga hidrasi kulit. Selain itu, konsumsi makanan sehat juga harus diterapkan agar kesehatan kulit tetap terjaga dari dalam.

Berhentilah merokok. Selain buruk untuk kesehatan, asap rokok ini juga buruk untuk kulit. Racun dalam rokok akan membuat kulit keriput dan pucat. Hindari juga paparan sinar matahari langsung. Kenakan SPF atau topi saat Anda berada di luar.

Setelah Anda memilih, Anda dapat melihat apa pun yang Anda inginkan dengan produk Mild and Fit, ditambah perlu diingat bahwa mencuci wajah terlalu sering akan mengeringkannya.

Nah, itulah cara mengenali kulit wajah serta perawatan yang sesuai dengan jenis kulit Anda dari Kamini. Dengan merawat kulit sesuai jenisnya, kulit cantik dan terawat seperti yang Anda inginkan bukan lagi impian.

Leave a Comment

Your email address will not be published.