image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Tips Memilih Skincare.

Skincare tidak hanya sekedar tren saja, tapi juga sebuah kebutuhan terutama bagi para wanita. Skincare sering disebut sebagai ‘investasi’ agar tetap memiliki kulit yang sehat dan tampak lebih muda di kemudian hari. Akan tetapi, skincare juga bisa merusak kulit seseorang jika kandungan dan penggunaan tidak tepat.

Aman atau tidaknya skincare untuk kulit dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Skincare bisa bekerja dengan baik pada kulit apabila kandungannya ‘cocok’ dengan karakter dan kebutuhan kulit. Maka dari itu kita harus cermat dan lebih teliti lagi dalam memilih produk skincare.

Berikut ini beberapa tips memilih skincare yang aman dan tepat:

Teliti Dalam Melihat Komposisi Produk.

Cara memilh skincare yang aman adalah teliti dalam melihat komposisi produk. Hal ini dapat membantu kamu jika tidak terdapat keterangan jelas mengenai produk tersebut. Melihat komposisi produk juga bisa menghindari reaksi alergi yang mungkin dapat terjadi.

Kulit yang normal cenderung tidak memiliki pantangan produk yang perlu dihindari. Berbeda untuk kulit yang cenderung berminyak, disarankan untuk menghindari produk oil-based, kulit kering lebih baik menghindari produk yang mengandung alkohol, sedangkan kulit sensitif disarankan untuk menghindari produk dengan pewangi dan juga alkohol.

Setelah mengetahui karakter kulitmu, jangan lupa untuk mencari tahu bahan skincare apa saja yang baik dan yang harus kamu dihindari.

Lihat Reaksi Kulit.

Reaksi kulit setiap orang pada pemakaian skincare yang sama bisa berbeda-beda. Jika kamu memiliki kulit kering, belum tentu semua skincare yang cocok dengan pemilik kulit kering dapat cocok di kulitmu.

Karena itu memperhatikan reaksi yang terjadi pada kulitmu juga merupakan hal yang penting. Pada umumnya skincare tidak memberikan reaksi secara langsung. Berhasil atau tidaknya suatu produk skincare bisa memakan waktu beberapa minggu atau bahkan dalam hitungan bulan.

Oleh sebab itu, jangan mengharapkan hasil yang instan dari sebuah rangkaian skincare tertentu. Asalkan skincare tersebut tidak memberikan efek yang negatif, gunakanlah secara rutin dan lihat hasilnya dalam waktu beberapa bulan.

Jangan Tertipu Kemasan.

Pada kemasan produk skincare biasanya akan mencantumkan bahan-bahan yang digunakan. Jangan hanya dilihat lalu diabaikan, karena ini bisa menyelamatkan kamu dari bahan kimia yang berbahaya.

Hati-hati tertipu dengan kemasan produk yang mewah atau harga yang mahal. Produk mahal mungkin saja bagus, tapi bukan berarti produk tesebut cocok untuk kamu. Selalu riset produk di Google atau menanyakan ke teman-teman yang memiliki jenis kulit yang sama.

Pilih Produk Yang Memiliki Kandungan Sunscreen.

Meskipun hari sedang mendung, perlindungan kulit terhadap sinar UV tetap dibutuhkan. Maka dari itu, sebaiknya kamu memilih produk pelembap yang memiliki SPF untuk digunakan sehari-hari. Namun, perlu diketahui juga bahwa sunscreen tidak bisa bertahan seharian di kulit, jadi pergunakanlah sunscreen sesuai dengan petunjuk yang disarankan.

Perhatikan tanggal expired.

Skincare dan makeup pada umumnya memiliki masa expired bergantung pada saa pertama kali kita membuka kemasannya. Rata-rata produk tersebut memiliki masa 6 sampai 12 bulan sebelum expired, ada juga beberapa produk yang expired hanya dalam waktu 24 bulan.

Skincare yang sudah expired bukan hanya tidak akan bekerja dengan baik, tapi juga bisa memberikan efek samping yang buruk pada kulitmu. Jika skincare yang kamu miliki tidak lagi digunakan, sebaiknya segera singkirkan.

Skincare Harus Memiliki Izin BPOM.

Cara memilih skincare yang aman lainnya adalah dengan melihat izin edar BPOM pada kemasan produk skincare yang kamu. Untuk menjaga kesehatan kulitmu sebaiknya hindari poduk yang belum lulus uji BPOM.

Hati-hati juga terhadap beberapa produk yang mungkin memalsukan izin BPOM, sebaiknya kamu lebih waspada jika membeli produk skincare di toko online ataupun toko yang bukan penjual resmi produk skincare tersebut.

Itulah tadi beberapa tips untuk memilik produk skincare yang perlu kamu perhatikan. Jangan pernah membeli produk yang abal-abal karena tergiur dengan harganya yang murah, tapi bisa mengancam kesehatan kulitmu.

Karena Kecantikan adalah aset setiap wanita, jadi perhatikan dengan baik kesehatan kulitmu ya!

Leave a Reply