Manfaat Aloe Vera Gel

Manfaat Aloe Vera Gel Bagi Kecantikan

Evamulia – Perawatan Wajah – Manfaat Aloe Vera Gel – Tentunya mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan aloe vera gel. Ya, aloe vera gel merupakan gel yang terdapat pada tumbuhan lidah buaya.

Gel aloe vera sudah dikenal sejak dahulu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah, rambut hingga bibir. Saat ini sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan gel lidah buaya ini sebagai bahan dasar atau bahan campuran pada produk mereka.

Biasanya, gel aloe vera ini hanya dioleskan pada bagian luar tubuh saja, hal tersebut dikarenakan manfaatnya sudah tidak perlu diragukan lagi, khususnya untuk kecantikan kulit dan perawatan wajah. Gel aloe vera ini mudah ditemukan dibelahan dunia, termasuk di Indonesia.

Gel dari lidah buaya ini memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, hingga vitamin A, B1, serta Vitamin C.

Hingga saat ini sudah banyak produk kecantikan yang berbahan dasar gel aloe vera untuk perawatan kulit maupun rambut. Namun, manfaatnya akan lebih maksimal jika menggunakan gel asli yang diambil langsung dari tanamannya.

Selain memiliki manfaat untuk kecantikan, aloe vera gel juga sering kali digunakan sebagai obat luar seperti masker atau lotion. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat aloe vera bagi kecantikan.

Manfaat Aloe Vera Gel Bagi Kecantikan

Manfaat Aloe Vera Gel

Menyembuhkan Luka

Karena aloe vera gel memiliki sifat anti virus serta anti inflamasi, sehingga mampu mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit terkait dengan luka. Terkadang luka pada kulit bisa menurunkan rasa percaya diri pada seseorang dalam berpenampilan.

Tetapi, aloe vera gel ternyata mampu membantu menyembuhkan luka, baik luka basah maupun kering. Gel yang dimiliki oleh lidah buaya ini juga mampu menghilangkan bekas luka tersebut. Hal tersebut dikarenakan gel lidah buaya mengandung kalsium dan antioksidan yang dapat mempercepat pertumbuhan sel keratinosit serta memperkuat jaringan kulit.

Menghaluskan dan Melembapkan Kulit

Aloe vera gel memiliki zat polisakardia dan sterol yang mampu mempertahankan kelembapan kulit. Cara ini sangat cocok bagi kamu yang sering menghabiskan waktu di dalam ruangan dingiin ber-AC. Hal tersebut dikarenakan kulit akan kering jika terlalu lama berada di ruangan ber-AC.

Selain itu, gel lidah buaya ini juga mampu menghaluskan permukaan kulit dan aloe vera juga akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan digantikan dengan sel kulit baru yang sehat dan kuat.

Caranya, kamu bisa membeli produk berbahan aloe vera berupa spray atau lotion. Kamu bisa menyemprotkan cairannya atau mengoleskan gel nya ketika kulit terasa lebih kering.

Merawat Rambut

Manfaat aloe vera selanjutnya adalah sebagai perawatan rambut. Selain untuk kecantikan, aloe vera juga banyak digunakan para produk perawatan rambut yang menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Gel aloe vera sangat bagus untuk rambut kering dan mengatasi kulit kepala gatal yang diakibatkan oleh ketombe atau keringat. Kandungan didalam gel aloe vera ini juga mampu membuat rambut kuat dan sehat.

Selain itu, enzim yang terkandung pada gel lidah buaya ini juga dapat membersihkan kulit kepala dan meregenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut.

Aloe vera juga dipercaya ampuh dalam mengatasi masalah pada rambut yang rontok. Caranya adalah dengan memakai berbagai produk perawatan rambut dengan bahan aloe vera seperti sampo atau masker rambut. Tetapi akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan gel aloe vera alami yang diambil dari tanamannya langsung.

Menghilangkan Ketombe dan Mengatasi Jerawat

Aloe vera gel dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kulit. Gel ini mampu membesihkan dan mengecilkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak berlebih penyebab timbulnya komedo dan jerawat.

Aloe vera bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara alami dan ampuh, bahkan tumbuhan ini bisa mencegah timbulnya jerawat. Nah, berikut ini cara menghilangkan komedo dan jerawat dengan aloe vera gel.

  • Pertama, ambil lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian.
  • Lalu kupas kulitnya.
  • Keluarkan dan ambil gel lidah buaya, setelah itu haluskan terlebih dahulu.
  • Jika sudah oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit.
  • Setelah didiamkan selama 10 menit, bilas wajah dengan air hangat.

Mengatasi Kulit Belang

Biasanya, aloe vera gel dikenal sebagai bahan yang ampuh untuk perawatan rambut. Tetapi gel ini ternyata bermanfaat untuk menyehatkan kulit.

Gel lidah buaya mengandung zat aloesin yang fungsinya menghambat pembentukan melanin yang dapat menyabkan kulit menjadi gelap. Sehingga, aloe vera dapat mengatasi kulit belang. Metode ini cukup ampuh karena gel aloe vera akan meregenerasi kulit dan membuat warna kulit sama atau tidak belang.

Nah, berikut ini adalah cara untuk mengatasi kulit belang dengan aloe vera gel.

  • Ambil lidah buaya, lalu potong menjadi beberapa bagian.
  • Setelah itu, kupas kulitnya dan keluarkan.
  • Ambil gel lidah buaya dan haluskan terlebih dahulu.
  • Setelah halus, lalu oleskan pada kulit yang belang dan diamkan selama 20 menit.
  • Jika sudah, maka kamu bisa membilasnya dengan air hangat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *