Manfaat Face Oil

Tips Memilih Face Oil dan Manfaat Face Oil untuk Wajah

Evamulia – Perawatan Wajah –  Manfaat Face Oil – Face oil merupakan salah satu produk perawatan kulit yang saat ini sedang digemari. Banyak para perempuan yang melengkapi rutinitas perawatan wajahnya sehari-hari dengan face oil untuk melembapkan kulit, mengurangi kerutan bahkan mengatasi permasalahan jerawat. Kira-kira, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan face oil untuk wajah?

Apa itu Face Oil?

Face oil adalah produk perawatan kulit yang berasal dari ekstrak bunga, daun dan akar dari beraneka tumbuhan. Produk ini memiliki kandungan zat antiradang, antioksidan hingga asam lemak esensial yang baik untuk kesegaran kulit.

Nah, untuk memahami fungsi face oil, maka kamu perlu mengetahui terlebih dahulu jika kulit secara alami memproduksi minyak dan lipid yang perannya mencegah kehilangan air dari kulit serta menjaganya agar tetap terhidrasi. Fungsi face oil ini adalah untuk memaksimalkan kinerja alami tersebut.

Face oil memiliki kandungan emolien yang dapat membantu memperkuat lapisan kulit teratas epidermis atau stratum corneum dengan cara mengunci kelembapan. Sehingga kadar air pada kulit tidak hilang serta kulit akan terasa lebih lembut.

Kesimpulanya, face oil merupakan produk skincare yang bertujuan untuk membantu menjaga kelembapan serta hidrasi kulit dengan baik.

Sesuai dengan namanya, face oil ini memiliki tekstur yang cukup berminyak dan kenal. Meski demikian, face oil ini cocok untuk digunakan di semua tipe kulit wajah, baik normal, berminyak, kering maupun sensitif asalkan tepat dalam memilih kandungan face oil.

Manfaat Face Oil untuk Wajah

Manfaat Face Oil untuk Wajah

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan face oil sebagai bagian dari perawatan wajah, alangkah baiknya kamu mengetahui manfaatnya terlebih dahulu seperti berikut ini.

Melembapkan Kulit Kering

Salah satu manfaat face oil adalah melembapkan kulit. Jika kamu pemilik kulit kering, maka face oil merupakan produk perawatan kulit yang ampuh dalam mengatasi keluhan ini. Pasalnya, face oil memiliki kadar minyak yang cukup banyak, sehingga mampu melembapkan kulit yang kering, bersisik, kasar dan kemerahan. Bahkan, face oil ini lebih efektif dalam melembapkan kulit kering dibandingkan lotion atau krim wajah yang banyak dijual di pasaran.

Selain itu, menurut seorang dermatologist di New York, Amerika Serikat, face oil memiliki kandungan emolien oklusif yang mampu meresap hingga kedalam kulit serta mengurangi penguapan cairan dari lapisan kulit paling luar.

Mengurangi Kemunculan Kerutan

Manfaat face oil selanjutnya adalah mengurangi kerutan yang baik untuk kamu yang mulai resah dengan kemunculan tanda penuaan seiring bertambahnya usia.

Beberapa produk perawatan kulit yang memiliki kandungan antioksidan mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus pada wajah, sekaligus mengembalikan kelembapan kulit. Fungsi antioksidan untuk kulit dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas yang kerap kali menjadi penyebab munculnya penuaan dini.

Melindungi Kulit

Face oil ini sifatnya lipofilik, artinya dapat menembus ke lapisan kulit paling dalam serta menyegel air dan kelembapan kulit. Selain itu, beberapa face oil juga sangat bermanfaat dalam memperkuat pelindung alami kulit.

Tentunya hal ini sangat penting bagi kamu yang membutuhkan perlindungan kulit ekstra terhadap paparan sinar matahari dan polusi yang menjadi sumber utama tanda penuaan muncul.

Mengecilkan Pori-pori Wajah

Manfaat face oil juga dapat mengecilkan pori-pori wajah. Oleh karena itu pilihlah minyak yang terbuat dari ekstrak kacang macademia, jojoba, dan camelia yang lebih efektif untuk mengangkat kotoran penyebab pori-pori tersumbat sekaligus mengecilkan pori-pori.

Meredakan Kemerahan pada Kulit

Meredakan kemerahan juga menajdi salah satu manfaat face oil lainnya. Hal ini dikarenakan sebagian besar face oil memiliki efek anti radang yang mampu meredakan kulit kemerahan dan iritasi.

Nah untuk mendapatkan manfaa ini, maka pastikan kamu menggunakan face oil yang mengandung minyak argan atau face oil dengan kandungan retinol atau alpha hydroxy acids/AHA.

Mengatasi Jerawat

Kamu bisa mendapatkan manfaat face oil untuk mengatasi jerawat jika menggunakan minyak dengan kandungan tea tree oil atau minyak pohon teh.

Selain itu, menurut seorang Kepala Divisi Dermatologi di Loyola University of Chicago, penggunaan face oil  dengan kandungan minyak jojoba juga diyakini dapat mengurangi produksi minyak di wajah. Sehingga dapat membantu merawat kulit yang berjerawat.

Sebagai Primer Wajah

Manfaat face oil ternyata juga bisa digunakan sebagai primer wajah agar riasan wajah tampak lebih halus dan tahan lama. Tentunya kamu harus menggunakannya sebelum menggunakan produk make up. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai produk pembersih wajah atau make up remover hingga krim mata.

Cara Memakai Face Oil yang Aman dan Tepat

Manfaat Face Oil untuk Wajah

Setelah mengetahui beberapa manfaat face oil diatas, mungkin kamu akan tertarik dan tidak sabar ingin menggunakanya sebagai rangkaian produk skincare sehari-hari.

Tetapi sebelum itu, pastikan kamu tahu aturan pakainya dengan aman dan tepat agar manfaat face  dapat diperoleh secara maksimal.

Pada dasarnya, hal penting dalam menjalani urutan pemakaian skincare baik pagi ataupun malam adalah dengan memulai produk dengan tekstur paling ringan ke paling tebal.

Jadi, ketika kamu mengunakan face oil yang teksturnya lebih ringan, maka gunakan minyak sebelu mengoleskan pelembab atau tepatnya setelah menggunakan serum wajah agar memaksimalkan fungsi face oil.

Sebaiknya jika kamu menggunakan face oil dengan tekstur yang berat atau tebal, maka gunakan face oil setelah pelembab. Atau kamu juga bisa meneteskan face oil pada pelembab atau serum wajah yang biasa kamu gunakan, lalu tepuk-tepuk ke seluruh permukaan wajah hingga leher secara perlahan.

Kamu bisa menggunakan face oil secara rutin pada pagi dan malam hari, atau cukup mengoleskanya pada area wajah yang kering atau terdapat bintik-bintik hitam akibat penuaan.

Sama halnya seperti menggunakan produk skincare lainnya, pastikan kamu telah melakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan face oil sebagai rangkaian perawatan skincare.

Tips Memilih Face Oil Sesuai Jenis Kulit

Fungsi face oil memang dapat membantu menjaga kecantikan serta kesehatan kulit. Tetapi, pastikan kamu tahu bagaimana cara memilih face oil sesuai dengan jenis kulit agar efektifitasnya dapat maksimal serta mencegah timbulnya masalah kulit baru. Nah, berikut ini cara memilih face oil sesuai dengan jenis kulit wajah.

Kulit Normal

Face oil yang baik untuk kulit normal sebaiknya memiliki tekstur yang tidak terlalu berat atau tebal, sehingga dapat mencukupi kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit. Face oil dengan kandungan minyak jojoba, marula oil, dan minyak kelapa cocok digunakan oleh pemilik kulit normal.

Jojoba oil dan marula oil memiliki tekstur yang lebih ringan serta mudah menyerap kedalam kulit. Sedangkan minyak kelapa kaya akan asam urat laurat dan asam lemak yang mampu menutrisi kulit.

Cara penggunaanya, kamu bisa menuangkan beberapa tetes face oil pada pelembab yang bisa kamu gunakan, kemudian gunakan dengan cara menepuk-nepuk wajah hingga leher.

Kulit Kering

Pemilik kulit kering akan mendapatkan manfaat face oil secara maksimal. Pasalnya, face oil berperan sebagai emolien yang mengunci dan mencegah penguapan cairan dari lapisan kulit. Kamu bisa menggunakan face oil dengan kandungan exstra virgin coconut oil dan minyak almond.

exstra virgin coconut oil mampu menyegel kelembapan kulit sekaligus mengurangi rasa gatal dan kulit kemerahan. Minyak almond tinggi akan vitamin A yang dapat mengurangi garis halus di area wajah.

Penggunaan face  untuk kulit kering bisa dilakukan setiap malam hari dengan mencapurkan beberapa tetas pada pelembap yang biasa kamu gunakan. Selain itu, kamu juga bisa mengusapkannya pada wajah dan leher sesaat setelah mencuci muka.

Lalu diikuti dengna penggunaan pelembap untuk mengunci fungsi face oil secara maksimal.

Kulit Berminyak dan Rentan Jerawat

Apakah kamu memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat? Mungkin kamu akan bertanya-tanya apakah boleh menggunakan face oil sebagai rangkaian skincare sehari-hari atau tidak. Pasalnya, penggunaan minyak pada wajah dianggap rentan menimbulkan masalah jerawat.

Nah, untuk mencegah timbulnya jerawat, mungkin kamu bisa memilih face oil dengan kandungan minyak pohon teh, minyak argan atau grapeseed oil yang teksturnya ringan serta tidak terlalu berminyak. Bahkan, ketiga minyak tersebut diyakini tidak menyumbat pori-pori dan efektif dalam mengendalikan produksi sebum pada kulit.

Meski demikian, para ahli dermatologi mengingatkan bahwa penggunaan face oil pada kulit berminak dan rentan berjerawat perlu dilakukan secara hati-hati.

Sebaiknya, kamu mulai menggunakannya dengan menuangkan beberapa tetas face oil pada pelembap yang biasa kamu gunakan terlebih dahulu. Lakukan cara pakai face oil 1 hingga 2 kali dalam seminggu untuk melihat hasilnya. Jika timbul jerawat, sebaiknya hentikan penggunaan face oil dengan segera. Lalu gunakan face oil hanya ketika kulit terasa kering saja.

Pemilik kulit berminyak dan rentang berjerawat akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui cocok atau tidaknya menggunakan face oil.

Kulit Kombinasi

Bagi pemilik kulit kombinasi, maka gunakan face oil dengan kandungan marula oil, minyak jojoba atau flaxseed oil. Hal tersebut dikarenakan ketiganya diyakini bisa menyerap kedalam kulit lebih cepat, mengendalikan produksi minyak alami serta mampu mencegah timbulnya jerawat pada areakulit berminyak.

Minyak biji rami atau flaxseed juga efektif dalam melembapkan area kulit kering, serta meminimlisir kerutan. Nha, kamu bisa menggunakan minyak pada wajah dan leher setelah tahapan cuci muka. Selain itu, gunakan face oil sebelum menggunakan pelembap dimalam hari.

Kulit Sensitif

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif sebaiknya perlu berhati-hati dalam menggunakan face oil. Face oil dengan kandungan tea tree oil ini diyakini sangat baik untuk merawat kulit sensitif yang rentan iritasi. Tetapi sebelum itu, lakukan tes terlebih dahulu pada area kulit siku sebelum menggunakan face oil.

Jika kulit sensitif mu disebabkan oleh kulit yang kering, sebaiknya pilihlah minyak yang dapat memberikan efek menenangkan pada kulit dan meningkatkan hidrasinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *