Manfaat Strearic Acid

Manfaat Strearic Acid dan Kekurangannya Bagi Kulit

Evamulia – Perawatan Wajah – Manfaat Strearic Acid – Stearic acid adalah asam lemak jenuh yang banyak digunakan dalam kebutuhan sehari hari. Biasanya, Stearic acid ini juga disebut dengan asam stearat serta dibuat dari berbagai jenis ekstrak lemak nabati dan hewani.

Selain digunakan sebagai komposisi tambahan pada makanan dan produk industri, Stearic acid juga kerap digunakan pada bahan make up ataupun skincare.

Stearic acid dapat dengan mudah ditemukan pada produk deodorant, sabun, lotion dan krim. Pada dasarnya, bahan acid yang terbuat dari lemak nabati dan hewani ini memang memiliki beberapa manfaat baik bagi kulit, khususnya untuk tekstur dan tampilan kulit.

Oleh karena itu, maka banyak yang menggunakannya dalam produk skincare dan makeup. Tetapi ternyata ada juga efek negatif yang ditimbulkan dari penggunaan Stearic acid ini, khususnya untuk jenis kulit sensitif. Agar lebih paham, maka kamu perlu menyimak manfaat dan kekurangan Stearic acid bagi kulit berikut ini.

Manfaat Strearic Acid dan Kekurangannya Bagi Kulit

Manfaat Strearic Acid

Memberikan Tekstur yang Lembut

Stearic acid merupakan kandungan yang memiliki berperan untuk membuat produk menjadi lebih mudah menempel pada kulit. Kosmetik yang dibuat dengan Stearic acid umumnya akan terasa lebih lembut ketika bersentuhan dengan kulit. Hasil akhir dari penggunaan produk dengankandungan Stearic acid ini sangat cocok untuk membuat foundation dan bedak kamu menjadi lebih meresap dan tahan lama.

Membuat Produk Menjadi Lebih Menempel di Kulit

Stearic acid memiliki daya melekat yang tinggi. Produk dengan kandungan Stearic acid di dalamnya akan mampu melekat pada kulit dalam waktu yang lama. Sehingga tak heran saja jika produk deodorant, lotion, sabun, shampo dan krim memasukan Stearic acid kedalam rangkaian kandungannya. Bahkan terkena air pun, hasil produknya masih bisa bertahan.

Mengunci Kelembapan Kulit

Karena Stearic acid memiliki fungsi sebagai pengunci dalam produk, maka kandungan ini mampu menjaga kelembapan kulit sekaligus menjaganya agar tetap terhindar dari kekeringan dan dehidrasi. Manfaat ini sering kali kamu temukan pada produk pelembab seperti body butter dan body lotion bukan?

Selain itu, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air yang cukup untuk memaksimalkan perawatan kulit bebas dehidrasi dari dalam.

Membasmi Bakteri Penyebab Komedo dan Jerawat

Meskipun Stearic acid merupakan lemat, tetapi kandungannya ini tidak akan membuat jerawat tumbuh dan berkembang pada area wajah. Justru Stearic acid dapat membantu membersihkan pori-pori dan minyak berlebih pada wajah yang berpotensi membentuk komedo dan jerawat membandel. Nah untuk kulit berminyak dan berjerawat, kandungan ini umumnya dapat ditemui pada produk sabun mandi dan sabun pencuci wajah.

Menjaga Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Lapisan pengunci yang dihasilkan Stearic acid ini dapat membantu kulit untuk tetap sama seperti warna aslinya. Manfaat ini bisa kamu dapatkan meski produk ini digunakan dibawah paparan sinar matahari langsung. Itulanh mengapa kandungan ini banyak digunakan dalam produk sunblock dan sunscreen.

Meski demikian, kamu haru tetap memperhatikan jumlah SPF yang terdapat pada kemasan sunscreen dan sunblock yang kamu gunakan untuk mengetahui batas penggunaannya.

Membuat Kulit Menjadi Lebih Cerah

Efek kulit yang lebih cerah akan semakin terlihat jika produk dengan kandungan Stearic acid ini juga disertai dengan kandungan mutiara atau pencerah wajah lainnya. Jika kamu menggunakannya secara rutin, kamu bisa mendapatkan wajah yang terlihat bersih dan cerah.

Memaksimalkan Penyembuhan Luka

Stearic acid juga berperan sebagai kandungan yang dapat memaksimalkan penyembuhan luka serta bekas jerawat pada kulit. Jika diperhatikan, Stearic acid ini juga banyak ditemukan pada kandungan salep luka.

Mencegah Iritasi Kulit Kepala

Kandungan Stearic acid ini juga bisa kamu temukan pada produk shampo dan conditioner. Kandungan ini mampu mencegah iritasi pada kulit kepala karena lapisan pengunci yang dihasilkannya. Selain kulit kepala, Stearic acid juga dapat memberikan kesan rambut yang lembut dan berkilau.

Stearic acid  Tidak Disarankan untuk Kulit Sensitif

Apabila kamu memiliki jenis kulit yang cenderung sensitif, sebaiknya kamu tidak mengaplikasikan produk yang memiliki kandungan Stearic acid langsung ke wajah. Meskipun produk ini tergolong aman, tetapi tidak ada salahnya kamu mengaplikasikan produk dengan kandungan asteric acid pada bagian belakang telinga terlebih dahulu untuk melihat adanya reaksi atau tidak.

Jika produk dengan kandungan Stearic acid nantinya tidak cocok pada kulit sensitif, dampaknya bisa menimbulkan kemerahan, gatal, alergi hingga peradangan.

Bukan diperuntukan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Wanita hamil dan ibu yang menyusui sebaiknya menghindari penggunaan produk kosmetik dengan kandunganbahan kimia seperti Stearic acid. Jika ingin menggunakan produk dengan kandungan Stearic acid selama masa kehamilan dan menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang profesional untuk mencegah adanya masalah selama masa kehamilan berlangsung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *